Kate Middleton Ungkap Mengidap Kanker, Butuh Waktu untuk Memberitahu Anak-anaknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kate Middleton/Foto: Instagram/The Wales Brasil

Kate Middleton/Foto: Instagram/The Wales Brasil

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah simpang siur pemberitaan, akhirnya Princess of Wales Kate Middleton mengungkapkan isi hatinya melalui video pribadi yang diunggah di laman Instagram @princeandprincessofwales waktu setempat. Perempuan 42 tahun ini telah menjalani operasi perut pada 16 Januari 2024 lalu. 

Kronologinya, setelah Istana Kensington mengumumkan pada 17 Januari bahwa Putri Kate telah menjalani "operasi perut yang direncanakan" pada hari sebelumnya. Pada saat itu, diketahui bahwa masalahnya bukan kanker, tetapi tes pasca-operasi "menemukan adanya kanker". Jenis kankernya tidak terungkap. Juru bicara Istana Kensington berkata, "Kami tidak akan membagikan informasi medis pribadi apa pun lagi. Sang Putri berhak atas privasi medis, sama seperti kita semua."

Dalam video emosionalnya, Kate memulai dengan berterima kasih kepada para simpatisan atas "pesan dukungan luar biasa" mereka di tengah pemulihannya selama beberapa bulan yang sangat sulit bagi semua anggota keluarganya. 

(Tengah) Potret Kate Middleton bersama ketiga buah hati yang diunggah dalam momen Hari Ibu di Inggris pada Minggu, 10 Maret 2024. Foto: Instagram/@princeandprincessofwales

“Pada bulan Januari, saya menjalani operasi perut besar di London, dan pada saat itu, kondisi saya dianggap bukan kanker,” katanya. "Operasinya berhasil. Namun, tes setelah operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi pencegahan, dan saya sekarang berada pada tahap awal pengobatan tersebut."

Menyebut berita ini sebagai "kejutan besar", Kate berkata bahwa dia dan Pangeran William "telah melakukan semua yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi keluarga muda kami. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini membutuhkan waktu. Butuh waktu. saya punya waktu untuk pulih dari operasi besar untuk memulai perawatan saya."

“Tetapi, yang paling penting, kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte dan Louis dengan cara yang sesuai bagi mereka, dan untuk meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja,” katanya mengacu pada ketiga anaknya: Pangeran George, 10, Putri Charlotte, 8, dan Pangeran Louis, 5. "Seperti yang telah saya katakan kepada mereka; saya baik-baik saja dan semakin kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang akan membantu saya sembuh; dalam pikiran, tubuh, dan jiwa. 

Dukungan Penuh Cinta dari Sang Suami, Pangeran William

Princess of Wales melanjutkan dengan kehadiran William di sisinya saya juga merupakan sumber kenyamanan. "Begitu pula cinta, dukungan, dan kebaikan yang telah ditunjukkan publik, itu sangat berarti bagi kami berdua. Kami berharap agar Anda memahami bahwa, sebagai sebuah keluarga, kami sekarang memerlukan waktu, ruang, dan privasi sementara saya menyelesaikan perawatan saya. Pekerjaan saya selalu memberi saya rasa sukacita yang mendalam, dan saya berharap dapat kembali lagi ketika saya bisa — tetapi untuk saat ini, saya harus fokus untuk melakukan pemulihan penuh."

“Saat ini saya juga memikirkan semua orang yang hidupnya terkena penyakit kanker. Bagi semua orang yang menghadapi penyakit ini, apapun bentuknya, mohon jangan putus asa. Anda tidak sendiri."

Kate menghabiskan 13 hari di The London Clinic setelah operasi perutnya sebelum kembali ke Adelaide Cottage di Windsor untuk melanjutkan pemulihannya. Waktunya yang lama untuk tidak terlihat oleh publik menimbulkan teori konspirasi dan rumor yang beredar tentang kesehatan dan keberadaannya, yang mencapai puncaknya ketika sebuah foto yang dibagikan untuk memperingati Hari Ibu di Inggris ditarik oleh agensi karena dugaan manipulasi. Kate mengeluarkan pernyataan di mana dia mengatakan dia "kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan" dan meminta maaf atas "kebingungan" mengenai gambar tersebut.

Seorang juru bicara istana mengatakan Putri Kate memulai program kemoterapi preventif pada akhir Februari. Mengenai kembalinya dia ke tugas publik, juru bicaranya mengatakan, "Sang Putri akan kembali menjalankan tugas resminya ketika dia diizinkan untuk melakukannya oleh tim medisnya. Dia dalam semangat yang baik dan fokus untuk pulih sepenuhnya."

Sementara itu, Pangeran William "akan terus menyeimbangkan peran dalam keluarganya serta mempertahankan tugas resminya seperti yang telah dilakukannya sejak awal tahun." Pangeran Wales diperkirakan akan menghabiskan waktu bersama keluarganya selama liburan Paskah anak-anaknya dari sekolah pada awal April sebelum kembali ke acara kerajaan.

Pilihan Editor: Kate Middleton Tampil di Publik Setelah Kontroversi Foto Hari Ibu

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."