Intip Hampers Lebaran Presiden Jokowi, dari Rempeyek hingga Rengginang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Hampers Lebaran dari PresidenJokowi untuk Putri Kuswisnu Wardani, anggota Dewan Pertimbangan Presiden/Foto: Instagram/Putri K. Wardani

Hampers Lebaran dari PresidenJokowi untuk Putri Kuswisnu Wardani, anggota Dewan Pertimbangan Presiden/Foto: Instagram/Putri K. Wardani

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPresiden Jokowi membagikan hampers Lebaran kepada para kolega, salah satunya ialah  anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kuswisnu Wardani.  Ketua Dewan Pembina dan Penasehat untuk Yayasan Puteri Indonesia ini membagikan foto hampers tersebut di laman instagramnya. 

Dalam foto tersebut terdapat hampers Lebaran sederhana dengan 3 toples transparan yang berisi keripik tempe, rempeyek, dan rengginang. Tema hampers warna hijau olive dan krem dengan bentuk hiasan ketupat. Terdapat ucapan Selamat Idulfitri dari Presiden Jokowi beserta keluarga. 

"Matur nuwun, terima kasih banyak Presiden RI @jokowi dan Ibu Negara @ibu_iriana_jkw @iriana_jkw_ atas bingkisan khas Ramadhan yang lezat berupa jajanan tradisional yaitu: Rengginang (Kue Beras Renyah), Rempeyek (Kerupuk Kacang) dan Keripik Tempe (Keripik Tempe). Benar-benar hadiah yang menyenangkan. Akan menikmatinya," tulisnya di Putri Kuswisnu Wardani di keterangan foto. 

Merujuk Indonesia Kaya rengginang adalah camilan terbuat dari beras ketan yang sudah dikeringkan ini memiliki rasa yang gurih serta renyah saat berada di mulut kita. Biasanya sebelum digoreng, beras ketan terlebih dahulu dijemur dibawah panas sinar matahari. Berbeda dengan pembuatan kerupuk yang umumnya terbuat dari adonan tepung tapioka yang sudah dihaluskan, namun pembuatan rengginang tetap berbentuk butiran nasi yang langsung digoreng.

Sementara rempeyek adalah sejenis makanan dari kelompok gorengan yang bisa disajikan dan dinikmati dengan beraneka hidangan. Bisa dinikmati langsung sebagai camilan, teman makan nasi, atau disajikan sebagai pelengkap makanan lainnya. 

Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas. Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat untuk isian rempeyek. Untuk isian rempek, ada banyak pilihan, tergantung ketersediaan bahan dan selera pembuatnya. Biasanya biji kacang tanah atau kedelai. 

Menurut laman Sibakul Jogja, keripik tempe adalah salah satu makanan ringan yang populer di Indonesia. Berasal dari olahan tempe, makanan tradisional yang kaya akan manfaat, keripik tempe telah menjadi favorit banyak orang karena citarasa gurih dan renyahnya.

Pilihan Editor: Dampingi Presiden Jokowi Kunjungi Beijing dan Riyadh, Intip 3 Gaya Fashion Iriana Jokowi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."