Kate Middleton Pernah Sumbangkan Rambutnya untuk Badan Amal Kanker

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kate Middleton, Putri Wales dari Inggris, hadiri resepsi malam untuk anggota Korps Diplomatik di Istana Buckingham di London, Inggris 5 Desember 2023. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

Kate Middleton, Putri Wales dari Inggris, hadiri resepsi malam untuk anggota Korps Diplomatik di Istana Buckingham di London, Inggris 5 Desember 2023. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Calon Ratu Inggris, Kate Middleton pernah menyumbangkan sebagian rambutnya ke badan amal yang menciptakan wig untuk kaum muda yang mengalami kerontokan rambut akibat pengobatan kanker atau kondisi lain bertahun-tahun sebelum dia mengumumkan diagnosis kankernya. Secara diam-diam, pihak kerajaan menyumbangkan tujuh inci rambut istri Pangeran William itu ke badan amal Inggris The Little Princess Trust pada tahun 2017.

Enam tahun lalu, Sunday Express melaporkan bahwa Kate, 42 , memotong rambutnya sepanjang tujuh inci saat membuat janji di Istana Kensington dan menyarankan kepada penata rambutnya agar mereka memanfaatkan rambut yang dipotong dengan baik.

Rambutnya dikirim secara anonim ke Little Princess Trust, yang menyediakan wig rambut gratis untuk anak-anak dan remaja hingga usia 24 tahun yang kehilangan rambutnya selama perawatan kanker atau mengalami kerontokan rambut yang disebabkan oleh kondisi lain. 

"Sungguh menyenangkan memikirkan bahwa seseorang, di suatu tempat - mungkin lebih dari satu orang - telah menerima wig berisi rambut Putri Kate," Helen Creese, juru bicara badan amal tersebut, mengatakan kepada People pada saat itu. "Ini adalah pemikiran yang sangat indah dan luar biasa untuk meningkatkan kesadaran, ditambah lagi dengan rambutnya yang indah."

Kate Middleton diketahui mengumumkan mengidap kanker lewat media sosialnya pada 22 Maret 2024. Tanpa menyebut kanker yang diidapnya, Kate mengatakan tengah menjalani kemoterapi preventif. Dia juga meminta privasi untuk keluarga mudanya saat dia menyelesaikan perawatan.

Dukungan untuk Kate Middleton

Keesokan harinya, Kate menerima pesan khusus dari Mila Sneddon, 8, yang menjalin persahabatan dengan kerajaan selama perawatan leukemia beberapa tahun lalu.

"Dia akan menjadi berani karena saya berani, dan dia akan berjuang seperti saya," kata Mila kepada The Mirror setelah pengumuman Putri Kate menimbulkan kejutan di seluruh dunia.

Ibu Mila, Lynda Sneddon menambahkan, “[Kate] adalah seorang ibu, seorang istri, dia muda, cantik, atletis dan dia menghadapi hal ini. Hal ini menunjukkan bahwa kanker tidak membeda-bedakan, dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Kami berharap dia mendapatkan pemulihan yang damai dan cepat.”

Lynda juga mengirimkan pesan penuh perhatian kepada Pangeran William, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis di X, dengan menulis, "Kami menyampaikan cinta, dukungan, dan harapan baik kami kepada William, George, Charlotte, dan Louis, dan mendoakan Catherine agar cepat sembuh # Anda tidak sendiri." Tagar tersebut merujuk pada baris terakhir pidato yang ditulis sendiri oleh Putri Kate untuk mengumumkan berita tentang kesehatannya.

"Bagi semua orang yang menghadapi penyakit ini, dalam bentuk apa pun, mohon jangan kehilangan keyakinan atau harapan. Anda tidak sendirian," kata Putri Wales dalam pidatonya yang difilmkan oleh BBC Studios pada tanggal 20 Maret.

Unggahan media sosial ibu Mila disertai foto putrinya bertemu Putri Kate, yang saat itu dikenal sebagai Duchess of Cambridge, pada Mei 2021 di Istana Holyroodhouse di Edinburgh, Skotlandia.

Keduanya terhubung setelah Mila berpartisipasi dalam proyek fotografi Kate’s Hold Still pada tahun 2020. Mila terlihat dalam foto terpisah dari ayahnya saat menjalani kemoterapi untuk leukemia limfoblastik akut selama pandemi COVID-19.

Setelah mengetahui bahwa merah muda adalah warna favorit gadis kecil itu selama panggilan telepon pada Agustus 2020, Kate menepati janjinya untuk memakai kacamata saat mereka bertemu. Dia juga tampil dalam gaun merah muda saat bertemu Mila pada Mei 2021. 

"Aku ingin memberimu pelukan yang erat dan erat," kata Kate saat itu. "Aku suka gaunmu. Bisakah kamu memutarnya?"

Maju ke masa sekarang, dan ibu Mila mengatakan kepada The Mirror bahwa Putri Kate mengumumkan diagnosis kankernya pada ulang tahun kedua Mila dalam masa remisi.

"Mila menoleh ke arahku dan memberitahuku bahwa dia ingin membuatkan dan mengirimi Kate sebuah kartu. Jadi Mila akan melakukan kontak dengan caranya yang pribadi," kata Lynda kepada outlet tersebut.

"Kate menunjukkan belas kasih, kepedulian, dan dukungan pada Mila selama dan pasca perawatan, jadi sangat emosional melihat dia sekarang menghadapi perjuangan kesehatannya sendiri."

Saat Putri Wales fokus untuk pulih sepenuhnya, keluarganya akan selalu ada untuk mendukungnya.

"Kate Middleton memiliki kekuatan batin, dukungan dari suaminya, dan keluarganya yang luar biasa, sehingga dia dapat fokus pada hal yang penting, yaitu mendapatkan kembali kekuatannya," kata Ailsa Anderson, mantan juru bicara mendiang Ratu Elizabeth.

Pilihan Editor: Kate Middleton Ungkap Mengidap Kanker, Butuh Waktu untuk Memberitahu Anak-anaknya

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."