Sejarah Merek Goyard, Sang Pendiri Awalnya Anak Magang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tas Goyard Belharra PM Bag warna coral. Foto: Goyard.com

Tas Goyard Belharra PM Bag warna coral. Foto: Goyard.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan mode atau fashion kali ini, kita mengulik sejarah merek Goyard. Merek asal Prancis ini dirintis sejak akhir abad ke-18. Yuk, kita telusuri perjalanan Goyard dari waktu ke waktu

1792: Maison Martin

Pierre-François Martin mendirikan Maison Martin pada tahun 1792, yang mengkhususkan diri dalam pembuatan kotak dan pengemasan pada saat masa keemasan para pembuat bagasi besar di akhir abad ke-19 belum tiba.

Pekerjaan Martin lebih berkaitan dengan seni pelipatan dan pengepakan garmen dibandingkan dengan pembuatan wadah.

Maison Martin dengan cepat menjadi favorit bangsawan Prancis dan akhirnya diberikan gelar bergengsi sebagai pemasok resmi kepada HRH Marie-Caroline dari Bourbon-Siciles, Duchess of Berry.

1841: Maison Morel

Seorang duda tanpa anak, Pierre-François Martin adalah wali dari perempuan muda bernama Pauline Moutat. Dia mengatur pernikahan Moutat dengan salah satu karyawannya, Louis-Henri Morel, dan memberikan bisnisnya sebagai mas kawin.

Morel mengikuti jejak Martin dan memperkenalkan dirinya sebagai “Penerus bekas Maison Martin, yang terletak di rue Neuve-des-Capucines, dekat Place Vendôme”

1845: Goyard direkrut sebagai pemagang

Pada tahun 1845, Morel mempekerjakan François Goyard (1828-1890) sebagai pekerja magang. Anak berbakat berusia 17 tahun ini menerima pelatihan luar biasa di bawah bimbingan Martin dan Morel.

1853: Maison Goyard 

Ketika Louis-Henri Morel meninggal secara mendadak pada tahun 1852, François Goyard mengambil alih dan mengubah nama bisnisnya menjadi Maison Goyard. Dia bertahan selama 32 tahun memimpin sebuah rumah yang dia bawa ke tingkat yang baru. Dia kemudian menyerahkan kendali kepada putranya Edmond pada tahun 1885.

1885: Edmond Goyard Sang Inovator

Pada tanggal 1 April 1885, Edmond Goyard resmi menjadi kepala Goyard. Namanya diubah menjadi E. Goyard Aîné (yang lebih tua). Melanjutkan pekerjaan ayahnya, Edmond Goyard mengubah butik di rue Saint-Honoré menjadi institusi elit dengan klien internasional.

Dia menciptakan iklan Goyard pertama, berpartisipasi dalam berbagai pameran dunia, dan membuka tiga toko cabang di Monte-Carlo, Biarritz, Bordeaux, serta kantor perdagangan di New York dan London, yang terakhir berlokasi di Mount Street, di jalan yang sama dengan saat ini. Dia juga mengembangkan berbagai produk mobil bekerja sama dengan Rheims & Auscher.

1890: Koleksi Pet Chic

Edmond Goyard memulai rangkaian produk “Chic du Chien” (“Pet Chic”), yang meraih kesuksesan besar. “Anjing paling cantik memakai Goyard”, menyatakan kampanye periklanan inovatif dan menyenangkan yang dibayangkan untuk Goyard oleh ilustrator terhebat, seperti Pierre Falize, Mich dan Benjamin Rabier, dari Belle-Époque di Paris.

Goyard merilis mantel serge atau beludru, sepatu bot, kerah ruffle-neck, dan kalung anjing mewah. Hewan peliharaan lainnya juga tidak dilupakan, kucing memiliki perlengkapan perawatan dan tas perjalanannya sendiri, dan bahkan monyet pun memiliki aksesori khusus.

Menjaga tradisi ini tetap hidup, Goyard membuka butik yang didedikasikan untuk “Le Chic du Chien” pada tahun 2008, di 352 rue Saint-Honoré, di seberang toko utamanya yang bersejarah.

