Jogja Fashion Week 2023 Bakal Digelar 9 - 12 November 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Salah satu karya yang akan ditampilkan dalam gelaran Jogja Fashion Week (JFW) 2023 pada 9-12 November. (TEMPO.CO/Pribadi Wicaksono)

Salah satu karya yang akan ditampilkan dalam gelaran Jogja Fashion Week (JFW) 2023 pada 9-12 November. (TEMPO.CO/Pribadi Wicaksono)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jogja Fashion Week 2023 bakal digelar dua bulan lagi, tepatnya tanggal 9 hingga 12 November 2023 di Jogja Expo Center (JEC). Selama empat hari, para penikmat mode akan disuguhkan peragaan busana atau fashion show dari 97 desainer. 

"Dari desainer yang terlibat itu ada pula perancang busana dari mancanegara kami undang," kata Syam Arjayanti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis, 7 September 2023.

Syam mengatakan tema Jogja Fashion Week tahun ini adalah "Ethnic Fashion Gateway for Indonesia, Indonesian Fashion Trend". Tajuk itu untuk memompa semangat para pegiat mode yang terlibat agar dapat mewujudkan Yogya sebagai pusat mode atau fashion dunia tahun 2028 mendatang.

Jogja Fashion Week juga akan melibatkan 80 usaha kecil menengah (UKM) fashion di Yogyakarta dan pameran fashion dengan 100 lebih booth di JEC. "UKM fashion yang terlibat bukan hanya dari Yogyakarta tapi dari 33 provinsi di Indonesia," kata dia.

Syam mengatakan perhelatan yang memasuki tahun ke-18 penyelenggaraannya itu tak hanya berisi pameran fashion dan fashion show, namun juga menyelipkan sesi edukasi fashion dan ruang komunikasi-interaksi antar pelaku fashion di Tanah Air.

"Ada pertemuan antara B to B (Business to Business) dan B to C (Business to Consumer)," kata Syam.

Sementara itu, Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta  Robby Kusumaharta mengatakan bahwa industri mode menjadi salah satu tonggak pendapatan nasional Indonesia. Bagi Yogyakarta gelaran mode ini juga penggerak bagi sektor pariwisata karena membidik peningkatan mobilitas dari luar masuk ke Yogyakarta selama acara digelar.

"Saat inim fashion menyumbang 14 persen dari PDB (Pendapatan Domestik Bruto) nasional, saatnya Yogyakarta menjadi barometer fashion dunia karena sumber daya untuk itu ada di sini " kata dia.

Untuk membuktikan kualitas fashion di Yogyakarta  berkelas dunia, industri fashion yang dilibatkan dalam ajang ini sebagian besar merupakan pegiat yang karya-karyanya sudah diekspor ke mancanegara. 

Jogja Fashion Week 2023 juga menargetkan transaksi yang dihasilkan bisa melampui tahun lalu. Pada pelaksanaan Jogja Fashion Week 2022 yang menghadirkan 76 desainer dan 100 stan Industri Kecil Menengah (IKM) serta dihadiri sekitar 1.500 pengunjung per hari, total transaksi atau perputaran uang mencapai Rp1,3 miliar. 

Pilihan Editor: Ragam Kebaya di Jogja Fashion Trend 2023, Nuansa Khas Jawa hingga Aksentuasi Pulau Dewata

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."