Tips Mengobati Jerawat Secara Alami dengan Lidah Buaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaLidah buaya adalah tanaman yang telah digunakan secara tradisional untuk mengobati banyak masalah kulit. Ini adalah tanaman sukulen yang memiliki daun berisi pulp. Bubur ini digunakan untuk membuat gel atau bahkan langsung dioleskan ke kulit. Menggunakan lidah buaya untuk masalah jerawat sudah cukup umum. Itu juga telah digunakan untuk merawat kulit dengan luka bakar atau iritasi. Gel lidah buaya mengandung sifat antibakteri yang menjadikannya pilihan populer untuk mengobati jerawat. 

Jerawat adalah masalah yang mungkin dihadapi sebagian besar dari kita di beberapa titik dalam hidup kita. Sebagian besar dari kita kemudian dapat mencari pengobatan rumahan untuk mengatasi jerawat tingkat ringan atau sedang. Menggunakan lidah buaya adalah salah satu tips mengobati jerawat ala rumahan yang populer. Studi yang dilakukan pada penggunaan lidah buaya bersama obat jerawat tradisional telah menunjukkan hasil yang menjanjikan

Lidah buaya mengandung asam lemak dan gula karena memiliki sifat anti-inflamasi. Ini membantu mencegah jerawat. Jadi jika Anda memiliki pertanyaan “Apakah lidah buaya membantu mengatasi jerawat?”, jawabannya jelas ya. Lidah buaya mengurangi pembengkakan dan karenanya bila dioleskan pada jerawat atau jerawat dapat membantu mengurangi nyeri dan nyeri. Lidah buaya juga dapat membantu Anda menyembuhkan noda jerawat.

Manfaat gel lidah buaya 

Gel lidah buaya murni mengandung sekitar 75 bahan aktif, antara lain asam amino, vitamin, mineral, saponin, asam salisilat, dan lignin. Lidah buaya juga mengandung mineral seperti seng dan asam amino yang melembutkan kulit dan mengencangkan pori-pori kulit sehingga membuat kulit bebas kerut. 

Lidah buaya juga dapat membantu menyembuhkan bekas luka dan luka lebih cepat karena sifatnya yang menenangkan. Ini meningkatkan sintesis kolagen dan membuat kulit Anda sembuh lebih cepat. Karena karakteristik ini, ini adalah pilihan untuk merawat bekas jerawat dan noda. Selain itu, ia juga dikenal dapat melembabkan kulit Anda dan menjaganya tetap lembab.

Selain itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan sifat anti jerawat dari bahan lainnya. Menurut sebuah penelitian, gel lidah buaya dapat secara efektif meningkatkan sifat anti jerawat minyak Ocimum, dan memberikan hasil yang lebih baik untuk pengobatan acne vulgaris.

Manfaat lidah buaya untuk jerawat

Lidah buaya mengandung sifat anti-bakteri yang membantu mengendalikan dan menghilangkan bakteri penghasil jerawat. Anda juga dapat menggunakan gel atau krim lidah buaya murni alih-alih menggunakan pembersih tradisional untuk mencegah berjerawat.

Studi lain yang dilakukan di Universitas Sassari di Italia melihat kemanjuran penggunaan kombinasi lidah buaya, minyak pohon teh, dan propolis dalam pengobatan lesi jerawat. Kelompok lain menggunakan krim eritromisin sebagai bentuk pengobatan untuk dapat membuat perbandingan. 

Hasilnya menunjukkan lidah buaya bekerja sangat baik dalam mengurangi jerawat, jumlah lesi, dan bekas luka eritema. Oleh karena itu Anda dapat menerapkan lidah buaya pada bekas jerawat secara topikal untuk hasil yang baik.

Anda juga dapat mencoba menggunakan gel lidah buaya pada kulit Anda untuk mengatasi wabah dan jerawat karena dapat mengencangkan pori-pori kulit dan membantu mengontrol sebum. Menggunakan gel lidah buaya secara topikal biasanya aman, tetapi sebaiknya lakukan uji tempel sebelum menggunakannya secara luas.

Pilihan Editor: Tips Mengobati Jerawat Bukan dengan Menutup Pakai Concealer

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."