1892: Kelahiran Kanvas Emblematik

Saat membuat kanvas Goyardine pada tahun 1892, Edmond Goyard sangat terinspirasi oleh sejarah keluarganya. Pola titik-titik tersebut dengan jelas merujuk pada pengangkut kayu yang dilakukan oleh nenek moyangnya yang membentuk triple chevron disandingkan dalam bentuk huruf Y - huruf tengah dalam nama keluarga Goyard.

Sama seperti seorang pelukis menandatangani lukisannya, Edmond Goyard menandatangani kanvasnya. Namanya yang ditulis dengan warna putih adalah satu-satunya elemen yang benar-benar menonjol, sedangkan alamat toko Paris dieja dalam dua warna coklat yang berbeda, dan "Paris" diulang dua kali, dan disusun dalam tumpukan simetris terpusat.

Edmond Goyard adalah pembuat koper Paris pertama yang memasukkan namanya ke dalam kanvasnya.

1900: Partisipasi dan Penghargaan

Seorang inovator yang tak kenal takut, Edmond Goyard berani berpartisipasi dalam World Exposition of Paris pada tahun 1900. Pada saat itu dianggap sangat berani untuk sebuah rumah mode yang memiliki reputasi baik.

Goyard memenangkan medali perunggu, yang pertama dari serangkaian penghargaan bergengsi: medali emas di Pameran Dunia Milan (1906), medali emas di Pameran Perancis-Inggris di London (1908), gelar kehormatan di Pameran Dunia Brussel ( 1910), grand prix di Anglo-Latin Exposition of London (1912), triple grand prix di Exposition of Ghent (1913).

Goyard juga berpartisipasi, secara non-kompetitif, dalam Pameran Internasional Panama Pasifik San Francisco (1915), Pameran Strasbourg (1919) dan Pameran Internasional Seni Industri dan Dekoratif Modern Paris (1925, gelar kehormatan).

1936: Pemain Kunci di Industri Mewah Prancis

Robert Goyard, bersama dengan maestro hotel Charles Ritz dan ahli perhiasan Louis Boucheron, mendirikan Comité Vendôme. Dia secara pribadi mengurus formalitas hukum untuk konstitusinya, dan bahkan menempatkan kantornya di kantor pusat Goyard di 233, rue Saint-Honoré. Comité Vendôme terbukti berperan penting dalam pembentukan sektor kemewahan terstruktur di Prancis.

1939 & 1972: Ikatan Khusus dengan Pelanggan

Nama seluruh pelanggan Goyard sepanjang abad ke-19 dan ke-20 dapat ditemukan di lemari arsip Goyard, yang mencatat setiap pesanan melalui sistem kartu indeks nominal. Mereka melambangkan kemampuan unik Goyard untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggannya, baik mereka terkenal maupun anonim.

Bukan hal yang aneh bagi pelanggan Goyard untuk memiliki akun yang tetap aktif selama beberapa dekade: Duke dan Duchess of Windsor membuka akun mereka pada tahun 1939, dan akun tersebut ditutup hanya setelah meninggalnya Duchess pada tahun 1986. Sementara Karl Lagerfeld, teman baik Goyard Maison, dibuka pada tahun 1972. Sayangnya ditutup pada tahun 2019 setelah kematiannya.

1974: Penerus yang penuh gairah

Jean-Michel Signoles menemukan bagasi Goyard antik untuk pertama kalinya pada tahun 1974, di sebuah toko barang antik di Paris, dan langsung membelinya. Keingintahuan awalnya terhadap Maison segera berubah menjadi gairah. Dia menjadi kolektor barang-barang luar biasa melalui lelang dan pertemuan kebetulan dengan pecinta Goyard lainnya.

Setelah membeli Maison, Jean-Michel Signoles secara bertahap menghidupkan kembali warisan dan keterampilan Goyard. Dia membuka workshop baru di Perancis, dan butik di seluruh Eropa, Amerika dan Asia. Dalam satu dekade, dengan sepenuhnya mengabaikan taktik pemasaran atau produksi massal, dia mengembalikan Goyard ke kejayaan aslinya, dan dengan tegas menjadikannya kembali sebagai mercusuar keanggunan, keahlian, dan eksklusivitas abadi seperti dulu.

Pilihan Editor: 6 Fakta Menarik Brand Michael Kors, Diawali dengan Merilis Busana Perempuan

GOYARD.COM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."