6 Tips Persiapan untuk Tes IELTS Sebagai Syarat Beasiswa Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

Ilustrasi mahasiswa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Memilih tempat studi impian dan tujuan studi Anda salah satunya dengan beasiswa luar negeri tentunya menarik, akan tetapi apakah Anda sepenuhnya sudah siap untuk ujian IELTS?

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa ini hanyalah tes bahasa Inggris, IELTS jauh lebih dari itu! Memahami cara mempersiapkan IELTS sangat penting karena akan menilai kemampuan bahasa Anda melalui empat bagian tes yakni, Mendengarkan (Listening), Menulis (Writing), Membaca (Reading), dan Berbicara (Speaking)

Apakah Anda yakin dengan persiapan Anda untuk menjalani tes IELTS, atau Anda ingin mengetahui tipsnya, simak tips persiapan tes IELTS untuk membantu Anda menjalani tes berikut ini. 

Tips 1: Mengetahui Format Tes

Mengetahui format tes tidak hanya penting untuk memahami cara mempersiapkannya, tetapi juga membantu menenangkan diri Anda sebelum menjalani tes.

Dengan empat bagian tes yang berbeda, terdapat berbagai aspek yang perlu Anda ketahui. Memahami berbagai jenis pertanyaan dan tugas yang dibutuhkan, akan memungkinkan Anda menyusun strategi bagaimana mengalokasikan waktu Anda dan memberi perhatian ekstra pada bidang kelemahan Anda ketika tes IELTS berjalan.

Jika Anda berencana untuk mengambil tes IELTS berbasis komputer, mencoba berlatih menggunakan contoh tes IELTS gratis patut Anda coba, sebagai persiapan jelang tes IELTS yang sesungguhnya.

Tips 2: Berlatih Membaca Berbagai Topik Dalam Format Bahasa Inggris

Berlatih membaca dari TED Talks di YouTube hingga artikel majalah dan artikel berita online, penting juga untuk mengetahui berbagai topik yang meliputi, acara terkini dan topik populer seperti sejarah, bisnis, dan gaya hidup.

Tips 3: Memiliki Harapan Atas Hasil Tes

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri salah satunya dengan memiliki harapan atas hasil tes yang akan dijalani. Khusus untuk peserta tes yang memilih IELTS yang berbasis komputer, terbiasa dengan contoh tes adalah alat pendukung yang berharga. Terlebih lagi, ini gratis dan Anda dapat melakukannya dengan nyaman di rumah Anda sendiri! Anda juga mungkin perlu mengetahui bagaimana sistem penilaian tes IELTS untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri.

Tips 4: Berlatih Berbicara Secara Alami

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk berlatih berbicara sendiri untuk persiapan tes IELTS bagian speaking, kami sarankan jangan pernah melakukannya! Ini mungkin dianggap tidak wajar dan akan membuat Anda melakukan lebih banyak kesalahan, belum lagi merasa lebih gugup dalam prosesnya.

Yang lebih baik adalah berlatih berbicara secara alami bersama keluarga atau teman mengenai berbagai topik. Berlatih berbicara dengan mereka menggunakan bahasa Inggris, merupakan cara belajar untuk membiarkan percakapan mengalir secara alami.

Anda tidak perlu menjadi ahli dalam sebuah topik yang ditugaskan kepada Anda. Penguji Anda akan menilai kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan lancar dan koheren.

Tips 5: Bangun Kosa Katamu Sendiri dan Berlatihlah Menulis

Menempatkan kata-kata yang tepat ke dalam konteks yang tepat adalah kunci ketika sampai pada bagian Menulis (Writing). Satu langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan Anda menggunakan kata-kata yang tepat adalah meningkatkan kosa kata Anda.

Untuk meningkatkan kosa kata Anda, mulailah membaca sebanyak mungkin untuk memperkaya diri Anda pada sebanyak mungkin kata. Perhatikan kata-kata yang tidak Anda ketahui tetapi hindari menghabiskan terlalu banyak waktu mempelajari kata-kata yang mungkin terlalu khusus.

Saat mempelajari kosa kata baru, ambil kesempatan ini untuk menulis dan membentuk kalimat secara konsisten dengan jumlah kata yang diperlukan untuk tes IELTS. Ini akan membantu meningkatkan kecepatan menulis Anda dan memastikan jawaban Anda tetap berada dalam zona jumlah kata yang diperlukan.

Tips 6: Latih Kemampuan Mendengarkan (Listening) Anda

Untuk mempersiapkan bagian mendengarkan (Listening), berlatihlah bersama seorang teman dan bacalah bagian-bagian dari buku atau majalah (lebih disukai tentang hal-hal terkini). Kemudian ajak teman Anda untuk mengajukan pertanyaan dari bacaan tersebut, untuk Anda jawab sesuai kemampuan Anda.

Untuk berlatih dengan maksimal, mulailah bangun pagi untuk menonton/mendengarkan berita pagi berbahasa Inggris. Kemudian, akhiri dengan menonton/mendengarkan berita malam berbahasa Inggris, untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda dan memperhatikan fakta-fakta yang disampaikan oleh penyiar.

Tips bonus: Terus Berlatih Agar Sempurna

Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci kesuksesan, dari meningkatkan kosa kata Anda melalui membaca hingga menuliskan kalimat, berlatih setiap hari dan mempelajari tips persiapan tes IELTS sebelum ujian merupakan persiapan terbaik yang dapat Anda lakukan.

Sudah siap berburu informasi beasiswa luar negeri dengan berlatih IELTS?

Pilihan Editor: Beasiswa Luar Negeri ke Irlandia, Dapat Biaya Hidup dan Kuliah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."