Pemilik Jenis Rambut Ini Perlu Keramas Setiap Hari, Kata Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut sehat dan indah adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan tampilan tersebut, menjaga kebersihannya adalah langkah pertama. Lantas, apakah perlu mencuci rambut atau keramas setiap hari? Mengingat setiap orang berbeda satu sama lain dalam hal bentuk dan fitur tubuh, kebutuhan mereka untuk mencuci rambut juga berbeda. Para ahli mengatakan bahwa frekuensi keramas tergantung pada jenis rambut yang dimiliki, cuaca, dan usia.

Pemilik Jenis Rambut Ini Perlu Keramas Setiap Hari

“Bagi pemilik jenis rambut tipis atau halus, rutin berolahraga, banyak berkeringat, berketombe dan gatal-gatal atau tinggal di tempat yang panas dan lembap maka orang tersebut dapat mempertimbangkan untuk keramas setiap hari," ujar kata Dr Rinky Kapoor, Konsultan Dokter Kulit, Ahli Dermatologi Kosmetik & Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics di India, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Senin, 12 Juni 2023.

Menurut Rinky orang-orang yang disebutkan di atas perlu keramas setiap hari untuk memastikan rambut tidak rontok, berminyak atau lengket.

Sementara pemilik rambut lebih tebal, dan kulit kepala kering, dapat menghindari keramas selama beberapa hari, menurut Dr Rinky.

Jika Anda aktif, dan berolahraga setiap hari maka ada kemungkinan keringat menumpuk dan menjebak kotoran di rambut Anda, jadi Anda perlu keramas setidaknya tiga kali seminggu. Namun seiring bertambahnya usia, kulit kepala Anda menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga kebutuhan keramas lebih jarang.

Baca juga: 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Rambut

Penggunaan Jumlah Sampo yang Tepat

Meskipun jenis rambut dan kondisi cuaca tertentu mungkin memerlukan keramas setiap hari, bukan berarti Anda harus menggunakan sampo dalam jumlah banyak karena hal ini dapat merusak rambut Anda.

"Ini juga merupakan ide yang baik untuk menjaga kebersihan rambut dengan membatasi jumlah sampo yang Anda gunakan. Ambil saja sekitar seperempat ukuran sampo dan tambahkan sedikit air ke dalamnya dan cuci rambut Anda," ucap Dr Rinky.

Fakta lain yang perlu diketahui bahwa keramas rambut setiap hari dapat menghilangkan sebum yang dibutuhkan untuk tetap terkondisi dan halus. Maka dari itu, sampo adalah pilihan yang bagus untuk membersihkan kulit kepala dan rambut untuk menghilangkan kotoran dan serbuk sari, serta ketombe, keringat, dan produk perawatan rambut. "Pilih sampo sesuai saran dari ahlinya," ujar Dr Rinky.

Jika Tidak Keramas, Ini yang Perlu Dilakukan

“Tidak keramas juga bisa menjadi masalah bagi Anda. Ya, benar! Jika Anda tidak keramas dengan sampo, maka paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah membilas rambut Anda. Tidak melakukannya dapat menyebabkan peradangan pada folikel rambut yang disebut folikulitis , dan jerawat di kulit kepala Anda," ungkap Dr Rinky.

Sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya yang akan memandu Anda mengenai seberapa sering Anda perlu keramas sesuai dengan kondisi rambut dan jenis kulit kepala. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang diberikan oleh ahlinya dan Anda akan dapat menata rambut dengan mudah.

Pilihan Editor: 7 Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Sering Harus Keramas

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."