Bolehkah Keramas setelah Mewarnai Rambut? Ini Kata Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencuci rambut atau keramas acapkali dianggap sebagai penyebab warna rambut setelah diwarnai. Maka dari itu, sejumlah orang kerap memilih tak keramas setelah mewarnai rambut. Tapi ternyata itu adalah mitos, menurut ahli pewarna rambut.

“Banyak orang percaya bahwa warna rambut perlu diatur selama beberapa hari setelah pewarnaan, sehingga tidak keramas, itu sebenarnya hanya mitos,” Sydney Palmer, spesialis pewarna rambut di Estetica Salon & Spa di St. Paul dikutip dari PopSugar, Jumat, 22 Maret 2024.

"Warna rambut tidak akan berubah warna lagi jika Anda menunggu untuk mencucinya."

Jadi jika Anda pernah bertanya-tanya, bolehkah saya mencuci rambut 24 jam setelah mewarnainya? Anda punya jawabannya. Jade Kromer, spesialis pewarna rambut di Juut Salon Spa di Minneapolis, menambahkan bahwa Anda dapat keramas sesegera mungkin walaupun Anda mungkin tidak perlu melakukannya hari itu jika Anda baru saja dari salon.

“Keramas setelah mewarnai sebenarnya bukan masalah. Yang perlu diperhatikan adalah fokus pada produk apa yang Anda gunakan daripada waktu di antara waktu keramas," katanya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa salon mencuci rambut setelah mewarnai, dan jawabannya sederhana mereka ingin memastikan semua pewarna sudah hilang dari rambut Anda sebelum menata rambut Anda. Mereka bahkan mungkin mencuci rambut Anda sebanyak dua kali, yaitu sekali untuk menghilangkan pewarna, kemudian untuk membersihkan rambut Anda sepenuhnya.

Alasan Warna Rambut Memudar

Perlu diketahui setiap helai rambut dikelilingi oleh kutikula, yang memerangkap warna di dalamnya. Saat Anda keramas, terutama dengan air panas, berisiko membuka kutikula dan membiarkan warnanya luntur. Maka dari itu, Palmer merekomendasikan untuk mencuci rambut yang diwarnai dengan air dingin.

"Itu membuat kutikula rambut Anda tetap tertutup dan warna rambut Anda tetap terperangkap di dalam helaian rambut. Air hangat membuat kutikula lebih mudah terbuka dan mengeluarkan warnanya, itulah sebabnya warnanya memudar dengan cepat," katanya.

Lantas muncul pertanyaan tentang bagaimana menjaga warna rambut Anda tetap cerah? Jika mandi air dingin tidak menarik bagi Anda, Anda juga bisa keramas lebih jarang dan menghindari air yang beruap panas.

Bila Anda memilih cat rambut warna merah muda cerah, oranye, atau ungu, Kromer merekomendasikan untuk mencucinya seminggu sekali dan sementara itu menggunakan sampo kering. Warna-warna ini biasanya memerlukan pemutihan pada rambut, yang dapat membuat kutikula lebih keropos.Oleh karena itu, lebih besar kemungkinan warnanya bocor saat keramas.

Jika Anda hanya memiliki highlight atau lowlight alih-alih pewarna rambut penuh, Anda bisa sedikit lebih longgar mengenai suhu air, kata Palmer. Lebih sedikit pigmen pada rambut berarti suhu air menjadi kurang penting. Selain seberapa sering Anda keramas dan suhunya, bahan apa yang Anda gunakan untuk mencuci rambut juga dapat menentukan berapa lama warna rambut Anda akan bertahan.

“Jenis sampo, kondisioner, dan produk yang Anda gunakan di rumah adalah alasan utama mengapa warna rambut akan bertahan atau memudar,” kata Kromer.

“Sampo yang dijual di toko obat mungkin terasa membuat rambut dan kulit kepala Anda benar-benar bersih, namun sampo tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan memudarnya warna rambut profesional. Jika Anda berinvestasi pada produk Anda, Anda akan menyadari betapa warna rambut terjaga," katanya.

Beberapa merek sampo dan kondisioner di toko obat mungkin mengandung bahan sintetis seperti sulfat, paraben, silikon, dan bahan lain yang dapat menghilangkan warna rambut. Saat Anda berinvestasi pada perawatan rambut berkualitas tinggi, Anda berinvestasi pada warna rambut dan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan. Palmer juga merekomendasikan untuk berhati-hati terhadap sampo yang mencerahkan, yang bagus untuk membersihkan kulit kepala Anda, tetapi lebih cenderung menghilangkan warna rambut.

Haruskah Keramas sebelum Mewarnai Rambut?

Menurut Palmer, perlu tidak perlu tergantung kebutuhan aktivitas pribadi saat itu. "Jika Anda langsung berangkat dari salon ke gym dan perlu keramas setelahnya, jangan khawatir cukup gunakan air dingin dan produk berkualitas untuk jenis rambut Anda," katanya. Palmer merekomendasikan mencuci tidak lebih dari tiga kali seminggu dengan air dingin dan produk yang tepat. Tip lain untuk menghindari kusam adalah dengan rutin menggunakan masker pewarna rambut.

Apakah Membutuhkan Sampo untuk Membilas Pewarna Rambut?

Jika Anda mewarnai rambut di rumah, bila sudah waktunya membilasnya, cukup gunakan air dingin. Anda harus terus membilas rambut sampai airnya benar-benar jernih, yang menandakan semua pewarna telah hilang. Setelah itu, silakan keramas dengan produk andalan Anda lalu lanjutkan dengan kondisioner. Beberapa petunjuk produsen mengharuskan Anda tidak menggunakan sampo setelah mewarnai rambut, jadi pastikan untuk membaca petunjuk pada produk yang Anda gunakan.

Pilihan Editor: 7 Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Sering Harus Keramas

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."