Cara Membuat Susu Oat di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi susu oat atau oat milk (Pixabay.com)

Ilustrasi susu oat atau oat milk (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bicara soal cara membuat susu oat sendiri terbilang mudah, cepat, dan dapat disesuaikan. Berbeda dengan susu kacang buatan sendiri, susu oat tidak memerlukan perendaman terlebih dahulu. Hal ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan produk jadinya berlendir seperti oatmeal.

Yang Anda perlukan untuk membuat susu oat buatan sendiri hanyalah oat dan air dingin atau bersuhu ruangan (air yang disaring atau air keran keduanya bisa digunakan). Tentu saja, susu oat buatan sendiri juga dapat dimaniskan sesuai keinginan Anda, dengan gula, madu, agave, atau apa pun yang Anda suka, atau dibumbui dengan bubuk kakao, kayu manis, kurma, atau stroberi kering. Bahan dasarnya sangat netral sehingga pilihannya tampak seperti tak ada habisnya. Resepnya juga bisa digandakan atau dibagi dua, tergantung kecepatan dan antusiasme Anda mengonsumsi susu oat. Berikut cara membuat susu oat yang bisa dicoba

Cara Membuat Susu Oat di Rumah

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkan susu oat buatan sendiri hanya dalam lima menit.

Bahan-bahan:

- 1 cangkir gandum

- 3 gelas air

- Sejumput garam (opsional)

Cara membuat:

1. Tambahkan semua bahan ke dalam blender. Tambahkan pemanis apa pun, jika diinginkan. Blender dengan kecepatan tinggi selama 30 detik, atau sampai oat tercampur sempurna.

2. Tempatkan kain keju atau saringan jaring yang dilapisi dengan kertas penyaring kopi di atas mangkuk yang cukup besar untuk menampung susu oat. Saring susu oat yang sudah dicampur ke dalam mangkuk.

3. Pindahkan susu oat ke dalam toples dan dinginkan hingga 5 hari. Jika susu mulai terpisah, kocok saja sebelum membuka stoples.

Sebagai informasi, susu oat bebas gluten. Oat secara alami bebas gluten, artinya oatmeal dan susu oat juga bebas gluten, dengan asumsi keduanya tidak terkontaminasi silang.

Pilihan Editor: 5 Bahan yang Cocok Ditambahkan ke Susu agar Gizi Lebih Optimal

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."