Ketahui Manfaat Citric Acid dalam Produk Skincare beserta Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Asam sitrat atau citric acid sebenarnya ditemukan di banyak produk perawatan kulit atau skincare. Asam serbaguna ini mungkin sudah Anda gunakan, dan bekerja sangat baik dalam mengelupas kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan rata. Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat dan efek samping citric acid dalam skincare yang perlu Anda tahu.

Apa Itu Citric Acid?

Citric acid secara alami ditemukan dalam buah-buahan sitrat seperti lemon, jeruk bali, jeruk nipis, dan jeruk. Menurut Alex Hernandez, ahli kecantikan dan Manajer Pengembangan Pendidikan di Face Reality Skincare, citric acid adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang digunakan dalam perawatan kulit terutama untuk menambah manfaat antioksidan, menyesuaikan keasaman produk, atau untuk mendorong pembaruan kulit.

Manfaat Citric Acid untuk Kulit

“Anda akan sering menemukan citric acid dalam formulasi perawatan kulit, namun belum tentu dalam bentuk aktif—asam ini sering digunakan untuk menstabilkan atau menyesuaikan pH suatu produk,” kata Geeta Yadav, dokter kulit bersertifikat dan pendiri FACET Dermatology. Namun, dalam konsentrasi yang lebih tinggi, ini digunakan sebagai exfoliant.

Asam sitrat adalah asam alfa-hidroksi (AHA), yang berarti membantu memutus ikatan yang mengikat sel-sel mati di permukaan kulit Anda, mengelupaskannya untuk menghasilkan kulit yang tampak lebih sehat dan bercahaya. Menurut Dr. Yadav, ini membantu proses pergantian sel alami kulit kita, yang melambat seiring bertambahnya usia, berkontribusi pada munculnya kulit yang lebih matang, termasuk garis-garis halus, kerutan, tekstur kasar, dan hiperpigmentasi.

Mengingat citric acid merupakan asam alami, sifatnya yang lembut namun tetap dapat mengelupas kulit, mendukung hidrasi, dan membuat kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

“Seseorang yang tertarik untuk mencerahkan kulitnya atau menyegarkan kulit kusam akan mendapat manfaat dari penggunaan asam sitrat,” kata Jeannette Graf, MD, dokter kulit bersertifikat dan Asisten Profesor Klinis Dermatologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai.

Cara Menggunakan Citric Acid yang Tepat

Jika asam sitrat digunakan sebagai AHA, paling baik digunakan dalam formula pengelupasan kimia. “Saya sarankan menggunakannya pada malam hari karena AHA dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap paparan sinar matahari,” ucap Dr. Yadav.

“Perlu dicatat bahwa asam sitrat terbukti lebih sensitif pada kulit dibandingkan AHA lainnya; carilah yang dicampur dengan produk lain untuk mengurangi risiko iritasi," ucapnya.

Asam sitrat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit dan kemungkinan besar tidak akan pernah menjadi bahan utama. “Sangat penting untuk memastikan Anda menggunakan rutinitas yang seimbang—artinya produk tersebut juga mengandung banyak bahan yang menghidrasi dan melembapkan,” ucap Hernandez.

“Saat menggunakan AHA seperti asam sitrat, Anda harus menjaga kesehatan pelindung kulit untuk menghindari reaksi merugikan (yang berasal dari kekeringan dan dehidrasi).” Carilah bahan-bahan seperti asam hialuronat, bisabolol, dan allantoin.

Seperti semua bahan baru lainnya, sebaiknya lakukan uji tempel untuk memastikan kulit Anda tidak bereaksi buruk terhadap asam sitrat. Dr Graf menyarankan penggunaan tabir surya saat menggunakan asam sitrat, karena kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Efek Samping Citric Acid

Citric acid, meski dianggap lembut, tetap saja asam. Artinya berpotensi menyebabkan atau memperparah iritasi kulit. Menurut Dr. Graf, faktor lainnya termasuk konsentrasi yang digunakan dan pH produk.

“Ini tidak boleh diterapkan pada kulit yang rusak atau teriritasi,” Dr. Graf memperingatkan.

“Jika seseorang memiliki kondisi kulit seperti rosacea, dermatitis, atau kulit sensitif, sebaiknya periksakan ke dokter kulit sebelum menggunakannya," katanya.

Citric Acid Paling Baik Digunakan dengan Apa?

Asam sitrat bekerja dengan baik jika dipadukan dengan asam aktif lainnya, menurut Dr. Graf. “Misalnya, Anda biasanya akan melihat serum dan toner yang diformulasikan dengan kombinasi asam sitrat dengan asam seperti asam salisilat, glikolat, laktat, dan mandelat,” katanya.

Terkadang Anda juga akan melihat asam sitrat dikombinasikan dengan bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat atau gliserin untuk melawan efek pengeringan. Dr Graf merekomendasikan untuk menghindari pencampuran asam sitrat dengan retinol, karena dapat sangat mengiritasi dan keras pada kulit.

Dr Yadav setuju tetapi tidak menyukai gagasan menggunakan produk yang memiliki tingkat asam sitrat tinggi.

“Saya lebih suka asam sitrat yang dicampur ke dalam formula dengan AHA lain dengan konsentrasi lebih rendah. Tetapi jika Anda menggunakan asam sitrat sebagai bahan utama, saya sarankan untuk menghindari penggunaan formula lain. dengan tingkat AHA, BHA, atau retinol yang tinggi, karena dapat menyebabkan iritasi,” katanya.

Saat menggunakan exfoliant kimia apa pun, Anda pasti ingin mendukung kulit Anda dengan menambahkan hidrasi dan nutrisi, carilah humektan seperti gliserin dan asam hialuronat untuk meningkatkan tingkat hidrasi, lalu tutup hidrasi tersebut dengan emolien seperti ceramide dan squalane.

Seberapa Sering Sebaiknya Menggunakan Citric Acid?

Dokter kulit menyarankan penggunaan eksfoliasi kimia tidak lebih dari dua kali lipat dalam seminggu. “Dua kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat dari pengelupasan kimiawi,” kata Dr. Yadav.

Jika Anda menggunakan formula yang dirancang untuk digunakan lebih sering dan kulit Anda dapat menoleransinya, Anda dapat meningkatkan penggunaannya secara bertahap hingga beberapa kali dalam seminggu. Ada baiknya juga untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan bahwa citric acid benar-benar memenuhi kebutuhan kulit Anda.

Pilihan Editor: Waspada Bahan Skincare Abal-abal, Simak 7 Tips Memilih Perawatan Kulit Dasar

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."