Menelusuri Souq Waqif, Pasar Tertua di Doha

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Suasana pasar tertua di Doha, Souq Waqif. ANTARA/Fitra Ashari

Suasana pasar tertua di Doha, Souq Waqif. ANTARA/Fitra Ashari

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila kamu berencana liburan akhir tahun di Doha, ibu kota Qatar, sempatkan menelusuri Souq Waqif. Pasar tertua di Doha itu memiliki ciri khas bangunan-bangunan Arab bernuansa kecoklatan dan terdapat gang-gang kecil di dalamnya.

Di sana Anda bisa menemui berbagai jenis oleh-oleh maupun kebutuhan rumah tangga seperti cenderamata, gantungan kunci, baju abaya, pajangan buatan tangan, karpet, coklat hingga teko-teko cantik.

Anda juga diperbolehkan melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga terbaik untuk barang incaran Anda.

Selain berbelanja, Anda juga bisa mempercantik kuku dengan henna atau pacar kuku khas warga Timur Tengah. Henna terbuat dari bahan alami, yaitu tumbuh-tumbuhan sehingga hampir bisa dipastikan tidak akan memicu reaksi alergi. Anda bisa mendapatkan tato henna ini seharga15 Qatar Riyal.

Suasana pasar tertua di Doha, Souq Waqif. ANTARA/Fitra Ashari

Baca Juga:

Untuk kain atau baju abaya harga yang ditawarkan oleh penjual rata-rata berkisar 90 sampai 120 Qatar Riyal.

Sementara untuk cenderamata seperti gantungan kunci dan tempelan kulkas Anda bisa mendapatkannya dengan harga 10-15 Qatar Riyal.

Untuk barang-barang handmade atau pajangan buatan tangan biasanya penjual akan mematok harga yang sedikit lebih mahal. Misalnya pajangan dari tanah liat buatan tangan mereka menawarkan dengan harga 40-100 Qatar Riyal, dan tas tangan kecil dengan motif manik-manik atau rajutan Anda bisa mendapatkannya dengan harga 40-60 Qatar Riyal untuk satu buah.

Selain berbelanja, Anda juga bisa melihat banyak restoran ataupun pedagang kaki lima di sekitar Souq Waqif.

Dalam restoran biasanya warga Qatar menikmati malam untuk sekadar nongkrong atau berbincang sambil merokok khas Arab, Shisha.

Anda juga bisa mencicipi beberapa kudapan tradisional Qatar yang dijual di sekitar pasar seperti Ragag yaitu roti kering yang bisa diisi dengan selai coklat, keju ataupun telur seharga 15 Qatar Riyal.

Suasana pasar tertua di Doha, Souq Waqif. ANTARA/Fitra Ashari

Souq Waqif dibuka mulai pukul 12 siang dan tutup sekitar jam 3 atau 4 subuh. Beberapa pedagang juga akan menutup tokonya sejenak jika sudah memasuki waktu salat dan buka kembali setelahnya.

Biasanya warga sekitar akan datang menjelang sore hari karena saat siang cuaca cukup panas.

Jika lelah Anda bisa bersantai di bangku-bangku yang jumlahnya cukup banyak, yang tersedia di lahan luas di depan pasar.

Bagi yang mengendarai mobil juga tidak perlu khawatir, karena Souq Waqif menyediakan lahan parkir di bawahnya yang cukup banyak dan tertata.

Bagi wisatawan asing, di Souq Waqif juga tersedia tempat penukaran uang dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jika anda membutuhkannya. Oiya, pasar ini akan menjadi sangat ramai setiap hari Kamis mulai dari sore hari, jadi wisatawan bisa memperkirakan waktu jika tidak ingin berdesakkan.

Pilihan Editor: Cerita di Balik Nama Roti Unyil Khas Kota Bogor

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."