Libur Lebaran, Nikmati Suasana Pulau Dewata di Kedai Kopi Hidden Gems Jiwan Coffee & Things

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Jiwan Coffee & Things Cibubur yang terletak di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Jiwan Coffee & Things Cibubur yang terletak di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Sahabat CANTIKA yang tidak mudik Lebaran, bagaimana kalau mengunjungi destinasi wisata yang berada dekat dengan tempat tinggal kallian. Kali ini CANTIKA Review berkesempatan mengunjungi  salah satu hidden gems kedai kopi, tepatnya di Jiwan Coffee & Things Cibubur. Meski namanya ada embel-embel Cibubur, tapi percayalah jika kedai kopi bernuansa Pulau Dewata ini secara administratif terletak di Kranggan, Jatisampurna, Bekasi masuk di Jalan Raya Kalimanggis nomor 52.

Begitu sampai pengunjung langsung merasakan atmosfer teduh dengan konsep bangunan unfinished berpadu vintage yang terlihat dari dekorasinya didominasi kayu-kayu klasik. Mulai dari lantai, pintu masuk, kursi di bagian luar hingga sampai ke halaman belakang. Begitu masuk kalian bisa langsung memesan di kasir atau mencari tempat nyaman, barista yang akan menghampiri. 

Awalnya CANTIKA mengira jika area kedai kopi hanya sebatas bagian depan saja, khususnya spot kursi dan meja yang dilengkapi deretan rak buku bertengger manis di sudut ruangan. Namun, saat jalan ke belakang, setelah melewati musala berjalan di antara rindangnya pepohonan maka pengunjung akan sampai ke halaman luar yang dilengkapi sejuknya kolam renang. 

Salah satu sudut indoor di Jiwan Coffee & Things dengan dekorasi klasik yang dilengkapi rak buku/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Di sisi kolam renang terdapat rest room, beberapa kursi meja di pinggirnya, dan terdapat gazebo panjang yang berisi beberapa area meja kursi untuk bersantai sambil menikmati kolam. Sayangnya, karena masih momen Lebaran tidak semua karyawan masuk maka terdapat daun-daun jatuh berserakan di pinggiran kolam renang dan airnya. 

Menurut Manajer Jiwan Coffee & Things, Noorzi awalnya kedai kopi yang telah memiliki lima cabang seperti di Cirebon dan Bandung ini dibangun bagi mereka yang hanya ingin menyeruput kopi khas Indonesia, khususnya Bali, sebab sang pemilik memang berasal dari Bali. Merujuk namanya sendiri Jiwan artinya Jiwa. 

"Memang desainnya sengaja dikonsep seperti di Bali, jadi banyak terinspirasi dari sana juga termasuk ada kolam renangnya. Sudah gitu kalau ke sini suka pada bingung karena lokasinya berada setelah perumahan, kalau kata anak zaman now bisa dibilang hidden gems," ucap Noorzi kepada CANTIKA. 

Lama kelamaan, karena banyak yang sering olahraga baik naik sepeda atau lari, maka kedai kopi ini pun mengabulkan keinginan pengunjung untuk menyediakan menu sarapan dan hidangan makan besar.  

Selain untuk santai dan menikmati hidangan khas, pengunjung juga bisa mengikuti kelas yoga yang diadakan di kedai kopi yang dibangun sejak 2005 ini. Lokasi studio berada tepat di samping area kolam renang. Pengunjung juga bisa naik ke tangga menuju lantai dua untuk melihat pemandangan dari atas. 

Salah satu sudut kolam renang dengan desain khas Pulau Bali di Jiwan Coffee & Things/Foto: CANTIKA: Ecka Pramita

Menikmati Menu Andalan di Jiwan Coffee & Things 

Dikatakan Noorzi, salah satu kopi yang menjadi best seller ialah kopi Indonesia seperti kerinci atau gayo, baik itu single origin maupun house blend sebagai secret recipes mereka. CANTIKA sendiri memesan minuman segar unik seperti Galaxy Slush yakni paduan lemon dan kembang telang, Hot Cappucino, Hot Americano, dan Oat Aren Latte. 

Minuman segar dari bunga telang, Galaxy Slush di Jiwan Coffee & Things/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Kejutannya ialah jika oat yang rasa dasarnya cenderung langu bisa berpadu legit dengan house blend buatan barista, tanpa menghilangkan rasa asli kopi sehingga after taste-nya masih berasa. Namun, diakui Noorzi di awal sempat ada komplain karena campuran oat kurang berasa, jadi pihaknya terus mencari formula agar rasanya bisa benar-benar nge-blend. 

Selain minuman, CANTIKA juga mencicipi salah satu signature dish andalannya berupa Chicken Omurice yang dengan sajian telur dadar lembut dan potongan daging sapi yang ditingkahi bumbu barbeque lembut dan juicy. "Best seller kami ada Caesar Salad, Smoothies Bowl, Tokyo Omurice, dan Fettuccini Alfredo," ucap Noorzi. 

Ragam minuman di Jiwan Coffee & Things, mulai dari racikan bunga telang hingga oat aren latte/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

So, bagi kalian yang tinggal di Cibubur atau Bekasi dan sekitarnya silakan berburu kopi dan kuliner di Jiwan Coffee & Things setelah berhari-hari makan hidangan Lebaran yang didominasi santan. Tak hanya ngopi atau menikmati hidangan andalan, kalian juga bisa baca buku, bekerja, meeting bahkan berolahraga di sini. 

Pilihan Editor: Mencicipi Cita Rasa Indonesia dan Prancis dalam Satu Gigitan Millefeuille Martabak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."