Spotify Umumkan Daftar Artis RADAR Indonesia 2024, dari Salma Salsabil hingga Satine Zaneta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Salma Salsabil/Foto: Doc. Spotify

Salma Salsabil/Foto: Doc. Spotify

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSpotify memperkenalkan deretan artis yang bergabung dalam program RADAR Indonesia 2024, menampilkan lebih banyak wajah baru dari belantika musik tanah air dengan berbagai genre mulai dari Pop, Pop Rock, R&B/Soul, Pop Indie, hingga Pop Jawa. RADAR, program dari Spotify untuk mendukung artis pendatang baru menjangkau lebih banyak pendengar, telah memasuki edisi kelimanya di Indonesia.

“Senang banget bisa terpilih dan jadi bagian dari program RADAR Indonesia 2024 Spotify tahun ini. Menurutku, ini kesempatan yang luar biasa. Lewat keterlibatanku di program RADAR, aku berharap karyaku bisa didengar dan menjangkau lebih banyak fans, nggak hanya di Indonesia tapi juga dari berbagai negara lainnya," ujar Salma Salsabil, salah satu artis RADAR Indonesia 2024.

Kossy Ng, Head of Music Spotify, Southeast Asia mengatakan pihaknya berupaya untuk terus mengikuti perkembangan musik dan budaya. Melalui RADAR, kami sangat senang dapat memperkenalkan musisi Indonesia yang berbakat dan luar biasa dari berbagai genre, mulai dari Indie, R&B/Soul, hingga Pop Jawa yang tengah digandrungi.

Ada begitu banyak musik yang dapat ditemukan para pendengar dan kami berkomitmen untuk dapat terus mendukung perkembangan artis pendatang baru serta membawa musik Indonesia dikenal dunia,” ujar Kossy melalui siaran pers, 29 Maret 2024. 

Sejak program ini diluncurkan tahun 2020 lalu, Spotify telah menyaksikan bagaimana karya dari para artis RADAR tidak hanya dinikmati oleh pendengar di Indonesia, namun juga berbagai belahan dunia. Pada tahun 2023, playlist RADAR Indonesia telah dinikmati oleh pendengar di lebih dari 120 negara, dengan Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, dan
Singapura yang terbesar setelah Indonesia.

Melihat pertumbuhan pada jumlah streaming playlist RADAR Indonesia hingga 53 persen, Spotify akan terus mendukung penemuan artis-artis baru dari dalam negeri. Sebagai bagian dari RADAR Indonesia, para artis akan memperoleh dukungan editorial dengan menampilkan lagu-lagu mereka dalam berbagai playlist di Spotify, hingga publisitas out of home untuk menunjukkan potensi besar dari para artis yang siap menjangkau lebih banyak pendengar.

Program RADAR telah menampilkan lebih dari 700 musisi pendatang baru dari 183 negara untuk mendukung karir mereka di dunia musik. Di Indonesia, artis RADAR telah mengukir banyak prestasi, diantaranya Nadhif Basalamah yang sukses merajai tangga lagu Spotify Indonesia selama 24 minggu berturut-turut lewat single ‘penjaga hati’. Hingga saat ini, lagu tersebut telah didengarkan lebih dari 190 juta kali di Spotify.

Selain Nadhif, beberapa artis RADAR Indonesia lainnya seperti Anggi Marito juga berhasil
memboyong penghargaan di Spotify Wrapped 2023 sebagai RADAR Artist of the Year
dengan lagunya ‘Tak Segampang Itu’ dan Aziz Hedra yang pernah merajai tangga lagu di
berbagai negara lewat single-nya ‘Somebody's Pleasure’. Mulai dari yang upbeat seperti ‘Bunga Hati’ dari Salma Salsabil hingga 'KISINAN 2' dari Masdddho yang bikin ambyar, dengarkan lagu-lagu dari kedua belas artis lintas genre di playlist RADAR Indonesia.

Satine Zaneta/Foto: Doc. Spotify

Menampilkan 12 artis lintas genre, berikut ini seluruh artis RADAR Indonesia 2024:

Abeliano
Pop Rock

Ashira Zamita
Pop-ballad

Anggis Devaki
Pop-Ballad

Dreane
Indie Pop

Gery Gany
R&B/Soul

Jasmine Nadya
Pop-Folk

Masdddho
Pop Jawa

Nyoman Paul
Pop

Putu Maydea
Pop

Rizwan Fadilah
Pop

Salma Salsabil
Pop

Satine Zaneta
Pop

Pilihan Editor:  Flawless Makeup ala Salma Salsabil, Feminin dan Nuansa Merah Muda

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."