Informasi Beasiswa Luar Negeri, Simak 5 Keuntungan Studi di Australia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu adalah pelajar Indonesia yang tertarik mencari beasiswa luar negeri, maka pilihan kuliah di Australia bisa menjadi langkah yang tepat. Australia diketahui sebagai salah satu destinasi studi yang paling terkenal di seluruh dunia. 

Beberapa universitas terbaik di Australia dan pelajar yang ingin menjalani studi di sana akan mendapatkan banyak keuntungan dari sistem edukasi yang kokoh. Ada beragam beasiswa yang ditawarkan langsung oleh universitas dan juga pemerintahan Australia, seperti beasiswa Australia Awards Scholarship yang menanggung biaya kuliah serta biaya hidup. 

Australia juga merupakan bagian dari Universitas Group of Eight yang memiliki penelitian intensif. Universitas ini telah berkontribusi lebih dari 50 persen penelitian di Australia yang menunjukkan kualitas tokoh-tokoh pengajar yang mereka miliki. 

Mengapa memilih Australia?

Melalui latar belakang yang membentuknya, Australia telah menjadi negeri paling populer di kalangan pelajar internasional. Australia terpilih sebagai negeri destinasi terbaik bagi para pelajar yang ingin studi di luar negeri hampir setiap tahun. 

Selain menjadi rumah bagi banyak universitas unggulan, Australia juga dikenal memiliki sektor ekonomi yang kuat. Tingkat pengangguran dan laju inflasi yang rendah menjadi bukti bahwa Australia merupakan pilihan tempat yang aman untuk berkuliah. Kondisi ekonomi ini menjadi contoh dan alasan mengapa Australia adalah tempat tinggal yang aman dan nyaman, terutama untuk pelajar internasional. Menurut data dari The Economics Intelligence Unit tahun 2018, empat dari sepuluh kota paling layak tinggal di dunia berlokasi di Australia. Kota-kota ini adalah Melbourne, Adelaide, Sydney, dan Perth. 

Selain itu, institusi pendidikan di Australia juga menawarkan program studi dan jenjang yang beragam, baik untuk masyarakat lokal dan pelajar internasional. Mayoritas dari universitas ini menawarkan beasiswa kuliah di Australia untuk program sarjana atau pascasarjana. Faktanya, kamu bahkan bisa menemukan beasiswa penuh untuk program pascasarjana yang mencakup biaya kuliah, tempat tinggal, akomodasi, dan asuransi kesehatan. 

Setelah menyelesaikan studi di Australia, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sana. Ditambah, pelajar internasional diizinkan untuk bekerja sambil belajar selama 40 jam setiap dua minggu. 

Program Destination Australia

Beasiswa Australia ini diinisiasi oleh pemerintah Australia untuk membiayai pelajar domestik dan internasional yang tengah menjalani studi dan tinggal di area Australia, di mana kamu akan dapat merasakan keindahan, kekayaan, dan budaya unik Australia. Berikut semua yang perlu kamu ketahui mengenai beasiswa Destination Australia dan daftar lengkap penyedia pendidikan jenjang tinggi yang memenuhi syarat pada putaran pendanaan akhir. 

1. Program Research Training (RTP) dari pemerintah Australia

Program International Postgraduate Research Scholarship (IPRS) telah digantikan oleh administrasi individu dari universitas-universitas yang mewakili Departemen Pendidikan. Informasi lebih lanjut mengenai RTP dapat kamu baca di situs resmi mereka. 

2. Australia Awards

3. Pada tahun 2019, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) menunjukkan komitmen Australia dalam mendidik calon pemimpin masa depan dengan cara memberikan lebih dari 3.000 beasiswa Australia Awards dan kursus jangka pendek untuk pelajar dari 55 negara berkembang, dengan biaya kurang lebih 305 juta dolar. 

Australian Development Scholarships

Program bantuan pemerintah di Australia menjangkau Australian Development Scholarships (ADS) untuk Pascasarjana dan Program Doktor di universitas-universitas Australia. Bidang yang memenuhi syarat meliputi Pendidikan Dasar; Perlindungan/Kesejahteraan Sosial; Perdamaian dan Pembangunan; Pengelolaan Keuangan Publik; Pengurangan dan Pengelolaan Resiko Bencana; Adaptasi Perubahan Iklim; Pengembangan Organisasi/Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; Perdagangan; Hubungan Luar Negeri; Pandemi (Kesiapsiagaan dan Manajemen). 

Beasiswa-beasiswa ini memberikan berbagai keuntungan, termasuk persiapan keberangkatan, biaya mengurus visa, penanggungan penuh biaya kuliah, tiket pesawat, biaya tempat tinggal, biaya hidup, pengenalan program akademis, tanggungan kesehatan untuk pelajar luar negeri, bimbingan, dan bantuan untuk penelitian lapangan. 

Beasiswa berkualitas dan keuntungan berkuliah di Australia

Selain tersedianya beragam beasiswa dan kesempatan kerja, ada banyak keuntungan lain yang dapat kamu nikmati saat studi di Australia. Ini termasuk: 

1. Kualitas pendidikan dan jenjang sarjana yang diakui memberikan akses menuju kesempatan kerja yang lebih baik.

2. Izin kerja sambil belajar untuk memenuhi kebutuhan finansial. Pelajar diperbolehkan bekerja maksimum 20 jam per minggu selama satu periode sekolah dan bekerja penuh waktu saat liburan. 

3. Australia merupakan negeri yang damai, berada di ranking 13 dari 163 negara menurut 2019 Global Peace Index. 

4. Pelajar dapat tinggal dan bekerja di Australia untuk dua sampai empat tahun setelah kelulusan dengan Post-Study Work Stream Temporary Graduate Visa. 

5. Kesempatan tinggal di kota-kota metropolitan seperti Sydney dan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Pilihan Editor: Informasi Beasiswa Luar Negeri, Simak 6 Jenis Studi ke Jerman Berikut Ini

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."