5 Manfaat Rutin Berolahraga: Baik untuk Otak dan Bikin Bahagia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Warga berolahraga saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 21 April 2024. Sebelumnya, CFD ditiadakan selama dua pekan lantaran cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 H. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

Warga berolahraga saat Car Free Day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 21 April 2024. Sebelumnya, CFD ditiadakan selama dua pekan lantaran cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 H. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga bukan hanya tentang membentuk tubuh atau memperkuat otot. Rutin berolahraga bermanfaat menjaga kesehatan fisik dan mental.

Aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu kunci kesehatan yang penting. Berikut 5 manfaat berolahraga secara teratur dikutip dari Medical News Today.

1. Membuat Bahagia

Olahraga meningkatkan produksi hormon-hormon penting seperti serotonin, norepinefrin, dan endorfin, yang semuanya berguna meredakan depresi dan menumbuhkan perasaan positif. 

2. Mengendalikan Berat Badan

Olahraga membantu mengendalikan berat badan dengan cara yang mudah dipahami. Jarang beraktivitas fisik mempengaruhi penambahan berat badan dan risiko obesitas, yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan. Olahraga bermanfaat membakar kalori, yang membantu menjaga berat badan ideal.

Tubuh menggunakan energi untuk tiga hal yaitu mencerna makanan, bergerak, dan menjaga fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan. Olahraga teratur meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak kalori, dan membantu mengendalikan berat badan.

3. Baik untuk Otot dan Tulang

Olahraga berguna untuk menjaga kekuatan juga kesehatan otot dan tulang. Saat menua, biasanya terjadi penurunan massa otot dan tulang sehingga meningkatkan risiko cedera.

Rajin berolahraga sangat penting untuk menjaga kekuatan tubuh seiring bertambahnya usia. Olahraga juga membantu meningkatkan kepadatan tulang yang bermanfaat mencegah risiko osteoporosis pada masa mendatang.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga bisa membantu tubuh  rileks dan tidur lebih baik. Ketika berolahraga secara teratur, tubuh kehilangan energi yang kemudian membantu proses pemulihan saat tidur. Olahraga meningkatkan kualitas tidur.

5. Baik untuk Otak

Olahraga berdampak positif untuk otak dan daya ingat. Saat berolahraga, detak jantung meningkat, membantu aliran darah dan oksigen ke otak serta merangsang produksi hormon yang mendukung pertumbuhan sel-sel otak.

Bagi orang lanjut usia, berolahraga secara teratur bisa membantu mengurangi proses penuaan otak dan risiko penyakit seperti alzheimer dan demensia.

Itulah 5 manfaat berolahraga secara teratur. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: 5 Rekomendasi Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Tiap Hari

WINDA OKTAVIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."