5 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui, Coba Pakai 5 Elemen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memilih peralatan kantor dan kursi kerja.

Ilustrasi memilih peralatan kantor dan kursi kerja.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti suasana pekerjaan Anda di kantor awal tahun ini? Terasa berat, bahkan membosankan, meski baru pulang liburan. Bisa jadi ada yang tidak beres dengan penataan ruang kerja Anda. Alhasil, mempengaruhi energi positif yang diterima. Yuk coba, menata ulang ruang kerja atau meja kerja Anda sesuai feng shui.

Dengan menerapkan teknik feng shui di tempat kerja, dipercaya bisa mencegah kesialan, menghilangkan stres hingga memfasilitasi hubungan yang harmonis antara anggota tim. Selain itu, diyakini meningkatkan kreativitas, fokus, produktivitas, dan menghilangkan energi negatif.

Berikut beberapa cara mengatur ruang kerja Anda sesuai dengan prinsip-prinsip feng shui dilansir dari laman The Chinese Zodiac.

1. Gunakan 5 elemen feng shui

Saat mendesain ruang kerja Anda, cobalah menggunakan lima elemen feng shui: kayu, api, tanah, logam dan air. Detail dekorasi dari logam, benda-benda dari kayu, tanaman, akuarium, dan lainnya.

2. Singkirkan kekacauan di meja kerja

Tahap pertama dalam mendesain kantor feng shui Anda adalah menyingkirkan semua kekacauan yang menghalangi jalan Anda, singkatnya - bebenah meja. Pastikan tidak meletakkan tumpukan file di lantai. Jangan meletakkan terlalu banyak benda di rak atau di atas lemari, rapikan di dalam lemari dan laci.

Perbaiki atau buang semua benda yang tidak lagi berfungsi. Atur semua dokumen yang ada di meja Anda. Buang semua catatan tempel yang tidak lagi valid. Buang semua botol dan kaleng soda, cuci cangkir kopi yang kotor. Bersihkan debu dan buang kantong sampah setiap malam

Kekacauan memiliki efek mendalam pada kondisi emosional dan kesejahteraan Anda. Kantor yang bersih dan rapo membawa energi vital dan memfasilitasi inspirasi, konsentrasi, dan kreativitas. 

Ide-ide Anda akan menjadi jauh lebih kreatif, energi dan vitalitas Anda akan dipulihkan, Anda akan lebih santai dan tenang dan tidak terlalu terpengaruh oleh stres.

3. Posisi meja kerja

Meja tidak boleh ditempatkan dekat di jendela, pintu atau memunggungi, karena itu membuat Anda rentan dan itu menciptakan perasaan cemas. Anda harus melihat siapa yang datang dan Anda harus memperhatikan bahaya apa pun yang memasuki kantor Anda.

Jika Anda tidak dapat menempatkan meja dengan cara ini, pastikan Anda memiliki kursi tinggi yang dapat melindungi Anda. Jangan letakkan meja di dekat pintu, sehingga Anda tidak terganggu.

Hindari menempatkan meja menghadap dinding, itu membuat Anda bekerja lebih efisien dan Anda akan dapat fokus lebih baik. Jika Anda tidak punya pilihan, letakkan di dinding gambar alam - pemandangan atau lautan.

Ruang depan Anda harus bebas, untuk memfasilitasi peluang. Jika Anda harus berbagi ruang dengan orang lain, hindari posisi membelakangi atau berhadapan.

Kedua posisi ini memiliki kecenderungan untuk menciptakan konflik. Jika Anda tidak bisa menghindari ini, kurangi sedikit meja atau atur penghalang dengan menempatkan tanaman atau gambar.

4. Dinding partisi

Jika Anda bekerja di ruang terbuka, penting memiliki dinding partisi, karena di ruang yang terlalu terbuka, energi cenderung menguap. Cobalah untuk membatasi ruang antara Anda dan kolega Anda.

5. Gunakan objek atau gambar di ruangan Anda

Ketika Anda dikelilingi oleh gambar dan objek yang menginspirasi, Anda menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk mencapai tujuan. Tempatkan gambar, slogan, dan gambar yang melambangkan tujuan Anda.

Pilih furnitur dan aksesori yang menginspirasi kemakmuran, kelimpahan, dan kesuksesan. Tempat terbaik untuk komputer adalah di sisi kanan meja, sedangkan di sisi kiri, di atas, yang terbaik adalah mengatur lampu.

Di belakang meja, gantung lukisan gunung, tanpa puncak yang tajam, dan di depannya, lukisan kehidupan akuatik, karena air melambangkan kekayaan dan kemakmuran. 

Untuk mengatur suasana dinamis di kantor, atur benda yang tepat di tempat yang tepat, dengan bantuan kompas, sebagai berikut.

-Telepon, agenda, komputer, kartu nama ke barat atau barat laut, untuk memfasilitasi kontak eksternal dan untuk meningkatkan karier Anda.

-Foto dengan kerabat di barat atau timur.

-Lampu harus diatur ke selatan, untuk menerangi prospek masa depan Anda untuk meningkatkan hubungan dengan kolega Anda.

-Tempatkan tanaman di sebelah timur.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."