Tips Alokasikan Keuangan Saat Harga Naik Jelang Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita mengatur alokasi keuangan. Freepik.com/marymarkevich

Ilustrasi wanita mengatur alokasi keuangan. Freepik.com/marymarkevich

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaCEO dan Kepala Perencana Keuangan QM Financial, Ligwina Hananto, membagi tips menghadapi kenaikan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

"Tentu berhemat, apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita siapkan. Kalau buat aku, orang yang sudah punya anggaran akan tahu dia berhematnya buat apa," ujar Ligwina di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2024, dikutip dari Antara.

Dia membagikan rumus keuangan sederhana yang dikenal sebagai rumus 1, 2, 3, dan 4. Angka 1 mengacu pada 10 persen, 2 adalah 20 persen, 3 adalah 30 persen, dan 4 adalah 40 persen. Menurut rumus ini, 10 persen dari penghasilan harus dialokasikan untuk ditabung dan diinvestasikan. Selanjutnya, maksimal 20 persen dapat digunakan untuk keperluan gaya hidup atau bersenang-senang, seperti makan di luar, menonton bioskop, atau mengunjungi kafe.

Bagian berikutnya, 30 persen dapat dialokasikan untuk pembayaran utang atau cicilan. Sementara itu, 40 persen lagi untuk biaya hidup sehari-hari.

Jaga Pos dengan Berhemat

Ligwina melanjutkan, tujuan berhemat itu agar semua pos dapat terjaga. "Kalau kita boros, untuk gaya hidup saja nanti untuk menabungnya enggak ada, maka kita harus tahu mana pos yang harus dihemat supaya ada pos untuk menabung untuk gaya hidup, tapi bayar cicilan atau utang jalan terus," ucapnya.

Bedakan Kebutuhan Hidup dengan Gaya Hidup

Menurut Ligwina, masyarakat harus bisa membedakan antara gaya hidup dan biaya untuk hidup. Biaya hidup mencakup kebutuhan sehari-hari seperti makan, membayar listrik, atau kebutuhan transportasi. Sedangkan gaya hidup lebih kepada untuk bersenang-senang.

"Kalau gaya hidup itu kalaupun enggak ada, kita tetap baik-baik saja," ucap Ligwina.

Pilihan Editor: THR untuk Apa Saja? Utamakan Kebutuhan Hari Raya, Bukan Biaya Hidup Harian

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."