Rekomendasi 5 Minuman Buka Puasa, Selain Air Putih

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minum air putih. Pexels/Yaroslav Shuraev

Ilustrasi minum air putih. Pexels/Yaroslav Shuraev

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian besar umat muslim memilih mengonsumsi minuman serba manis dan dingin saat buka puasa. Tapi ternyata, kebiasaan itu bisa menimbulkan rasa kantuk dan letih, adapula yang jatuh sakit karena sering mengonsumsi minuman dingin. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya memilih minuman buka puasa yang baik dan menyehatkan seperti berikut ini

1. Air Putih

Seperti kita ketahui air putih adalah minuman yang wajib ada sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan lainnya. Dikutip dari okadoc, minimal setidaknya orang menghabiskan dua liter air putih untuk persediaan buka maupun sahur Ramadan. Air putih mampu menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang, menjaga metabolisme tubuh, dan bagus untuk organ-organ tubuh manusia. 

2. Jus Buah dan Sayur

Dirujuk dari vinut, jus buah dan sayur selain menghidrasi tubuh nyatanya mampu mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral yang menjadi sumber energi setelah seharian berpuasa. Ini juga cocok menjadi menu alternatif bagi anak yang tidak suka konsumsi sayur, namun tetap ingin mencukupi kebutuhan nutrisi. 

3. Air Kelapa

Dikulik dari lifeextension, air kelapa adalah pilihan minuman yang menyegarkan sekaligus nikmat namun berefek baik bagi tubuh. Di dalamnya kadar kalori dan gulanya rendah, tidak mengandung lemak, dan tentunya membantu rehidrasi tubuh. Air kelapa juga kaya akan elektrolit yang membantu mengganti ion tubuh.  

4. Susu Kurma

Buah kurma dapat dipadukan dengan susu membentuk minuman yang sehat dan nikmat, kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang Timur Tengah untuk mengenyangkan perut saat berbuka puasa. Mengutip dari dnaindia, susu kurma meningkatkan energi dari kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa, membantu menghidrasi tubuh, kaya akan nutrisi penting, mengandung serat pangan yang baik, dan membantu melepaskan kadar gula ke aliran darah. 

5. Teh Herbal

Teh herbal dari bahan kamomil, mint, pappermint, dan jahe justru sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah buka puasa dengan tetap memperhatikan kadar gula di dalamnya. Teh herbal juga menjaga kesehatan pencernaan, menyegarkan tubuh, dan mengurangi peradangan.

Pilihan Editor: Mengulik Kandungan Nutrisi Timun Suri, Bisa Kendalikan Kadar Gula Darah

MELINDA KUSUMA NINGRUM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."