THR untuk Apa Saja? Utamakan Kebutuhan Hari Raya, Bukan Biaya Hidup Harian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi pekerja menerima THR. Pexels

Ilustrasi pekerja menerima THR. Pexels

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang Lebaran Idul Fitri, para pegawai atau karyawan tengah menantikan tunjangan hari raya atau THR. Terkait peruntukan dana THR, CEO dan Kepala Perencana Keuangan QM Financial, Ligwina Hananto, menyarankan sebaiknya THR diprioritaskan untuk kebutuhan yang berkaitan dengan hari raya, seperti namanya.

"Kalau THR itu harus dipakai untuk pengeluaran yang memang berhubungan dengan hari raya, bukan untuk makan, bayar listrik, atau kebutuhan transportasi," ujar Ligwina di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2024, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan THR bisa digunakan untuk berbagi dengan sesama seperti zakat fitrah, sedekah, atau memberi hadiah kepada orang-orang terdekat, termasuk untuk asisten rumah tangga, supir, atau satpam. Selain itu, THR juga dapat digunakan untuk biaya mudik, terutama bagi yang merayakan Lebaran dengan keluarga di kampung halaman.

Biaya mudik Lebaran

Dia mengatakan uang THR sangat membantu mereka yang mudik jarak jauh, seperti untuk menambah ongkos dan bekal di perjalanan. Penggunaan THR yang lain adalah untuk keperluan open house atau halal bihalal, terutama jika orang tua sudah tidak mampu lagi mengadakan acara tersebut.

"Misalnya selama ini yang halal bihalal biayanya dari orang tua tapi karena orang tua sudah sepuh, sekarang kita yang harus ikut menyumbang. Lalu yang lainnya, THR itu bisa digunakan untuk hampers buat orang-orang terdekat," jelasnya.

Cek Kondisi Keuangan

Ligwina mengatakan penggunaan THR yang disarankan di atas hanya bagi yang kondisi keuangan sehat. Bagi yang keuangannya tidak sehat, dia menyarankan uang THR sebaiknya digunakan untuk menyelesaikan masalah keuangan yang mendesak, seperti melunasi utang, membayar kartu kredit, atau pinjaman online.

"Jadi itu diberesinya pakai THR, enggak usah pikir belanja, beli hampers. Kalau keuangannya belum sehat, THR itu digunakan untuk mengobati keuangan kita dulu," imbaunya.

Pilihan Editor: Jangan Cepet Ludes, Tips Kelola THR Menjelang Hari Raya

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."