Catat, Berikut 10 Pertanyaan Umum saat Wawancara Visa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi visa (pixabay.com)

ilustrasi visa (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengajuan visa salah satu syarat untuk perjalanan ke luar negeri. Dan, wawancara visa salah satu proses penentunya, setelah melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan persyaratan lainnya. Wawancara adalah langkah penting dan menentukan untuk mendapatkan visa. 

Beberapa orang merasa gugup karena belum siap. Biasanya petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk menentukan kelayakan mendapatkan visa. Jenis pertanyaannya pun dapat berbeda tergantung pada jenis visa yang diajukan dan negara tujuan perjalanan.

Baca Juga:

Berikut ini 10 pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat wawancara visa

1. Tujuan perjalanan

Ini adalah pertanyaan umum yang ditanyakan oleh petugas visa. Namun bersiaplah untuk menyiapkan jawabannya. Jelaskan secara rinci alasan harus bepergian ke negara tertentu. Selain itu beri tahu juga petugas mengenai rencana kegiatan selama berkunjung ke negara tersebut.

2. Berapa lama untuk tinggal

Pertanyaan berikutnya yang mungkin ditanyakan adalah beberapa lama di negara tersebut. Jawabannya harus sesuai dengan durasi yang ditentukan dalam permohonan visa dan dokumen pendukung Anda.

3. Akomodasi

Baca Juga:

Bersiaplah dengan semua rincian akomodasi. Petugas mungkin menanyakan di mana rencana tinggal di negara yang dituju. Bisa dengan memberikan reservasi hotel atau jika akan tinggal dengan teman dan saudara, berikan alamatnya.

4. Riwayat perjalanan

Pertanyaan berikutnya yang harus diperkirakan adalah tentang riwayat perjalanan sebelumnya. Jelaskan semua detail tentang perjalanan yang pernah dilakukan secara akurat dan jujur.

5. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan dan jaminan kesehatan untuk perjalanan hal yang sama pentingnya. Jadi bersiaplah untuk memberikan informasi tentang polis asuransi kesehatan dan kondisi medis apa pun yang mungkin dimiliki.

6. Kemampuan keuangan

Petugas visa mungkin juga menanyakan tentang rekening bank atau kondisi keuangan. Ini karena petugas ingin tahu bagaimana rencana anggaran perjalanan. Bersiaplah dengan semua informasi tentang pendapatan dan tabungan. Sebutkan juga jika memiliki dukungan finansial atau sponsor.

7. Status pekerjaan

Siap-siap juga jika petugas menanyakan status pekerjaan. Mereka juga ingin mengetahui pekerjaan, perusahaan, dan gaji. Jika wiraswasta atau pekerja lepas, bersiaplah dengan slip pembayaran dan dokumentasi lainnya untuk mendukung informasi tentang penghasilan.

8. Pengetahuan tentang negara yang dikunjungi

Sebelum melakukan wawancara visa, kenali negara yang akan dikunjungi. Petugas mungkin mengajukan pertanyaan yang menguji pengetahuan tentang negara tersebut, seperti budaya, adat istiadat, dan tempat wisata. Jadi disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu.

9. Keluarga

Selain itu, petugas mungkin juga ingin mengetahui tentang rumah dan ikatan keluarga. Hal ini  untuk memahami bagaimana rencana setelah kembali dari perjalanan.  Jadi bersiaplah untuk mendiskusikan keluarga, pekerjaan, atau properti .

10. Catatan kriminal

Terakhir, jangan tersinggung jika petugas menanyakan apakah memiliki catatan kriminal. Mereka mungkin ingin tahu tentang riwayat kriminal atau apakah Anda memiliki masalah hukum. Bersiaplah untuk mengungkapkan informasi relevan apa pun beserta semua dokumentasinya.

Semoga ulasan beberapa pertanyaan umum yang kerap muncul saat wawawancara visa bisa membantu, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 

NIA PRATIWI | TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."