Resep Opor Ayam Praktis dan Lezat untuk Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Opor ayam merupakan salah satu makanan wajib yang harus ada di perayaan Idul Fitri. Berikut resep opor ayam mudah dan enak yang bisa dibuat di rumah. Foto: Canva

Opor ayam merupakan salah satu makanan wajib yang harus ada di perayaan Idul Fitri. Berikut resep opor ayam mudah dan enak yang bisa dibuat di rumah. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Opor ayam merupakan salah satu menu hidangan wajib saat Lebaran, tak heran jika menjelang lebaran banyak masyarakat mencoba resep opor ayam. Rasanya yang gurih dan nikmat selalu berhasil bikin makan jadi lebih lahap.

Hidangan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng kentang.

Melansir dari weebly.com, makanan ini sudah ada sejak dulu bahkan dipastikan sejak zaman kerajaan dulu. Opor ayam biasa disajikan oleh masyarakat biasa yang pada waktu dulu tidak bisa makan daging. Karena daging, seperti daging sapi, dulu biasanya disuguhkan oleh keluarga kerajaan. Karena ingin menikmati hidangan serupa terciptalah opor ayam.

Hingga saat ini opor menjadi hidangan sederhana yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat. Karena rasanya yang tidak terlalu berat dan pembuatannya yang tergolong mudah menjadikan opor cocok sebagai hidangan sarapan, makan siang ataupun makan malam. 

Resep Opor Ayam Praktis

Berikut resep opor ayam lebaran ala rumahan, super enak dan praktis telah dirangkum tempo melalui Cookpad dan berbagai sumber lainnya.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung (potong-potong lalu cuci bersih)
1 buah kelapa parut
3 lembar daun salam
4-5 buah daun jeruk
2 buah serai (iris, geprek)1 kepal kemiri
6-7 biji merica
2 sendok teh ketumbar
6-7 siung bawang putih
1 sendok teh jinten
1/2 ruas jahe
1 ruas kunir
Garam (secukupnya)

Cara pembuatan:

1. Saring santan, parut menjadi 3 wadah. Misal perasan santan pertama (kental) di taruh wadah pertama, perasan santan kedua di taruh wadah kedua, dan perasan santan ketiga di taruh wadah ketiga

2. Nyalakan api, masukkan perasan santan ketiga ke dalam panci, lalu masukkan bumbu yang sudah diulek tadi. Masukkan ayam yg sudah dipotong-potong, aduk sampai merata

3. Jika santan sudah mendidih dan agak menyusut, tambahkan perasan santan kedua, aduk dan tunggu sampai ayam agak empuk dan santan agak menyusut. Terakhir jika santan sudah agak menyusut masukkan perasan santan pertama.

4. Tes rasa, jika kurang asin bisa ditambahkan garam. Tunggu sampai ayam empuk dan air agak menyusut

5. Opor ayam siap disajikan

Demikian resep opor ayam lebaran yang lezat nan praktis untuk lebaran tahun ini. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: 5 Kreasi Resep Opor Ayam untuk Hidangan Lebaran, Bisa Dibuat Tanpa Santan

RECHA TIARA DERMAWAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."