Ngabuburit, Waktu Terlama Orang Dengarkan Spotify

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perempuan mendengarkan musik. Pixabay.com/sweetlouise

Ilustrasi perempuan mendengarkan musik. Pixabay.com/sweetlouise

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Platform audio streaming Spotify membagikan tren peningkatan konsumsi audio pada waktu-waktu tertentu yang berkaitan dengan aktivitas sebelum dan setelah berbuka puasa, serta hadirnya ragam konten spesial Ramadan yang ada di aplikasi tersebut.

“Memasuki bulan Ramadan, rutinitas kita mengalami perubahan yang cukup signifikan (dan) mempengaruhi segala aspek, mulai dari jam kerja hingga konsumsi sosial media dan kebiasaan streaming pada platform seperti Spotify,” kata Marketing Lead Spotify Indonesia Cassandra Aprilanda, dikutip dari keterangan persnya, Jumat 15 Maret 2024.

Menurut data internal Spotify, streaming selama Ramadan cenderung terjadi mulai pukul 14:00-16:00 WIB menjelang Ngabuburit atau aktivitas menunggu waktu berbuka puasa.

Menariknya, Spotify mendapati bahwa terjadi peningkatan streaming yang signifikan pada pukul 05:00 WIB setelah sahur. Di waktu tersebut, pendengar lebih banyak mendengarkan konten podcast yang reflektif dan menenangkan hati.

Setelah tarawih, para pendengar di Indonesia membuka malamnya dengan mendengarkan musik. Spotify juga mendapati bahwa pendengar Millenials dan Gen Z mendominasi sebagian besar streaming yang terjadi selama bulan Ramadan.

Selain itu, ada lebih dari 40 juta playlist (daftar putar) buatan pengguna dengan tema yang menyejukkan hati. “Peningkatan minat pada streaming konten Ramadan di Spotify menunjukkan pentingnya menyediakan konten yang beragam dan bermakna untuk menginspirasi pendengar sepanjang bulan suci ini,” kata Cassandra.

Beberapa penyanyi Indonesia, yakni Nadhif Basalamah dan Kunto Aji membagikan kebiasaannya mengonsumsi konten audio selama bulan Ramadan. “Selama Ramadan, aku mendengarkan lagu atau memainkan playlist yang berisi surat-surat pendek sembari menunggu waktu berbuka puasa di Spotify,” kata Nadhif.

Kunto Aji menambahkan, “Playlist Ramadan di Spotify mengiringi langkah-langkah kita dalam merayakan kebahagiaan Lebaran, membawa nuansa kehangatan dan kedamaian di setiap detiknya,” katanya.

Untuk itu, Spotify menyajikan sejumlah konten spesial Ramadan agar dapat menghibur pendengarnya di Indonesia. Pendengar dapat mendengarkan cerita pribadi dari Nadhif Basalamah, Kunto Aji, serta artis dan kreator lainnya melalui playlist Spotify “On Aux”.

Playlist ini memungkinkan artis, kreator, dan kurator untuk membuat mixtape yang terpersonalisasi, sehingga menjadikan playlist mereka lebih otentik. Selain itu, Spotify juga menyajikan playlist “Refleksi Diri” untuk keempat kalinya dan telah diperbarui dengan gabungan konten musik, serta podcast lokal terbaik.

Playlist ini dapat ditemukan dalam Ramadan Hub, bersama dengan playlist musik Ramadan lainnya yang sudah diperbarui dan dikurasi secara spesial, seperti “Penenang Hati”, “Ketupat Lebaran”, dan sebagainya.

Ramadan Hub juga menyediakan beragam konten religi yang menyentuh jiwa hingga konten hiburan ringan. Pendengar dapat menjelajahi playlist podcast yang berisi episode spesial Ramadan, seperti “Nunggu Buka”, “Berkah Ramadan”, “The Stories by Prambors Radio”, dan lainnya.

Tidak ketinggalan dengan podcast dari BKR Brothers yang tahun ini menghadirkan segmen BKR Ngaku untuk membagikan kisah pengakuan selama Ramadan dari para pendengar.

Selain itu, untuk pertama kalinya podcast Rintik Sedu dari kreator Tsana akan membuat episode spesial bertema Ramadan. Rintik Sedu akan menghadirkan episode khusus yang relevan dengan momen refleksi di bulan Ramadan seperti saat ini.

Pendengar juga akan mendapatkan playlist spesial Ramadan yang dipersonalisasi bernama “Your Ramadan 2024” yang telah dikurasi oleh tim Editorial dan algoritma Spotify berdasarkan preferensi unik masing-masing pendengar. Ini adalah playlist Ramadan dengan jumlah stream tertinggi di Spotify Indonesia pada tahun 2023 lalu.

Untuk mengakses Ramadan Hub dan menikmati beragam konten spesial Ramadan yang tersedia untuk menemani kegiatan sehari-hari, pendengar bisa langsung menuju beranda di aplikasi Spotify atau mengetik kata “Ramadan” di search bar Spotify.

Pilihan Editor: Lisa Blackpink K-Pop Artis Pertama dengan 1 Miliar Streaming Lagu di Spotify

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."