Cara Memberi Tahu Anak bahwa Anda Mengidap Kanker

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu berbicara dengan anak. Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi ibu berbicara dengan anak. Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengetahui diagnosis kanker bisa menjadi hal yang menakutkan dan mengubah hidup. Namun bagi para orang tua, memikirkan cara memberi tahu anak bahwa Anda mengidap kanker mungkin merupakan salah satu bagian tersulit dalam menghadapi berita tersebut.

Mungkin Anda tergoda untuk mencoba menghindari percakapan sama sekali, namun penting untuk jujur mengenai apa yang terjadi. Karena jika seorang anak merasakan ada sesuatu yang terjadi dan mereka tidak mengetahui detailnya, imajinasi mereka dapat membawa ke tempat yang lebih buruk.

“Ini adalah salah satu percakapan tersulit, paling menyakitkan, rumit, namun juga salah satu percakapan paling penting yang pernah dilakukan orang tua dengan anak-anak mereka,” kata Hadley Maya, pekerja sosial klinis di Memorial Sloan Kettering Cancer Center dan a koordinator program Talking With Children about Cancer dikutip dari Pop Sugar, Rabu, 27 Maret 2024.

“Ada naluri yang kuat untuk melindungi anak Anda dari kekhawatiran atau rasa sakit, dan itu sepenuhnya bisa dimengerti. Namun kami tahu bahwa komunikasi yang terbuka dan jujur bermanfaat bagi orang tua dan anak,” ucapnya.

Kapan Memberitahu Anak bahwa Anda Mengidap Kanker?

Yang terbaik adalah berbagi berita tentang diagnosis kanker dengan anak-anak Anda sesegera mungkin. “Anak-anak, remaja, mereka benar-benar menerima perubahan jauh lebih banyak daripada yang orang tua kira,” kata Shannon Coon, koordinator program anak-anak di CancerCare, yang menawarkan konseling gratis, kelompok dukungan, dan saluran bantuan bagi orang-orang yang terkena dampak kanker.

“Dan jika mereka tidak menyadarinya, mereka akan khawatir bahwa mereka telah melakukan kesalahan atau mengambil kesimpulan yang lebih buruk," ucapnya.

Berikan diri Anda waktu sejenak untuk memproses berita tersebut terlebih dahulu, dan bersiaplah. Sebelum berbicara dengan anak Anda, Coon merekomendasikan untuk melatih apa yang ingin Anda katakan atau tuliskan sehingga Anda mencapai nada yang Anda inginkan.

Pertimbangkan dengan siapa Anda ingin berada di sana ketika Anda melakukan percakapan, dan di mana Anda ingin percakapan itu berlangsung. Coon menyarankan lingkungan yang tenang, seperti rumah.

Cara Memberi Tahu Anak bahwa Anda Mengidap Kanker

Untuk segala usia, para ahli merekomendasikan penggunaan kata "kanker" secara eksplisit pada anak-anak Anda sehingga tidak ada kebingungan. “Ini akan membantu mendorong agar pembicaraan ke depan bersifat terbuka dan jujur,” kata Coon.

Hal ini juga akan membantu memperjelas bahwa penyakit ini bukanlah sesuatu yang dapat mereka tertular, dan mereka masih aman berada di dekat orang tua mereka.

Saat Anda berbicara dengan anak, pastikan untuk tidak membuat janji palsu. “Anda bisa berkata, 'Saya melakukan semua yang saya bisa untuk menjadi lebih baik, saya mendapat semua bantuan dan dukungan dari dokter saya,' tapi Anda tidak ingin membuat janji apa pun yang di luar kendali Anda,” kata Elizabeth Meyer, konselor di Massachusetts dengan keahlian di bidang parenting.

Dan jangan khawatir menjadi emosional saat Anda berbagi berita. “Memproses emosi Anda terlebih dahulu sebanyak yang Anda bisa adalah ide yang bagus,” kata Maya.

"Tetapi jika Anda menangis saat memberi tahu mereka, itu berarti Anda mencontohkan ekspresi emosional yang sehat dan mengatakan kepada mereka, 'Kita menghadapi masalah ini bersama-sama, dan tidak apa-apa jika merasa sedih atau takut'," ucapnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."