Kupas Tuntas Beasiswa Luar Negeri ke New Zealand, Bisa Dapat Visa Pasca-studi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Eduspace

Ilustrasi beasiswa. Eduspace

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda tertarik melanjutkan studi ke luar negeri maka New Zealand bisa menjadi salah satu rujukan negara yang bisa dipilih.  Mahasiswa Indonesia bisa menemukan sejumlah peluang untuk mendapatkan beasiswa luar negeri dari universitas ternama di New Zealand.

Terdapat 8 universitas di New Zealand yang memiliki peringkat global top 500an menurut QS World University Ranking tahun 2024, menawarkan tidak hanya pendidikan berkualitas tinggi, namun juga memiliki kelas yang bisa meningkatkan pengalaman belajar. Mahasiswa tertarik belajar ke Selandia Baru karena adanya perpaduan sempurna antara biaya yang terjangkau, standar pendidikan luar biasa, dan kesempatan wisata di sepanjang Selandia Baru. 

Berbagai beasiswa tersedia baik dari universitas ataupun dari pemerintah Selandia Baru. Beasiswa yang wajib diperhatikan khusus untuk mahasiswa internasional adalah beasiswa dari Pemerintah Selandia Baru, sebuah program yang komprehensif untuk biaya pendidikan, biaya hidup, dan akomodasi, dan merintis jalan untuk petualangan pendidikan yang unggul. 

Beasiswa di New Zealand

Beasiswa berdasarkan prestasi:

Beasiswa berdasarkan prestasi menyambut keunggulan akademis, kualitas kepemimpinan, dan bakat yang unik. Mahasiswa dengan prestasi akademis yang luar biasa, ditambah dengan portofolio kegiatan ekstrakurikuler yang beragam berpotensi menjadi kandidat yang cocok untuk beasiswa ini dan juga mempermudah perjalanan mereka melalui sistem pendidikan terkemuka di New Zealand.

Beasiswa program studi: 

Beasiswa ini diberikan oleh departemen-departemen tertentu di universitas, ditujukan untuk mahasiswa yang mengejar bidang studi tertentu. Kelayakan sering ditentukan oleh jurusan yang diinginkan oleh calon mahasiswa, dengan fokus pada kecakapan akademis dan komitmen mereka terhadap ilmu yang dipilih.

Beasiswa multikultural: 

Beasiswa multikultural bertujuan untuk memperkaya komunitas kampus dengan mendukung mahasiswa dari berbagai latar belakang dan budaya. Aplikasi yang beragam, memperlihatkan pengalaman yang terkait dengan latar belakang, etnis, budaya, atau aspek keanekaragaman lainnya, serta prestasi akademis, dapat menjadi peluang untuk memperoleh beasiswa ini di Selandia Baru.

Beasiswa penelitian

Beasiswa penelitian seperti New Zealand International Doctoral Research Scholarships (NZIDRS) diberikan kepada mahasiswa yang menunjukkan potensi akademis atau penelitian yang luar biasa. Beasiswa ini memungkinkan penerima untuk fokus pada proyek penelitian mereka tanpa beban keuangan biaya kuliah.

Beasiswa pemerintah: 

Pemerintah menyediakan jalan bagi mahasiswa internasional untuk mendapatkan program sarjana dan pascasarjana di New Zealand, seperti New Zealand ASEAN Scholarships (NZAS) dan New Zealand Commonwealth Scholarships, yang dapat mengembangkan kebudayaan dan keilmuan. 

Cara mendapatkan beasiswa di New Zealand

Kriteria kelayakan untuk mahasiswa Indonesia

1. Kriteria kelayakan untuk program sarjana

- Mahasiswa harus menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas mereka, yang dianggap setara dengan tingkat ke 13 di Selandia Baru.
- Skor antara 50-60% atau lebih tinggi diperlukan sesuai dengan rentang standar penerimaan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi/universitas.
- Skor ujian kemampuan berbahasa seperti IELTS (Cek universitas untuk skor IELTS minimum).

