Mencicipi Cita Rasa Indonesia dan Prancis dalam Satu Gigitan Millefeuille Martabak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Menu Ramadan PAUL Le Cafe. Foto: TEMPO/Yunia Pratiwi

Menu Ramadan PAUL Le Cafe. Foto: TEMPO/Yunia Pratiwi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila Anda berencana hidangan manis untuk buka puasa di luar rumah, pertimbangkan mencicipi Millefeuille Martabak dari gerai bakery asal Prancis PAUL. Hidangan ini termasuk salah satu menu eksklusif Ramadan 2024. Seperti namanya, pastry ini memadukan gaya kuliner Prancis dan cita rasa Indonesia. Menu kreasi ini kali pertama dirilis di Paul Le Cafe Bandung untuk memikat lidah orang Bandung. 

"Kami bikin produk dengan cita rasa lokal dan yang ini (Millefeuille Martabak) paling disukai tamu di Bandung. Kami pikir rasa ini bisa cocok untuk Ramadan karena itu kami keluarkan Millefeuille Martabak," kata Marketing Manager Paul Indonesia Laura Walter, di Jakarta, Selasa, 19 Maret 2024.

"Millefeuille sangat Prancis karena tidak ada di negara yang lain, dan kami kombinasikan dengan rasa lokal dibuat millefeuille martabak," ucapnya.

Dari segi bentuk, mirip dengan martabak manis dan berwarna kecoklatan. Dalam satu gigitan terasa puff pastry yang ditumpuk, krim custard, cokelat, keju, dan potongan pisang bentuk bulat. Manisnya pas tidak membuat enek, dan ada permainan tekstur dalam satu gigitan.

Menariknya, masih menurut Laura, millefeuille dengan paduan pisang, cokelat, dan keju merupakan jenis makanan yang hampir tidak pernah ada di Perancis. Mengingat perpaduan ketiga bahan tersebut bukan dari budaya kuliner di Prancis.

Selain Millefeuille Martabak, Cantika juga mencicipi Eclair Coffee Date. Eclair berisi krim chantily, krim kopi, dan potongan kurma itu terasa manis sekali dalam satu gigitan. Jika Anda bukan penggemar hidangan manis, sebaiknya berbagi dengan keluarga atau teman saat menyantap eclair tersebut, dan pilihlah minuman hangat dengan cita rasa pahit atau hambar.

Hidangan manis lainnya yang dicicipi adalah Gula Melaka Cake. Kue pandan ini terbuat dari gula melaka, krim chantily, dan kelapa parut di bagian atas sebagai pugasan atau topping. Dalam satu potongan kecil, manis dari pastry ini terasa pas dan mengingatkan lidah dengan rasa kue klepon.

Menu hidangan utama yang disantap Cantika adalah Chicken Leg with Rice & Sambal Matah Kecap, paha ayam panggang dengan sayuran campur dan sambal kecap yang disajikan dengan nasi. Hidangan ini bisa dibilang mudah diterima lidah orang Indonesia lantaran ada permainan rasa pedas dan manis dari sambal dan pilihan protein ayam yang menjadi favorit kebanyakan dari kita.

Menu eksklusif Ramadan di PAUL Le Cafe. Foto: TEMPO/Yunia Pratiwi

Selain hidangan di atas yang dicoba Cantika, ada sederet menu lain dari Paul Indonesia di Ramadan ini seperti Date Soft Bread, roti manis yang disajikan dengan tambahan kurma dan selai kacang, Croissant Date, juga Tartelette Pisang Bolen, kulit tart manis yang diisi dengan pisang, cokelat, dan keju.

Hidangan utama lainnya adalah White Snapper Sambal Matah yang disajikan dengan sambal matah pedas, kentang tumbuk, dan salad untuk memulai hidangan. Lalu, tersedia juga Chicken Curry, ayam curry yang lezat disajikan dengan nasi.

Tersedia pula minuman dingin seperti Ice Blend Putu Mayang, minuman berbahan dasar jus pandan yang dicampur dengan santan dan gula merah, serta Ice Klepon Matcha, minuman berbahan dasar jus pandan yang dicampur dengan santan, bubuk matcha, dan gula merah. Ada pula Banana Chocolate Date Frappe, minuman dingin yang dicampur dengan pisang, kurma, dan susu.

Pilihan Editor: PAUL Buka Gerai Ketiga di Bandung, Coconut & Pandan Jelly Cake Salah Satu Menu Andalannya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."