Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Spons, Jari atau Kuas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai foundation. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi wanita memakai foundation. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bicara soal cara mengaplikasikan alas bedak atau foundation, sejumlah perempuan nyaman menggunakan spons. Di sisi lain, tak sedikit yang memilih kuas atau jari saat mengaplikasikan foundation. Lantas, mana yang lebih baik? Para ahli rias mengatakan pilihannya tergantung preferensi masing-masing dan jenis formula foundation. Bagi yang belum bisa menentukan pilihan, ada baiknya mengintip cara mengaplikasikan foundation dengan spons, kuas atau jari.

Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Spons

Menurut Samantha Freda, ahli rias dan kecantikan serta penata rias di Alima Pure, mengaplikasikan foundation dengan spons sangat ideal. Namun perlu diingat bahwa hasil akhir yang Anda peroleh dari mengaplikasikan foundation dengan spons dapat berubah tergantung pada jenis alas bedak yang Anda gunakan.

Spons paling cocok digunakan, misalnya dengan formula cair ringan atau stik.

Sementara itu, foundation yang krim dan kental akan lebih baik jika disajikan dengan kuas, sehingga Anda dapat menghaluskan bagian tepinya untuk hasil akhir yang lebih alami).

Basahi Spons sebelum Digunakan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari spons Anda, selalu basahi sebelum digunakan. Pastikan Anda memeras airnya agar tidak basah kuyup, cukup lembap saja. Ini akan memastikan bahwa foundation diterapkan dan didistribusikan secara merata.

Sedikit Demi Sedikit

Daripada mengoleskan banyak foundation, cobalah sedikit terlebih dahulu dan bangun, coverage sehingga menghasilkan tampilan yang lebih alami.

"Jika saya harus memilih metode [pengaplikasian riasan] favorit saya, semuanya akan menggunakan spons. Cakupannya bisa dibangun, hasilnya praktis tanpa cela, dan riasan akan bertahan sepanjang hari," kata Freda dikutip dari Byrdie.

Cakupan foundation juga bergantung pada jenis produk alas bedak yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan alas bedak berbentuk stik, Anda dapat mengaplikasikannya langsung pada kulit untuk mendapatkan coverage yang lebih tebal, atau menempelkannya langsung pada spons basah untuk tampilan yang lebih alami.

Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Jari

Bilamana Anda memilih mengaplikasikan foundation dengan jari, sebaiknya gunakan jari manis Anda untuk mengaplikasikan produk karena tekanan yang digunakan paling sedikit. Selain itu, selalu ketuk dan jangan pernah menggosok.

Menurut Freda, jari sangat bagus untuk produk yang perlu sedikit dihangatkan agar bisa menyatu.

Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Kuas

Mirip dengan menggunakan jari Anda, kuas memungkinkan pengaplikasian terkonsentrasi. Maka dari itu, kuas ideal untuk mengaplikasikan eyshadow dan bedak, catat Freda.

Saat menggunakan kuas untuk foundation, Freda memperingatkan jangan terlalu memaksakan diri. Bertahap jadi kuncinya.

"Tingkatkan jumlah produk yang ingin Anda aplikasikan daripada menyikat semuanya sekaligus," katanya.

Dan jika Anda tidak yakin kuas mana yang akan digunakan, Anda tidak sendirian. Ada begitu banyak kuas di luar sana, sehingga menemukan kuas yang tepat bisa jadi sangat melelahkan. Kuncinya memilih kuas yang berukuran besar dan berbulu tebal seperti paddle brush berbentuk pipih seperti dayung atau buffing brush bentuknya tebal, padat, dan permukaan rata.

Pilihan Editor: Tips Pakai Foundation Bebas Kilap dan Tahan Lama ala MUA Marlene Hariman

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."