Cara dan Waktu Terbaik Konsumsi Suplemen Vitamin D

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vitamin D. Foto : Shutterstock

Ilustrasi vitamin D. Foto : Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sinar matahari adalah sumber alami utama vitamin D, yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan kesejahteraan umum. Namun banyak orang yang memerlukan suplemen vitamin D, terutama mereka yang memiliki warna kulit lebih gelap, lebih sedikit terkena paparan sinar matahari, atau masalah medis tertentu. Untuk mendapatkan hasil optimal, perlu diperhatikan waktu dan cara terbaik mengonsumsi suplemen vitamin D.

Menurut dokter Rohini Patil, ahli gizi, asupan vitamin D di pagi hari dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh dan membantu Anda berfungsi sepanjang hari. Karena vitamin D larut dalam lemak, mengonsumsinya dengan makanan yang mencakup makanan lemak sehat dapat meningkatkan penyerapannya.

"Bioavailabilitasnya dapat ditingkatkan dengan meminumnya saat sarapan atau makan siang, ketika konsumsi lemak biasanya lebih tinggi," kata dokter Rohii dikutip dari Times of India.

Selain itu, penelitian menunjukkan mengonsumsi vitamin D bersamaan dengan makanan kaya kalsium terbukti bermanfaat dan meningkatkan penyerapan vitamin D dalam tubuh. Anda bisa memasukkan sumber makanan kaya kalsium seperti susu, biji wijen, biji rami, biji selada taman, dan sayuran berdaun hijau.

Cara menjaga kecukupan vitamin D

Konsistensi waktu mengonsumsi suplemen vitamin D berperan penting menjaga kadarnya dalam darah. Memilih waktu yang sesuai dengan rutinitas sehari-hari akan membantu menjamin dosis yang konsisten. 

Susu dan produk susu juga berperan besar untuk kesehatan tulang karena mengandung kandungan kalsium, protein, dan vitamin D yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang, sementara vitamin D memfasilitasi penyerapannya, dan protein mendukung pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Asam lemak omega-3 tidak hanya mendukung perkembangan kognitif, tetapi juga melengkapi peran vitamin D dalam menjaga kepadatan tulang yang optimal.

Singkatnya, mengonsumsi suplemen vitamin D di pagi hari dengan makanan yang mengandung lemak sehat untuk meningkatkan penyerapan adalah waktu yang ideal. Namun perlu diingat juga, waktu yang ideal untuk asupan vitamin D tergantung kondisi kesehatan setiap individu.

Pilihan Editor: Manfaat Penting Vitamin D bagi Ibu Hamil, Cegah Bayi Prematur dan Keguguran

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."