6 Manfaat Minum Teh Earl Grey, Salah Satunya Bantu Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi atau teh hangat. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita minum kopi atau teh hangat. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang menyambut pagi dengan minum teh. Salah satu dari banyak pilihannya adalah teh earl grey klasik. Campuran unik yang berasal dari Asia Tenggara dan kemudian dianut oleh Inggris ini memadukan daun teh hitam dengan sari pohon jeruk bergamia. Dari segi kesehatan, minum teh earl grey baik untuk jantung dan otak. Yuk, kita kulik selengkapnya manfaat teh earl grey.

1. Menambah Energi

Bagi mereka yang bergantung pada kafein di pagi hari, teh earl grey menawarkan alternatif yang lebih lembut. Dengan kandungan kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan kopi, earl grey memberikan peningkatan energi yang halus tanpa rasa gugup. Kandungan potasiumnya yang kaya membantu hidrasi, penting untuk menjaga tingkat energi optimal sepanjang hari. Penelitian, seperti yang dilakukan oleh NHS Inggris, menegaskan bahwa teh, seperti air, berkontribusi terhadap hidrasi secara keseluruhan, sehingga mencegah kelesuan.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Teh earl grey adalah "sekutu" kuat dalam perang melawan kabut otak tengah hari. Karena bahan dasarnya adalah teh hitam, teh ini mengandung L-theanine, asam amino yang dikenal dapat meningkatkan fokus dan kejernihan mental. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengenai efek langsung minum teh terhadap suasana hati dan perhatian menyoroti keuntungan kognitif dari menikmati secangkir teh earl grey saat merasa sedih.

3. Menguatkan Jantung

Penelitian terbaru dari Universitas Calabria, Italia, menyoroti potensi earl grey dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Saat dilakukan pada tikus, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bergamot, komponen utama earl grey, dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Menurunkan kolesterol LDL, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kolesterol HDL secara kolektif dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada manusia.

4. Bantu Menurunkan Berat Badan Berlebih

Bagi mereka yang sedang mencari solusi pengelolaan berat badan yang sehat, teh earl grey patut dipertimbangkan. Dikemas dengan polifenol dari teh hitam dan sifat meningkatkan metabolisme dari buah jeruk, teh earl grey membantu metabolisme lemak dan pengurangan stres oksidatif. Pendekatan ganda ini menawarkan strategi yang menjanjikan bagi mereka yang berupaya menurunkan berat badan berlebih.

5. Mencegah Stroke

Manfaat teh hitam tidak hanya bermanfaat bagi jantung, penelitian menunjukkan potensinya untuk mengurangi risiko stroke. Konsumsi jangka panjang telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat tekanan darah, sehingga mengurangi kemungkinan komplikasi terkait hipertensi. Analisis komprehensif dari berbagai penelitian semakin memperkuat korelasi antara asupan teh hitam secara teratur dan penurunan risiko stroke.

6. Berpotensi Antikanker

Komposisi teh earl grey yang kaya antioksidan, ditambah dengan sifat unik bergamot, mengisyaratkan potensi perannya dalam pencegahan kanker. Studi dari Universitas Messina, Italia, menunjukkan bahwa jus bergamot menunjukkan aktivitas anti-proliferasi, menghambat penyebaran sel-sel ganas pada berbagai jenis kanker, termasuk yang menyerang usus besar, hati, dan kulit.

Pilihan Editor: 5 Jenis Teh untuk Redakan Sakit Kepala, Sakit Perut hingga Cegah Masuk Angin

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."