8 Cara Aman dan Legal untuk Mendapat Kerja ke Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Berikut beberapa cara kerja di luar negeri dengan aman dan legal. Anda bisa menggunakan platform online terpercaya seperti Linkedin. Foto: Canva

Berikut beberapa cara kerja di luar negeri dengan aman dan legal. Anda bisa menggunakan platform online terpercaya seperti Linkedin. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bekerja di luar negeri masih menjadi impian bagi banyak orang yang mencari pengalaman baru, gaji yang lebih tinggi, dan peluang karier yang lebih luas. Salah satu cara agar bisa kerja ke luar negeri adalah melalui agen penyalur kerja.

Namun, masih ada berbagai cara lain untuk bekerja di luar negeri tanpa bergantung pada penyalur kerja. Untuk dapat bekerja ke luar negeri di era sekarang sebenarnya sangat mudah. Di internet misalnya, ada banyak sekali informasi lowongan kerja ke luar negeri. 

Meski begitu, diperlukan kewaspadaan ekstra dalam mencari pekerjaan ke luar negeri agar terhindar dari modus penipuan.  Lantas, bagaimana cara agar bisa kerja ke luar negeri? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini. 

1. Cari Lowongan secara Langsung di Situs Perusahaan Asing

Banyak perusahaan asing mempublikasikan lowongan pekerjaan mereka secara langsung di situs web mereka. Anda dapat mencari dan melamar langsung ke perusahaan tersebut tanpa perantara. 

Tapi sebelum melamar, pastikan situs yang dikunjungi adalah situs asli perusahaan asing yang diinginkan. Pasalnya, banyak sekali situs palsu dengan domain yang mirip situs perusahaan asli dan dapat menimbulkan resiko penipuan. 

2. Aplikasi Platform Freelance Internasional

Platform seperti Upwork, Freelancer, dan Fiverr menyediakan kesempatan bagi para pekerja lepas untuk menawarkan jasa mereka kepada klien di seluruh dunia. Ini merupakan cara yang baik untuk memulai karier internasional tanpa perlu melalui penyalur kerja.

3. Partisipasi dalam Program Pertukaran Mahasiswa 

Bagi Anda mahasiswa atau pelajar yang ingin merasakan kerja di luar negeri, cobalah untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa. 

Program pertukaran mahasiswa dapat menjadi pintu masuk bagi Anda untuk bekerja sambil belajar di luar negeri. Program-program ini biasanya memberikan kesempatan bagi peserta untuk bekerja paruh waktu sambil menikmati pengalaman budaya di negara tujuan. 

Meski begitu, pastikan program yang dipilih adalah program resmi alias tidak abal-abal agar tidak merugikan Anda. 

4. Manfaatkan Jaringan dan Koneksi Pribadi

Jika Anda memiliki koneksi atau teman yang bekerja di luar negeri, tak ada salahnya untuk memanfaatkan mereka untuk mencari peluang kerja di luar negeri. 

Jangan sungkan untuk membicarakan dengan teman, kenalan, atau anggota keluarga yang mungkin memiliki informasi tentang lowongan pekerjaan atau perusahaan di negara yang diminati.

5. Pakai Aplikasi Job Search Internasional

Cara kerja ke luar negeri secara mudah selanjutnya adalah lewat aplikasi pencarian kerja internasional seperti LinkedIn, Indeed, atau Glassdoor

Anda dapat menggunakan filter pencarian untuk menyesuaikan kriteria pencarian Anda dengan posisi dan lokasi yang Anda inginkan. Agar kesempatan lolos lebih besar, jangan lupa sematkan CV yang dilengkapi dengan keahlian dan sertifikat bahasa asing. 

6. Mengikuti Acara Karier Internasional

Banyak perusahaan multinasional mengadakan acara karier internasional seperti job fair atau sesi informasi. 

Ini adalah kesempatan bagus untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan perusahaan dan mengetahui lebih lanjut tentang kesempatan kerja yang tersedia. 

Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik, membawa salinan CV yang diperbarui, dan menanyakan pertanyaan yang relevan tentang proses perekrutan.

7. Mendaftar ke Program Mutasi Perusahaan Multinasional

Beberapa perusahaan multinasional menawarkan program mutasi bagi karyawan yang dipindahkan ke cabang atau kantor mereka di luar negeri. 

Jika Anda sudah bekerja untuk perusahaan yang memiliki cabang atau berkantor pusat di luar negeri, cobalah untuk bertanya kepada tim sumber daya manusia tentang kemungkinan untuk dipindahkan ke luar negeri. 

8. Agen Penyalur Tenaga Kerja

Cara terakhir agar bisa bekerja ke luar negeri adalah lewat agen penyalur tenaga kerja. Sejumlah besar agen penyalur kerja di Indonesia menawarkan beragam posisi pekerjaan meliputi penuh waktu, paruh waktu, magang, dan program sukarelawan. 

Agar bisa kerja ke luar negeri lewat agen penyalur, biasanya, diperlukan sejumlah biaya seperti  biaya pengurusan visa, paspor, dokumen yang diperlukan hingga penginapan.

Itulah 8 cara mendapatkan kerja ke luar negeri. Kalau Sahabat Cantika, tertarik mendapatkan pengalaman kerja di luar negeri?

Pilihan Editor: 7 Negara yang Penduduknya Paling Gila Kerja di Dunia, Korea Selatan Nomor 3

RIZKI DEWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."