5 Tips agar Anak Nyaman Beraktivitas di Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ayah dan anak. Pexels/Anastasia Shuraeva

Ilustrasi ayah dan anak. Pexels/Anastasia Shuraeva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beraktivitas di luar ruangan dalam cuaca panas terbilang menantang termasuk untuk buah hati. Dehidrasi salah satu risiko di depan mata. Untuk menghindari hal itu terjadi, berikut tips agar anak nyaman beraktivitas di tengah cuaca panas.

1. Tetap terhidrasi

Salah satu cara terbaik untuk mencegah sengatan panas pada anak-anak adalah dengan menjaga mereka tetap terhidrasi dengan baik. Dorong anak Anda untuk minum banyak air sepanjang hari, meskipun mereka tidak merasa haus. Anda bisa membuat rutinitas minum menyenangkan dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti lemon atau mentimun ke dalam airnya untuk mendapatkan rasa yang menyegarkan.

”Anak-anak seringkali mengabaikan asupan air terutama saat bermain di luar ruangan. Minum banyak air, dan menghindari minuman manis akan membantu Anda tetap terhidrasi dan sehat,” kata dokter anak dan neonatolog Sanju Sidaraddi dikutip dari Times of India.

2. Pantau ramalan cuaca

Perhatikan ramalan cuaca dan rencanakan hari Anda sesuai dengan itu. Hindari menjadwalkan aktivitas di luar ruangan pada saat cuaca terpanas, biasanya antara jam 10 pagi dan 4 sore. Jika Anda memang perlu berada di luar ruangan, carilah tempat teduh di mana anak Anda dapat beristirahat dari sinar matahari.

3. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Dandani anak Anda dengan pakaian ringan dan longgar yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Pakaian berwarna terang memantulkan sinar matahari dan membantu menjaganya tetap sejuk. Jangan lupa untuk menambahkan topi bertepi lebar dan kacamata hitam untuk melindungi wajah dan mata mereka dari sinar matahari. Dan, tentunya memakai tabir surya untuk melindungi kulit.

4. Upayakan beraktivitas di dalam ruangan

Usahakan untuk menghindari aktivitas yang akan membuat anak Anda berkeringat dan kepanasan, terutama pada saat cuaca terpanas di siang hari. Sebaliknya, pilihlah permainan di dalam ruangan atau aktivitas berbasis air seperti berenang.

Jika Anda berada di luar ruangan, sering-seringlah beristirahat di tempat teduh dan dorong anak Anda untuk beristirahat dan minum. “Dorong mereka untuk beristirahat selama waktu bermain untuk minum cairan secara teratur – usahakan untuk minum setidaknya 13 gelas air sehari,” kata Dr Vrukshal Shamkuwar, Konsultan Kepala PICU dan Pediatri, Rumah Sakit Medicover, Navi Mumbai.

5. Camilan buah-buahan

Buah-buahan tidak hanya lezat, tetapi juga bagus untuk menjaga anak-anak tetap terhidrasi. Dorong anak Anda untuk mengemil buah-buahan kaya air seperti semangka, stroberi, dan jeruk. Tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyediakan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan anak Anda sepanjang musim panas.

Pilihan Editor: Cuaca Terasa Makin Panas, Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Heatstroke

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."