Perawatan Kulit dengan Bahan Retinol Bisa Dipakai Siang Hari, Asalkan ...

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Para ahli kulit biasanya merekomendasikan penggunaan retinol di malam hari untuk perawatan kulit karena kandungannya yang tidak bisa stabil jika terkena sinar UV. Ditulis laman Well and Good, secara teknis penggunaan retinoid bisa dilakukan siang hari jika mengikuti beberapa aturan untuk menjaga kulit terlindungi dari efek retinol.

“Kemajuan dalam formulasi kosmetik kini telah melahirkan generasi produk dengan retinol yang stabil sehingga dapat digunakan pagi atau malam hari,” jelas direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi dan profesor dermatologi, Dr. Joshua Zeichner, MD.

Karena sifat retinoid yang menyebabkan penipisan di lapisan terluar sel kulit mati, mengakibatkan kulit jadi mudah terbakar di bawah sinar matahari. Baik Anda mengaplikasikan retinoid di pagi atau malam hari, kenakan tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 30 setiap kali Anda berada di bawah sinar matahari untuk mencegah kulit terbakar.

Selain tabir surya, pelembab juga penting untuk menjaga pelindung kulit Anda tetap utuh dan menghindari iritasi. Dermatologis merekomendasikan untuk melengkapi retinol Anda dengan pelembab yang mengandung bahan seperti ceramide dan gliserin, yang membantu menghidrasi pelindung kulit yang haus.

Tips lain dalam menggunakan retinol di siang hari adalah hindari penggunaan Asam pengelupas kulit, seperti glikolat (AHA) dan salisilat (BHA),secara bersamaan. Gunakan rutinitas ini pada malam yang berbeda karena dapat menyebabkan iritasi serius dan kekeringan.

Jangan juga menggabungkan retinol dengan jenis turunan vitamin A atau serum vitamin C lainnya. Jika Anda sudah menggunakan beberapa bentuk retinol pada siang atau malam hari, Anda tidak perlu menambahkan serum tambahan yang "mengandung retinol”.

Pilihan Editor: Mengulik Asam Hialuronat dan Retinol, 2 Bahan Skincare Ampuh Cegah Penuaan Dini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."