Jogja Art + Books Festival 2024 Digelar 1 - 14 Mei Mendatang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kampoeng Mataraman Yogyakarta. Dok. Istimewa

Kampoeng Mataraman Yogyakarta. Dok. Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Acara Jogja Art + Books Festival (JAB Fest) bakal digelar 1-14 Mei 2024 di Kampoeng Mataraman Yogyakarta. Sejumlah nama yang akan terlibat dalam acara ini berasal dari kalangan penulis, perupa, dan musikus, seperti Leila S. Chudori, Eko Nugroho, Afrizal Malna, Silampukau, Saut Situmorang, St Sunardi, Puthut EA, hingga Erizal.

“JAB Fest tahun ini kami mengusung delapan program untuk mempertemukan seni dengan literasi,” kata Ketua Program JAB Fest 2024 Dodo Hartoko pada Senin, 29 April 2024.

Dodo menuturkan, delapan program tersebut meliputi diskusi buku, performance lecture, berbincang, seniman bicara, pameran seni rupa, The Sounds of Poetry, penulis bercerita, juga bazar buku. 

Event ini untuk menunjukkan keberpihakan Yogyakarta pada seni dan literasi yang dihidupi dan digerakkan oleh masyarakat dan komunitas, yang bisa turut menggerakkan sektor wisata minat khusus,” kata Dodo.

Dalam Jogja Art Books Festival ini, para penulis, musisi, juga seniman akan diberi ruang membahas karyanya dari masa ke masa. Leila S. Chudori, akan hadir untuk berdialog dengan pengunjung soal bukunya Laut Berbicara yang telah dicetak hingga 67 kali.

20 Ribu Judul Buku

Baca Juga:

Dalam pameran dan bazar buku, Dodo mengatakan sedikitnya ada 20 ribu judul buku dari penerbit indie dan penerbit besar yang berpartisipasi.

“Ada juga 60 musisi yang akan terlibat di event ini,” kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Dian Laksmi Pratiwi menuturkan JAB Fest menjadi satu upaya mengangkat wajah budaya Yogyakarta dalam bentuk seni-literasi. “Dengan event sampai 14 hari ini kampi berharap kunjungan juga membeludak, terutama dari para penggemar buku dari berbagai daerah,” kata dia.

Pilihan Editor: Buku Sepayung Bumi, Cara Mewujudkan Makna Payung untuk Melindungi Alam

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."