Ketahui 6 Ciri Orang Produktif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu ciri orang produktif adalah memiliki manajemen waktu yang baik. Mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak mendukung tujuan mereka. Ingatlah, produktivitas adalah keterampilan yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu dengan latihan dan dedikasi yang konsisten. Berikut ini ciri orang produktif yang perlu kamu ketahui.

1. Memprioritaskan Perawatan Diri

Orang yang produktif akan memahami pentingnya merawat diri mereka sendiri. Mereka meluangkan waktu untuk berolahraga, memenuhi gizi yang tepat, dan tidur yang cukup. Mereka juga beristirahat ketika merasa lelah. Mereka juga menyadari perlunya melakukan aktivitas yang membuat mereka senang dan rileks.

2. Fokus dengan Pencapaian

Orang-orang ini memiliki tujuan yang jelas dan spesifik dalam pikirannya, juga cukup bertekad untuk mencapainya. Mereka memecah tujuan mereka menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan mudah dikelola serta tetap fokus pada hasil akhirnya. Ini adalah cara mereka menghadapi tujuan yang sangat besar dan sungguh mengagumkan cara mereka menangani ekspektasi profesional dan pribadi mereka.

3. Manajemen Waktu Baik

Orang yang produktif memahami nilai waktu dan menggunakannya dengan bijak. Mereka memprioritaskan tugas-tugas mereka dan menghilangkan semua jenis gangguan untuk memaksimalkan produktivitas mereka.

Mereka fokus untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan juga sangat yakin di mana mereka harus menghabiskan waktu mereka dan di mana tidak.

4. Bicara Positif kepada Diri Sendiri

Orang produktif memahami kekuatan pikiran mereka dan menggunakan pembicaraan diri yang positif untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Mereka mencoba untuk menjaga diri mereka tetap termotivasi untuk fokus pada kekuatan mereka.

Mereka juga membiasakan diri untuk merayakan pencapaian mereka ketimbang memikirkan kesalahan atau kekurangan mereka.

5. Tak Menghindar dari Rintangan

Orang produktif dan bermental kuat memahami bahwa tantangan adalah peluang untuk tumbuh dan belajar. Mereka tidak menghindar dari tugas-tugas yang sulit atau kemunduran, melainkan melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan ketahanan dan keterampilan memecahkan masalah. Dorongan mereka untuk mengatasi masalah membuat mereka kuat secara mental dan dihormati oleh orang lain.

6. Meminta Pertolongan jika Membutuhkan

Orang produktif memahami bahwa meminta bantuan adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan. Mereka tidak ragu untuk meminta bimbingan dan dukungan dari mentor, pelatih, atau rekan kerja mereka, bahkan jika itu hanya berupa dukungan kecil.

Pilihan Editor: Ketahui Detoks Dopamin, Bikin Kegiatan Menjadi Lebih Produktif

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."