10 Tips Perawatan Wajah Glowing, Pakai Tabir Surya hingga Retinol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu tren kecantikan yang tidak akan pernah ketinggalan zaman adalah kulit wajah glowing alias bercahaya. Namun, mempertahankan wajah glowing bisa jadi merupakan suatu tantangan. Kebiasaan gaya hidup, lingkungan, dan rutinitas seringkali bisa menyebabkan rasa bosan. Namun faktanya, ada beberapa tips perawatan wajah glowing, mulai dari menambahkan bahan-bahan seperti vitamin C hingga melakukan perawatan wajah dengan lembut secara teratur.

1. Perawatan Kulit secara Lembut

Anda akan sering mendengar bahwa konsistensi adalah kunci dalam menjalani hidup. Hal ini juga berlaku untuk rutinitas perawatan kulit. “Konsistensi dengan rutinitas dasar Anda adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing,” kata dokter kulit Iris Rubin dikutip dari Byrdie.

Perlu diingat juga, menggunakan terlalu banyak bahan baru (dan keras) dapat menyebabkan iritasi, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Secara umum, menggunakan pembersih yang lembut dan melembapkan dua kali sehari penting untuk kulit yang sehat dan glowing.

2. Pakai Tabir Surya

Para ahli sepakat bahwa penggunaan tabir surya salah satu langkah paling penting untuk mendapatkan wajah glowing dan sehat. “Rahasia terbaik untuk kulit glowing adalah perlindungan terhadap sinar matahari,” kata Kendall Johnson ahli kimia kosmetik.

“Melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya akan mencegah penuaan dini dan menjaga warna kulit tetap merata. Pilihlah tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya perlindungan SPF 30 dan aplikasikan kembali di tengah hari, baik di dalam maupun luar ruangan. Kebanyakan jendela tidak dapat melindungi dari semua jenis UV," ucapnya.

Selain mengoleskan tabir surya topikal, ada langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit seperti mengenakan pelindung leher.

"Anda juga harus memakai topi bertepi lebar, yang menawarkan lebih banyak perlindungan terhadap sinar matahari daripada topi baseball. Mengenakan kacamata hitam juga dapat melindungi mata Anda dan mencegah Anda menyipitkan mata, yang seiring waktu dapat memperdalam kerutan di keriput," ujar dokter kulit bersertifikat Brendan Camp.

3. Hidrasi Kulit

Hidrasi juga penting untuk kulit glowing dan seimbang. “Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang bahagia,” kata Johnson.

Gunakan serum yang menghidrasi ke dalam rutinitas untuk meningkatkan level kelembapan. Langkah ini akan menghasilkan keajaiban untuk kilau alami Anda. Carilah bahan-bahan seperti ektoin, gliserin, atau ceramide untuk mengisi dan menutrisi pelindung kulit.

4. Eksfoliasi Sekali Seminggu

Pengelupasan kulit atau eksfoliasi secara teratur termasuk kunci untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat membuat kulit kusam

“Saya merekomendasikan untuk memasukkan exfoliant fisik yang lembut seperti manik-manik jojoba, exfoliant kimia seperti asam alfa hidroksi (AHA) atau asam beta hidroksi (BHA), dan bahkan enzim ringan ke dalam rutinitas Anda," kata Johnson.

Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan luar, dan membuat kulit lebih segar serta bercahaya di bawahnya.

Dokter Cohen merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi seminggu sekali. Perhatikan kondisi kulit Anda, dan selalu uji tempel sebelum menggunakan exfoliator baru pada wajah Anda.

5. Gunakan Retinol

Para ahli sepakat bahwa retinol harus dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit. Bahannya dapat membantu meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur, dan meningkatkan pergantian sel kulit. Dan, manfaat terbaiknya adalah memasukkan retinol secara perlahan ke dalam rutinitas perawatan malam hari karena menggunakan formula lembut 

“Retinol sebaiknya digunakan pada malam hari karena membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari,” kata dokter Camp. “Retinol dan retinoid tidak mengelupas kulit. Jika terkelupas, itu merupakan indikasi iritasi kulit.”

6. Vitamin C

Ada alasan mengapa para ahli kecantikan merekomendasikan vitamin C sebagai langkah yang tidak boleh dilewatkan dalam rutinitas Anda. “Menambahkan vitamin C ke dalam rangkaian perawatan kulit Anda dapat [membantu Anda mencapai] kulit bercahaya secara keseluruhan,” kata dokter Johnson.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu meratakan warna kulit dan mengurangi munculnya bintik-bintik hitam. Bahan kuat ini juga dapat bertahan melawan tekanan lingkungan, sehingga menjadikan kulit Anda sehat.

7. Perawatan Laser

Banyak perawatan laser yang dapat membantu membuat kulit glowing termasuk UltraClear. “Pelapisan ulang kulit dengan laser dapat membantu merangsang kolagen, elastin, dan pertumbuhan sel baru, membuat Anda merasa percaya diri dengan kulit Anda,” ucap dokter Cohen.

Secara khusus, UltraClear menggunakan teknologi peremajaan kulit canggih yang membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dari dalam lapisan terdalam hingga ke lapisan permukaan, mengatasi berbagai kondisi kulit dalam satu sesi perawatan.

"Ini benar-benar menjadi laser pilihan untuk membuat kulit Anda terlihat lebih sehat. kulit terlihat dan terasa lebih bercahaya, bersinar, dan halus," katanya.

8. Tidur yang Cukup

Tidur malam yang nyenyak sangat berharga karena berbagai alasan, termasuk kesehatan kulit. Karena kulit melakukan sebagian besar perbaikannya saat tidur. Tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam memberi kulit Anda waktu yang dibutuhkan untuk beregenerasi dan memperbaiki diri dari pemicu stres sehari-hari mulai dari polusi hingga radikal bebas. Jadi penting untuk memprioritaskan istirahat agar kulit glowing.

9. Makanan Bergizi 

Kulit Anda mencerminkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Makanan bergizi tidak hanya membantu meningkatkan kilau Anda, tetapi juga berdampak pada kadar minyak kulit, jerawat, dan bahkan tampilan penuaan.

“Makanan bergizi untuk usus dan kulit Anda berdampak membuat kulit tampak sehat,” kata dokter Johnson.

Keseimbangan yang harmonis antara mikrobioma usus dan kulit sangat penting untuk kulit glowing. Dengan mengonsumsi makanan yang beragam dan kaya nutrisi untuk usus, mendukung kulit dengan praktik perawatan kulit yang lembut, seperti bahan probiotik, maka dapat mencapai tampilan wajah glowing.

10. Perawatan di Klinik Kecantikan

Mengunjungi ahli kecantikan atau dokter kulit secara teratur untuk perawatan kulit dapat membantu Anda mendapatkan wajah glowing.

“Jangan lupa manjakan diri Anda dengan perawatan wajah atau pijatan yang dapat membantu Anda mengurangi stres,” kata dokter Johnson. “Stres dapat merusak kulit Anda, dan perawatan profesional seperti mikrodermabrasi, perawatan wajah yang menghidrasi, dan pijat wajah meningkatkan sirkulasi, menghilangkan kotoran, dan menutrisi kulit secara mendalam untuk mendapatkan kilau yang didambakan,” ujarnya.

Pilihan Editor: 5 Cara Atasi Kulit Wajah yang Terlihat Lelah

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."