Mengenal Bandara Hamad Doha di Qatar, Ada Toko Barang Mewah dan Hutan Tropis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Hamad International Airport atau Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar. Instagram.com/@hiaqatar

Hamad International Airport atau Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar. Instagram.com/@hiaqatar

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBandara Hamad Doha di Qatar dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia Skytrax. Penghargaan ini disebut sebagai Oscar di industri penerbangan.

Bandara Internasional Hamad dan Bandara Changi Singapura bersaing untuk merebut tempat teratas. Tahun ini, Bandara Internasional Hamad Doha ini naik satu tingkat untuk merebut mahkota, menyingkirkan Bandara Changi yang merupakan pemenang 12 kali tersebut dari posisi teratas.

Luasnya 75 kali lapangan sepakbola

Bandara Hamad ini terbilang luas, yakni 600.000 meter persegi atau setara dengan 75 lapangan sepak bola, dan membentang di sepertiga kota. Namun, melewati bandara raksasa ini sangatlah mudah karena skema e-Paspor yang sudah berjalan lama. Skema ini memungkinkan penumpang melewati pemeriksaan keamanan hanya dalam sepuluh menit.

Selain kecepatannya, bandara ini juga menawarkan tempat yang menyenangkan bagi penumpang yang ingin meluangkan waktu ekstra untuk berada di bandara sebelum penerbangan mereka. Hamad memiliki reputasi bersih dan berkilau bahkan pada saat-saat paling sibuk sekalipun.

Tidak ada pengumuman melalui pengeras suara di bandara, yang berarti bandara ini mempertahankan suasana damai dan tenang yang menjadi ciri silent airport

Pengunjung menikmati pemandangan perluasan terminal concourse pusat baru di Bandara Internasional Hamad menjelang Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, 10 November 2022. Setelah perombakan multi-miliar dolar, bandara akan menambah kapasitasnya dari 40 juta penumpang per tahun menjadi 58 juta. REUTERS/Hamad I Mohammed

Desain menyerupai gelombang

Secara bentuk, bandara ini dirancang seperti gelombang untuk mencerminkan laut di luarnya. Sebagian besar lahan bandara ini merupakan hasil reklamasi. 

Di seberang terminal terdapat karya seni yang aneh dan menarik perhatian untuk menghibur para tamu yang menunggu, seperti beruang kuning berukuran sangat besar yang tergeletak di atas alas dengan kap lampu di kepalanya.

Toko barang mewah

Selain toko-toko mewah seperti Burberry, Gucci, Rolex dan Swarovski, terdapat kursi kulit yang nyaman untuk para tamu bersantai setelah liburan yang melelahkan. Bagi mereka yang membutuhkan sedikit bantuan, tersedia layanan dari pintu ke pintu. Seorang anggota staf dapat mengantar tamu dari pintu masuk terminal hingga naik pesawat.

Bandara Internasional Hamad Doha juga memiliki sebuah kolam renang sepanjang 25 meter, peralatan olahraga, dua lapangan squash, perawatan hidroterapi dan spa, dan banyak peralatan lagi yang bisa digunakan. Fasilitas olahraga ini terhubung dengan Oryx Hotel HIA. Penumpang di kelas bisnis atau firts class dapat menggunakan lounge Al Mourjan, yang luasnya 10.000 meter persegi dan dilengkapi dengan restoran formal dan bar mewah.

Bandara Hamad Doha mengalami perombakan besar-besaran jelang Piala Dunia 2022 dengan pembangunan taman tropis dalam ruangan seluas 10.000 meter persegi, yang dikenal sebagai The Orchard. Taman ini menyediakan tempat yang rindang dan tenang untuk bersantai.

Pilihan Editor: Menelusuri Souq Waqif, Pasar Tertua di Doha

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."