Sering Menunda Pekerjaan, Berikut 5 Cara Meningkatkan Produktivitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menunda-nunda pekerjaan bisa mengurangi produktivitas, menyebabkan tenggat waktu yang terburu-buru atau terlewat, yang berdampak pada kualitas dan kinerja pekerjaan. Penundaan juga dapat mengganggu kelancaran pekerjaan, yang dapat menyebabkan perasaan stres dan kecemasan yang berlebihan. Jika hal itu tengah Anda alami, berikut cara meningkatkan produktivitas untuk menangkal bibit-bibit menunda pekerjaan.

1. Terapkan metode dua menit

Metode dua menit adalah aturan sederhana yang menganjurkan jika ada tugas yang perlu Anda selesaikan, dan penyelesaiannya membutuhkan waktu kurang dari dua menit, Anda harus melakukannya pada saat itu juga, bukan menunggu atau menundanya.

Tugas kecil seperti mengirim atau membalas email dapat dilakukan dengan cepat. Latihan ini bisa sangat bermanfaat dan dapat membuat Anda menjadi sangat produktif dalam pekerjaan. Ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas dengan cepat, sehingga mencegah Anda menunda-nunda dan membiarkan pekerjaan menumpuk.

2. Manfaatkan musik 

Anda perlu memiliki daftar putar lagu atau playlist yang disesuaikan untuk tempat kerja Anda. Mendengarkan musik sambil bekerja dapat mengurangi stres dan langsung meningkatkan suasana hati sehingga Anda merasa energik dan termotivasi. Musik juga dapat membantu Anda fokus lebih baik dengan mengurangi gangguan di sekitar Anda.

Saat suasana hati sedang baik, Anda cenderung bekerja lebih efisien dan lebih cepat. Musik dan lagu juga dapat menenangkan pikiran Anda, sehingga lebih mudah berkonsentrasi pada tugas. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai jenis lagu dan genre untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda.

3. Fokus di jam-jam produktif

Metode ini mengacu pada jam-jam dalam sehari di mana Anda dapat sepenuhnya fokus pada pekerjaan dan mencoba menyelesaikan sebagian besar pekerjaan Anda saat ini tanpa terganggu oleh apa pun atau siapa pun. Jam-jam ini adalah jam paling produktif dalam sehari Anda. Anda dapat mengamati diri sendiri selama beberapa hari untuk mengetahui jam berapa yang paling cocok untuk Anda.

Beberapa orang bekerja paling baik di pagi hari ketika mereka masih segar dan beberapa orang bekerja lebih lambat ketika mereka sudah bisa beradaptasi dengan baik. Metode Power Hours adalah tentang menetapkan waktu khusus untuk bekerja dan menyelesaikan sebagian besar pekerjaan pada waktu itu.

4. Menghargai diri sendiri

Saat Anda menyelesaikan tugas sulit yang awalnya tidak ingin Anda lakukan atau ingin menghindari atau menundanya, Anda dapat memberi penghargaan pada diri sendiri dengan mengatakan pada diri sendiri hal-hal seperti “pekerjaan bagus” atau “selesai dengan baik”. Ini akan langsung membuat Anda merasakan peningkatan kekuatan.

Anda juga dapat menghadiahi diri sendiri dengan istirahat sejenak sambil minum kopi atau teh, menikmati makanan favorit, mengobrol dengan teman di tempat kerja selama beberapa menit, meluangkan sedikit waktu untuk membaca buku, mendengarkan lagu favorit, atau aktivitas lain yang Anda sukai.

Memberi diri Anda sedikit penghargaan akan mendorong perilaku positif dan menyayangi diri sendiri yang penting untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

5. Memvisualisasikan keberhasilan

Ini adalah teknik hebat di mana pada awal hari, Anda harus membayangkan diri Anda menyelesaikan semua tugas secara efisien. Saat Anda membayangkan melakukan hal ini, pikiran Anda langsung berubah ke keadaan positif dan meningkatkan kepercayaan diri serta motivasi Anda.

Langkah ini juga membantu Anda merasakan energi dan antusiasme tersebut, sehingga ketika Anda mulai bekerja, Anda memiliki pola pikir positif yang akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal di hari itu.

Semoga cara meningkatkan produktivitas kerja di atas bisa membantu.

Pilihan Editor: Ketahui 6 Ciri Orang Produktif

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."