Tips Makeup di Cuaca Panas dari MUA Bubah Alfian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai blush on. Shutterstock

Ilustrasi perempuan memakai blush on. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut penata rias atau makeup artist (MUA) Bubah Alfian salah satu tips makeup di cuaca panas adalah memilih alas bedak atau foundation yang memberi cakupan atau coverage sempurna dan tahan lama. Dengan begitu, sebagai dasar riasan, foundation dapat menjaga riasan on point di tengah paparan terik sinar matahari.

Saat ditanya soal gaya makeup yang cocok di cuaca panas, Bubah merekomendasikan tampilan riasan makeup no makeup. Riasan bergaya minimalis yang menonjolkan kulit sehat cocok untuk berkegiatan saat cuaca panas.

"Makeup no makeup. Bikin sedikit berbeda pakai eyeliner warna coklat di bagian bawah mata dan maskara yang bervolume juga melentikkan mata," kata Bubah di Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Mei 2024.

Untuk mencegah kulit berminyak di cuaca panas, Bubah mengatakan pentingnya menyediakan kertas penyerap minyak. Bubah juga mengatakan pentingnya skin preparation sebelum memakai riasan di cuaca panas seperti hari-hari lainnya. Adapun skin preparation yang dimaksud adalah pemakaian pelembap, serum, dan tabir surya.

Selain memperhatikan gaya riasan, perhatikan juga tips perawatan kulit di cuaca panas seperti berikut ini.

1. Tabir Surya Minimal SPF 30

Aplikasikan tabir surya atau sunscreen minimal SPF 30 setiap hari, di mana pun Anda berada. Dan, pentingnya re-apply di siang hari, dan lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang.

2. Pembersih Wajah Foam

Membersihkan wajah adalah langkah yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit dan selama cuaca panas Anda perlu menggunakan pembersih yang membantu mengatur produksi sebum pada kulit. Pilihlah pembersih wajah foam daripada pembersih yang lembut dan melembapkan karena dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit dan menjaga kulit Anda tetap bersih.

Bahan-bahan seperti asam glikolat, dan asam salisilat sangat bagus untuk cuaca panas. Namun, jangan membersihkan wajah lebih dari tiga kali sehari karena pembersihan berlebihan akan menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga rentan memproduksi lebih banyak minyak.

3. Pakai Pelembap Berbahan Dasar Air

Hanya karena ini cuaca panas, jangan lewatkan pelembap. Jika kulit Anda kering, cenderung menghasilkan lebih banyak minyak sehingga tampak berkilau dan berminyak. Untuk menghindarinya, pilihlah pelembap ringan berbahan dasar air atau gel dengan bahan seperti asam hialuronat yang sangat ringan di kulit namun menjaga kulit tetap terhidrasi dalam waktu lama.

4. Hindari produk riasan berbahan dasar krim

Semakin banyak Anda melapisi kulit dengan produk riasan yang berbeda, kemungkinan besar kulit akan terlihat berminyak. Produk krim kental seperti alas bedak, concealer, dan krim perona pipi dapat cepat berminyak pada kulit. Cara terbaik adalah dengan memilih formula ringan seperti pewarna kulit atau pelembap berwarna yang akan memberikan sedikit cakupan pada kulit Anda tanpa membuat Anda merasa berat.

Pilih juga produk berbahan dasar bedak seperti bedak tabur, bronzer, dan highlighter untuk menghindari kulit berminyak. Gunakan bedak tabur untuk mengatur kulit Anda untuk memastikan riasan Anda bertahan lebih lama.

Itulah sejumlah tips makeup dan perawatan kulit di cuaca panas. Semoga membantu, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas Ekstrem dengan 9 Cara Sederhana Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."