Tips Padu Padan Baju Lebaran Lama, Styling Pakai Aksesori dan Outer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi baju lebaran/Foto: Instagram/Zyta Delia

Ilustrasi baju lebaran/Foto: Instagram/Zyta Delia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Euforia Idulfitri yang lekat dengan baju Lebaran semakin bersemi usai pandemi. Sejumlah pusat perbelanjaan menggelar potongan harga besar-besaran, ditambah lagi pekan bazaar yang produknya sungguh memanjakan mata. Namun, di balik glorifikasi baju baru, ternyata kita tetap bisa mengenakan baju lama dengan gaya baru.

Memilih tetap pakai baju lama atau hanya membutuhkan satu items baru sejalan semangat fashion berkelanjutan dengan konsep upcycle yakni proses daur ulang yang mengubah barang asli menjadi barang yang memiliki kemanfaatan baru tanpa menghilangkan bentuk asli suatu barang. Mereka sudah maju satu langkah untuk ambil bagian dalam penerapan fashion berkelanjutan. 

Menurut desainer Indonesian Fashion Chamber, Lisa Fitria jika kita memiliki banyak baju lama bisa dikreasikan dengan menambahkan detail aplikasi seperti renda, patchwork, payet atau manik agar menambah kesan glamor. 

Gambarannya, Anda bisa memilih blouse dan rok lama dipadu outer yang baru, kemudian celana kulot lebar dengan atasan tunik baru atau bisa pakai long dress lama yang ditambah belt atau obi baru. Baju lama juga bisa di-styling dengan beragam look seperti Vintage, Bohemian atau Arabian. 

"Detail kecil juga menarik untuk dijadikan pilihan seperti mengganti model kancing di baju lama dengan kancing lebih modern dan fresh. Nah, dari segi look kita juga bisa main di-styling saat memakainya, misalnya kalau punya abaya bisa kita kreasikan jadi outer atau luaran," ucap Lisa saat dihubungi CANTIKA, 27 Maret 2024.

Tidak hanya busana, Lisa menyarankan jika aksesori bisa menjadi statement menarik pada baju lama. Mulai dari pilihan korsase, necklace atau kalung yang outstanding, bros yang kemilau, ikat pinggang mewah, dan obi etnik bagi yang penyuka aksesori

Selain itu, penting untuk memerhatikan perawatan agar busana lama Anda tetap rapi dan bisa dikenakan di momen Hari Raya. "Untuk baju berbahan katun jangan dijemur di bawah matahari langsung, baju berbahan poliester disetrika dengan suhu rendah, dan bahan sutra harus dry clean," saran dia. 

Saran lain juga datang dari Zyta Delia Rahma, Founder modest fashion Zyta Delia yang membagikan tips kalau Lebaran hanya memberli kerudung atau scarf, maka bisa dipadukan dengan baju lama berupa atasan plain. Tidak melulu dipakai untuk hijab, scarf motif khususnya juga bisa di-styling menjadi outer atau vest. 

"Atau kalau misal kita punya scarf corak banyak warna bisa banget dipadukan dengan baju lama model apa saja yang matching dengan salah satu elemen warna scarfnya. Kalau aku pribadi warna putih bisa jadi suggest buat memadukan baju lama, karena warna putih itu sangat aman dan fleksibel ketemu warna apa saja. Mau tabrak atau blocking warna pun tak masalah kalau misal kita percaya diri," saran Zyta saat ditemui CANTIKA, 27 Maret 2024. 

Bagaimana, sudah siap berlebaran dengan baju lama yang bersemi kembali!

Pilihan Editor: 3 Inspirasi Tampil Berkilau dengan Shimmer, Tren Baju Lebaran 2024

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."