Rumus Work Life Balance ala Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Direktur Keuangan Bank Central Asia (BCA) Vera Eve Lim. Foto: CANTIKA/Sukarnin-oton

Direktur Keuangan Bank Central Asia (BCA) Vera Eve Lim. Foto: CANTIKA/Sukarnin-oton

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDirektur Keuangan BCA, Vera Eve Lim, mengatakan setiap orang punya tantangan dalam manajemen waktu. Dia pun mengamini bahwa manusia masa kini waktunya banyak tersita oleh telepon pintar.

Tidak terasa, orang bisa melihat media sosial berjam-jam. Bahkan saat sedang antre atau berada di lift, orang memanfaatkan untuk menatap layar telepon.

“Tanpa sadar, kita banyak menghabiskan waktu untuk gadget. Akhirnya waktu untuk belajar, untuk diri sendiri, tersita. Bukan berarti lihat social media, Anda tidak belajar. Tapi kita mesti memilah informasi yang bagus dan membangun,” tutur Vera kepada Cantika di Menara BCA, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta, Jumat, 19 April 2024.

Vera menjelaskan perempuan perlu membangun diri dengan cara menggali ilmu baru menurutnya. Misalnya, mencari ilmu tentang pemasaran, atau jika tertarik dengan leadership (kepemimpinan), enterpreneur (wirausaha), dan teknologi, bisa belajar hal tersebut.

Work life balance (membagi antara tanggung jawab pekerjaan dan kehidupan pribadi), menurut Vera, adalah bagaimana cara kita menginvestasikan waktu. “Balance (seimbang) itu, di mana kita mau investasikan waktu. Saat di kantor, investasilah untuk kerja di kantor, karena waktu kantor kan ada batas,” tutur perempuan yang berkecimpung di dunia perbankan sejak 1990 ini.

Agar pekerjaan bisa efektif dan produktif, Vera menyarankan agar kita membuat rencana. “Mau level apa pun mesti ada rencana, planning apa yang mau dikerjakan, memperhatikan proses kerja, dan sebagainya.”

Menurut dia, cara ini bisa menghindarkan kita dari kerja lembur. Dia bahkan mengandalkan teknologi untuk pekerjaannya bersama karyawan agar pekerjaan cepat selesai.

“Agar karyawannya bisa belajar ilmu baru, kalau enggak, waktunya dihabiskan hanya itu (bekerja). Itu juga bagian dari manajemen waktu. Improve prosesnya sehingga waktu kerja ya kerja, setelah itu, atur lagi waktu untuk yang lain,” ujar Vera. 

Dia pun mengatakan, saat di rumah atau di luar jam kerja, seseorang juga perlu meluangkan waktu untuk olahraga, hobi, serta kegiatan sosial. Manusia, kata dia, tidak mungkin sendiri terus. Bahkan dia tidak hanya berteman dengan sesama bankir di perusahaannya melainkan bergaul dengan bankir bank lain.

Menurut Vera, life balance juga berarti kita harus mengatur waktu sesuai porsi dan kondisi masing-masing. “Kalau memang masih keluarga muda, keluarga jangan ditinggal. Utamakanlah keluarga dulu. Nah, kalau sudah melewati masa itu, masih (ada waktu) belajar dan hobi.”

Vera juga mengingatkan agar perempuan harus menjadi dirinya sendiri dan percaya diri. Tidak ikut-ikutan hobi orang lain, sementara dirinya masih memiliki prioritas yang lain.

Believe on yourself, semua orang punya kekuatan. Kita bisa jadi diri sendiri, takarannya bukan uang. Takaran keberhasilan kita menurut saya, kalau bisa berkontribusi buat tempat kerja kita, keluarga, dan sosial. Eksistensi kita bisa ada value-nya,” tutur Vera Eve Lim.

Pilihan Editor: Hari Kartini, Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim: Terus Belajar, Kunci untuk Maju

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."