2. Kriteria kelayakan untuk program pascasarjana

- Skor minimum 50-60% dalam studi sarjana.
- Nilai GMAT atau GRE untuk mahasiswa yang bertujuan untuk studi manajemen.
- Beberapa universitas mempertimbangkan magang dan pengalaman kerja di bidang studi terkait.
- Ujian kemampuan berbahasa Inggris seperti IELTS (Cek universitas untuk skor IELTS minimum).

3. Kriteria kelayakan untuk program MBA

- Sarjana dengan skor 70% atau lebih tinggi.
- Skor minimum dalam ujian IELTS untuk setiap modulnya (Cek universitas untuk skor IELTS minimum).
- Pengalaman kerja dan magang minimal empat hingga lima tahun di bidang terkait.
- Persyaratan dasar untuk belajar di Selandia Baru:

Bukti pendanaan untuk menunjukkan bahwa Anda mampu membiayai semua biaya pendidikan yang ada selama berkuliah, termasuk makanan dan akomodasi. Siapkan Surat Pernyataan Tujuan (SOP) untuk dikirimkan ke universitas tujuan untuk persetujuan. Anda hanya akan dapat mengajukan visa pelajar jika SOP Anda diterima Paspor dari negara asal yang berlaku setidaknya selama tiga bulan setelah menyelesaikan gelar yang diinginkan di negara itu.

Mahasiswa yang akan belajar di Selandia Baru dengan beasiswa atau pendanaan pemerintah harus menyediakan semua dokumen dan sertifikat terkait.

Proses aplikasi dan jadwal 

Di New Zealand, penerimaan mahasiswa biasanya dibuka dalam dua pilihan: Januari dan Juli. Penerimaan bulan Januari dimulai di awal tahun, dengan batas waktu pendaftaran biasanya terjadwal di bulan Agustus dan September. Sebaliknya, penerimaan bulan Juli ada pada pertengahan tahun, mengharuskan para calon mahasiswa untuk menyerahkan pendaftaran mereka sesuai batas waktu, yang biasanya ada di bulan Februari dan Maret. 

Memahami proses pendaftaran serta jadwalnya, dan memenuhi semua persyaratannya dengan cermat sangat penting untuk calon mahasiswa dari Indonesia. Menyesuaikan semua dengan panduan pendaftaran membuat prosesnya menjadi mudah, meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari Selandia Baru. 

Membuat aplikasi beasiswa yang menarik

Menyusun surat pernyataan pribadi yang kuat, menunjukkan kemampuan akademik yang signifikan dan prestasi ekstrakurikuler, dan mendapatkan rekomendasi yang bagus merupakan elemen penting yang membuat aplikasi beasiswa menarik. 

Di IDP, kami memberikan panduan komprehensif untuk para calon mahasiswa, mempermudahkan mereka melakukan pendaftaran demi impian berkuliah di Selandia Baru dengan beasiswa. Hubungi kami hari ini. 

Beasiswa berkualitas & keuntungan berkuliah di New Zealand 

Selain adanya berbagai beasiswa yang memberikan bantuan keuangan, berkuliah di Selandia Baru membawa banyak keuntungan, antara lain: Mendapatkan gelar internasional yang memberikan kesempatan untuk pekerjaan lebih baik dan mengembangkan karier. Bisa berkuliah sekaligus bekerja paruh waktu dan melakukan magang untuk mendapatkan pengalaman kerja. Mahasiswa bisa bekerja hingga 20 jam per minggunya. 

Setelah lulus dari universitas di Selandia Baru, mahasiswa bisa tetap tinggal dan bekerja di sana hingga tiga tahun dengan visa kerja pascastudi. Selandia Baru merupakan negara yang aman dan damai, peringkat kedua dari 163 negara yang termasuk dalam 2023 Global Peace Index. 

Pilihan Editor: Informasi Beasiswa Luar Negeri, Simak 5 Keuntungan Studi di Australia

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."