5 Manfaat Pepaya untuk Kulit: Menghidrasi dan sebagai Antioksidan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi pepaya. boldsky.com

Ilustrasi pepaya. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPepaya yang kaya akan nutrisi dan vitamin, tidak hanya sebagai makanan super untuk kesehatan tapi juga baik untuk kulit. Orang-orang yang suka melakukan perawatan kulit buatan sendiri sering kali menggunakan masker wajah pepaya untuk meningkatkan kesehatan kulit mereka.

Manfaat pepaya untuk kulit sangat banyak, mulai dari menjaga hidrasi kulit hingga meningkatkan produksi kolagen. Pepaya bekerja dalam berbagai cara untuk membantu Anda mendapatkan kulit halus.

Jika digunakan dengan benar, buah ini dapat membantu Anda menghilangkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, bisul kulit, dehidrasi, dan sebagainya.

Kepala Konsultan Dermatologis & Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, Sravya C. Tipirneni, , menyebutkan bahwa pepaya mengandung enzim yang membantu pengelupasan sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih cerah dan halus. Ia juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat menutrisi dan melindungi kulit.

Manfaat Pepaya untuk Kulit

1. Membantu Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Antioksidan berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatannya tetap utuh. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa produk ini juga membantu menunda tanda-tanda penuaan termasuk garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik-bintik jerawat, dan sebagainya.

Antioksidan dalam pepaya membantu mencegah penuaan kulit, menjaga kulit Anda selalu bersinar dan tanpa cela.

2. Membantu Meningkatkan Tingkat Hidrasi

Kulit kering merupakan kondisi yang tidak nyaman karena menyebabkan kulit menjadi kasar, mengelupas, dan gatal. Tak hanya itu, hilangnya air pada kulit juga membuatnya lebih rentan mengalami kerusakan. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa fungsi pelindung kulit secara signifikan meningkatkan struktur lipid stratum korneum.

Sederhananya, kulit kering kesulitan mengunci kelembapan, sehingga menyebabkan kulit menjadi kasar dan iritasi. Dengan rusaknya pelindung kulit, patogen, kotoran, dan bakteri berbahaya akan mudah masuk ke kulit dan menyebabkan kerusakan pada kulit.

Salah satu cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan hidrasi kulit. Pepaya mengandung vitamin E, antioksidan kuat yang memiliki sifat melembapkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dalam waktu lama.

3. Membantu Mengontrol Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang sangat sulit untuk diatasi. Namun dengan pepaya yang Anda inginkan, Anda mungkin bisa mengatasi jerawat dan bekas jerawat dengan cukup mudah.

Buah lezat ini mengandung vitamin C, bahan anti inflamasi kuat yang membantu menghilangkan jerawat. Selain mencegah terbentuknya jerawat vulgaris, salah satu manfaat buah pepaya yang paling menakjubkan untuk kulit adalah kaya akan vitamin C, juga mencegah hiperpigmentasi pasca inflamasi untuk membantu Anda mendapatkan kulit bersih dan kencang.

4. Dapat Membantu Menyembuhkan Bekas Luka

Manfaat pepaya untuk kulit tidak hanya terbatas pada efek mencerahkan atau melembabkannya, tapi lebih dari itu. Sebuah penelitian menyelidiki efek liposom elastis papain pada bekas luka hipertrofik dan menyimpulkan bahwa aplikasi topikal sangat bermanfaat dalam pengobatan bekas luka hipertrofik.

5. Dapat Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Retinol, suatu bentuk vitamin A, adalah bahan perawatan kulit yang terkenal dan digunakan dalam berbagai formulasi kosmetik, berkat khasiatnya yang luar biasa bermanfaat bagi kulit. Pepaya kaya akan vitamin A, yang tidak hanya membantu meningkatkan produksi kolagen tetapi juga mengurangi munculnya kerutan dengan memberikan efek anti penuaan pada kulit.

Sravya menjelaskan, kolagen adalah protein struktural utama yang memberikan perancah dan dukungan untuk kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen melambat, menyebabkan kerutan dan hilangnya kekencangan.

“Kolagen topikal dapat membantu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, namun efektivitasnya bergantung pada formulasi produk. Agen bio remodeling terbaru yang merangsang regenerasi kolagen dalam jangka panjang sangatlah efektif,” ucapnya dikutip dari Pinkvilla.

Itulah 5 manfaat pepaya untuk kesehatan kulit. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: Cara Bikin Masker Wajah Alami dari Pepaya dan Pisang untuk Cerahkan Kulit Wajah

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."