Cerita Direktur CIMB Niaga Fransiska Oei Kejar Mimpi yang Satu Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal  CIMB Niaga, Fransiska Oei. Foto: CANTIKA/Sukarnin-oton

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei. Foto: CANTIKA/Sukarnin-oton

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) Fransiska Oei mengungkapkan salah satu mimpi yang tengah dia kejar adalah punya waktu lebih untuk pekerjaan sosial. Mimpi itu berangkat dari sederet aktivitas sosial yang sudah dia geluti baik di CIMB Niaga maupun di beberapa organisasi. Hatinya terpanggil untuk meluangkan waktu lebih banyak.

"Walaupun saya membidangi CSR (Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan) di CIMB Niaga, saya merasa perlu lebih banyak waktu untuk pekerjaan sosial. Dedikasi waktu saya untuk sosial, itu salah satu mimpi saya. Kalau saya punya lebih banyak waktu, saya akan lebih banyak di sosial," katanya kepada Cantika di Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Fransiska diketahui menjadi sebagai Ketua Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan (FKDKP), juga Ketua Bidang Pengembangan Kajian Hukum & ESG di Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas). Setiap hari, selain menuntaskan pekerjaannya di CIMB Niaga, dia juga meluangkan waktu untuk berkontribusi di organisasi tersebut.

"Saya sangat aktif di organisasi. Waktu saya banyak terpakai di organisasi. Kita menggunakan waktu dan tenaga untuk organisasi. Menurut saya, itu salah satu cara giving back to society (berkontribusi kepada masyarakat)," ucap perempuan yang sudah berkarier di perbankan hampir 30 tahun.

Sedari Kecil Bermimpi jadi Pemimpin

Saat ditanya mimpi apa saja yang sudah terwujud, Fransiska mengisahkan salah satu mimpi dia di masa kecil. Sejak kanak-kanak, dia bermimpi menjadi pemimpin.

"Ada satu yang saya bilang (dari kecil) saya mau jadi pemimpin. Kepikiran itu sejak kecil. Mungin karena dari kecil saya suka mengatur teman-teman," ucapnya.

"Tanpa saya sadari bahwa menjadi seorang pemimpin berarti kita memberikan sesuatu kembali ke masyarakat. Karena teman-teman sekeliling belajar dari kita. Itu sesuatu yang tidak diperoleh dari sekolah. Apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat, bagaimana kita bersikap, menghadapi orang lain, tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan," katanya. 

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei. Foto: CANTIKA/Sukarnin

Pentingnya Punya Mimpi

Menurut Fransiska, penting bagi kita untuk punya mimpi. Karena mimpi yang akan membuat kita terus bergerak dan berusaha mencapainya.

"Punya mimpi itu penting. Tanpa mimpi, kita akan berjalan di tempat. Dengan adanya mimpi, kita tentu akan berusaha mencapai, terus menjadi lebih baik," ucapnya.

Sama seperti kita, Fransiska juga mengalami fase naik turun dalam mengejar mimpi. Ketika lelah dan tidak bersemangat, dia menerima fase tersebut, tidak memaksakan diri untuk terus melangkah. Selama fase itu, dia melakukan hal-hal yang dia sukai dan membuat bahagia.

"Kalau saya lagi lelah, saya acknowledge (mengakui). 'Oke fisik atau mental saya lagi lelah, tidak apa-apa'. Tapi saya tahu saya masih punya mimpi ini itu. Saat ini, saya terima. Saya cool down melakukan me time. Setelah itu, saya bilang ke diri sendiri 'udah me time, mari kita kejar mimpi lagi'. Karena kalau kita tidak acknowledge, maksa-maksa, kita bisa breakdown," kata Fransiska Oei.

Pilihan Editor: Rumus Work Life Balance ala Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."