6 Fakta Menarik Brand Michael Kors, Diawali dengan Merilis Busana Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Michael Kors. REUTERS/Andrew Kelly

Michael Kors. REUTERS/Andrew Kelly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan mode atau fashion kali ini, mari kita mengulik lika-liku perjalanan merek atau brand Michael Kors. Didirikan oleh desainer Michael Kors di era 80-an, merek ini berkembang secara bertahap dan memikat para figur publik, termasuk Michelle Obama. Selain itu, keterlibatan Kors di acara "Project Runway" berdampak positif pada popularitas mereknya. Untuk lebih lengkapnya, berikut fakta menarik brand Michael Kors.

1. Profil Sang Desainer

Lahir dengan nama Karl Anderson Jr., Michael Kors lahir pada tanggal 9 Agustus 1959 di Long Island, New York. Saat masih balita, Kors bekerja sebagai model, tampil dalam kampanye nasional untuk produk-produk seperti tisu toilet dan sereal Lucky Charms.

Orang tua kandung Kors berpisah ketika dia masih sangat muda, dan dia mendapatkan nama barunya pada usia lima tahun, ketika ibunya menikah dengan pengusaha Bill Kors.

“Ibuku berkata, 'Kamu mendapatkan nama belakang yang baru, jadi mengapa kamu tidak memilih nama depan yang baru?'” kata Kors mengenang dikutip dari Biography. Dia memilih Michael sebagai nama depannya dan favorit kedua, David, sebagai nama tengahnya.

Ibunya juga mengizinkan Kors mendesain gaun pengantinnya. Tentu saja, hal itu membuat Kors senang. 'Pernikahannya tidak bertahan lama, [tetapi] foto-fotonya tidak lekang oleh waktu,' gurau Kors.

Dari rumah mereka di pinggiran kota di Merrick, New York, Kors mengumpulkan setiap informasi intelijen mode yang dapat dia kumpulkan. "Saya hampir mengalami hiperventilasi setiap bulan ketika Vogue hadir, dan saya suka berbelanja," katanya.

2. Langkah Awal Michael Kors

Kors pindah ke New York pada tahun 1970-an untuk kuliah di Fashion Institute of Technology. Namun kemudian dia memilih berhenti kuliah setelah dua semester untuk merintis karier di dunia mode. Pada tahun 1978, Kors bekerja di butik Prancis Lothar's, yang memungkinkan dia merancang dan memperdagangkan koleksi fashion pertamanya. Koleksi dia direspons positif oleh penikmat mode, sehingga Kors dapat memulai lini fashion sendiri. Koleksi busana wanita Michael Kors diluncurkan pada Mei 1981, dan dijual di department store kelas atas Bergdorf Goodman dan Saks Fifth Avenue.

3. Kesuksesan Desain Fashion

Pakaian Kors yang sederhana, elegan, dan teknik penjualannya yang persuasif terbukti menjadi kombinasi yang unggul. Kors melakukan perjalanan keliling Amerika Serikat untuk peragaan busana kecil-kecilan di rumah-rumah pribadi, yang dikenal sebagai "pertunjukan bagasi".

Ketika dia berusia 23 tahun, dia meyakinkan editor mode tangguh Anna Wintour — yang saat itu bekerja di majalah New York, sekarang menjadi pemimpin redaksi Vogue — untuk melihat koleksinya. Kors memajang koleksinya yang diletakkan di atas tempat tidur di apartemennya. Dari awal yang sederhana ini, dia segera menarik penggemar selebriti seperti Barbara Walters dan mendapatkan penghargaan atas desainnya.

4. Berjuang untuk Bangkit Kembali

Namun pada tahun 1990, Kors terpaksa melakukan reorganisasi berdasarkan kebangkrutan Bab 11. Setelah bangkit kembali, Kors meluncurkan KORS Michael Kors, produk dengan harga lebih rendah. Dia juga menjadi direktur kreatif Celine, sebuah rumah mode Perancis, pada tahun 1997.

Dalam enam tahun menjabat posisi tersebut, dia terus mengembangkan mereknya sendiri, meluncurkan lini pakaian pria, aksesori, dan parfum. Pada tahun 2003, ia memenangkan penghargaan Menswear Designer of the Year yang didambakan dari Council of Fashion Designers of America, hadiah paling bergengsi dalam mode Amerika.

5. Perkembangan Bisnis dari Waktu ke Waktu

Pada tahun 2006 toko Michael Kors pertama dibuka. Pada tahun 2011 Michael Kors terdaftar di Bursa Efek New York dan pada akhir tahun 2011 mengumpulkan lebih dari USD900 juta, sehingga memberi nilai perusahaan lebih dari USD3 miliar, menjadikannya penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) mode terbesar dalam sejarah.

MK Holdings memiliki lebih dari 550 toko dan merek tersebut dijual di lebih dari 1500 butik dalam toko di berbagai negara.

6. Project Runway

Pada tahun 2004, Michael Kors diminta menjadi juri di acara televisi realitas baru bernama Project Runway. Dia hampir menolaknya karena menganggap kemungkinan penonton reality show fashion di televisi cukup kecil. Tapi ternyata anggapannya salah.

Pertunjukan tersebut ditayangkan perdana pada tanggal 1 Desember 2004, dan langsung menjadi hit di kalangan penggemar serta kritikus. Sindiran dan kritik blak-blakan Kors menjadi favorit penggemar, dan dia melanjutkan sebagai juri di musim berikutnya.

Pemirsa Project Runway sering mengomentari kulit kecokelatannya yang abadi, yang menjadi sumber kebanggaan bagi Kors yang menyukai pantai. “Sekarang Valentino telah pensiun, saya yakin seseorang harus mengibarkan bendera yang terlalu kecokelatan,” kata sang desainer.

Pada tahun 2012, Kors mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari "Project Runway". Pada saat itu, serial tersebut telah mendapatkan beberapa nominasi Emmy Award, dan penghargaan lainnya.

Tak terhitung banyaknya selebritas yang mengenakan pakaiannya, dan ibu negara Amerika Serikat tahun 2009 Michelle Obama berpose dalam gaun Michael Kors untuk potret resmi pertamanya. Dengan lini produk yang terus diproduksi dan semakin banyak pelanggan yang tertarik dengan penampilan Project Runway-nya, kerajaan mode Michael Kors terus berkembang.

Pilihan Editor: Kendall Jenner jadi Model Utama Michael Kors, Bawa Pesan Romansa

BIOGRAPHY | GLAM OBSERVER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."