Sabun Cair atau Sabun Batang, Mana Lebih Baik untuk Perawatan Kulit?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mandi. Freepik.com

Ilustrasi mandi. Freepik.com

IKLAN

Penggunaan Sabun Cair atau Sabun Batang

Jika kulit Anda sensitif atau mudah iritasi, Anda mungkin lebih cenderung menggunakan sabun batang. Dokter Goldbach mengatakan bahwa sabun batang biasanya tidak mengandung bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, sehingga risiko alergi lebih kecil.

Jika kulit Anda sangat kering atau Anda merasa kulit Anda terasa kencang, bersisik, kasar, atau gatal, sabun cair mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sabun cair cenderung lebih melembapkan dan menenangkan kulit. Produk ini sering kali menjadi pilihan tepat bagi orang-orang dengan kondisi kronis seperti eksim atau jerawat karena produk ini dapat diformulasikan dengan bahan aktif dan ampuh untuk membantu mengurangi masalah tersebut.

Bahan yang Harus Ada dan Dihindari dalam Sabun

Hampir semua jenis kulit bisa mendapatkan manfaat dari sabun c airdan sabun batang yang terbuat dari bahan-bahan seperti ceramide, gliserin, dan minyak seperti alpukat, argan, dan kelapa. Bahan-bahan ini membantu mengunci kelembapan, memungkinkan Anda membersihkan kulit tanpa mengganggu fungsi pelindungnya. Jika Anda ingin mengelupas kulit mati, carilah formula lembut dengan bahan pengelupas kulit seperti asam laktat atau salisilat.

Baik Anda menggunakan sabun batang atau sabun cair jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari formula yang mengandung pewangi.

Triclosan, suatu antimikroba, adalah bahan lain yang harus dihindari, karena dapat menyebabkan iritasi dan dapat menimbulkan risiko kesehatan. Meskipun bahan ini tidak lagi diperbolehkan pada sabun yang dijual bebas di Amerika Serikat, Anda masih dapat menemukannya di beberapa produk internasional dan sabun jenis industri.

Dokter Goldbach mengatakan Anda juga sebaiknya menghindari produk dengan antibakteri yang keras. Bahan ini dapat mengurangi jumlah bakteri sehat pada kulit Anda dan membuatnya terasa terkelupas.

Kesimpulannya, sabun cair atau sabun batang adalah dua produk perawatan tubuh ampuh yang membersihkan dan menyegarkan kulit kita. Meskipun memiliki tujuan yang sama, namun format dan formulasinya berbeda. Menurut para ahli kulit, ada kalanya salah satu lebih cocok dibandingkan yang lain. Misalnya, jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, sabun batang mungkin merupakan pilihan terbaik, karena sering kali bahannya lebih sedikit dan biasanya tidak mengandung bahan iritan. Jika Anda mencari formula yang lebih tepat sasaran (untuk kulit kering atau pengelupasan kulit, misalnya), gunakan sabun cair karena banyak produk yang mengandung bahan aktif khusus. Pada akhirnya, memutuskan antara sabun cair dan sabun batang bergantung pada jenis kulit, kekhawatiran, dan preferensi pribadi Anda.

Pilihan Editor: 7 Manfaat Sabun Susu Kambing, Pembersih yang Lembut dan Kaya Akan Nutrisi

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."