Balenciaga Keluarkan Gelang Mirip Selotip

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
TikTok / HIGHSNOBIETY

TikTok / HIGHSNOBIETY

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Benda ini pada dasarnya adalah gulungan selotip yang Balenciaga anggap sebagai gelang kelas atas dengan harga yang fantastis. Dikutip dari The Straits Times, Balenciaga belum mengatakan berapa harga yang akan dikenakan untuk gelang selotip tersebut. Tapi harga gelang serupa di toko onlinenya dijual di kisaran Rp 27-68 juta.

Tentu saja, produk ini mendapat tanggapan dari warganet. Ada yang mengolok-olok, dan ada yang memuji. Gelang yang dibuat menyerupai gulungan selotip transparan ini adalah bagian dari koleksi musim gugur dan dingin 2024-2025 Balenciaga. Produk ini diluncurkan pada 3 Maret 2024 di Paris Fashion Week, dan bermain dengan konsep bahan kemasan sebagai aksesori fesyen.

Seorang model mengenakan gelang itu di atas catwalk. Dia mengenakan gaun longgar berwarna biru yang dikencangkan agar pas dengan tubuhnya dengan pita perekat.

Gelang selotip itu menjadi viral setelah muncul di halaman TikTok fashion influencer @highsnobiety. Sebuah video di akun itu menanyakan “Apakah Anda akan memakai ini?,” telah dilihat hampir delapan juta kali.

“Balenciaga adalah eksperimen sosial yang menjual barang-barang tidak masuk akal kepada orang kaya,” kata @toni.montana97 di kolom komentar. Komentator lain dari @hyures1, “Orang kaya sangat ingin merasa miskin.”

Gelang ini juga sangat mengguncang jutaan fashionista Tiongkok

Influencer di sana membuat kreasi selotip mereka sendiri yang mereka harap bisa dijual dengan harga lebih murah karena kreasi tersebut tidak disertai dengan nama Balenciaga.

Seorang pengguna Douyin – TikTok versi Tiongkok – memposting videonya sendiri yang menawarkan cincin pita, anting pita, dan kalung pita tiga potong. 

Beberapa produk kontroversial Balenciaga

Balenciaga tidak asing dengan provokasinya untuk secara ironis mengatasi meta-kritiknya terhadap konsumerisme dan kapitalisme, dan menantang persepsi tentang nilai dan keinginan dalam mode kontemporer.

Pada tahun 2017, mereka merilis “Tas jinjing pembelanja ekstra besar” yang mirip dengan tas belanja biru Ikea.

Perusahaan ini meluncurkan tas jinjing lain pada tahun yang sama yang menyerupai kantong kertas tetapi sebenarnya terbuat dari kulit anak sapi.

Kemudian pada 2022, Balenciaga meluncurkan “kantong sampah termahal di dunia”. Yakni kantong Sampah dari kulit sapi yang dijual seharga sekitar Rp 27 juta, dan sepasang sepatu olah raga yang robek dan kotor senilai Rp 28 juta.

Pada tahun yang sama, merek fesyen tersebut menghadapi reaksi keras atas dua kampanye kontroversial: kampanye yang menata gaya anak-anak dengan tas boneka beruang yang terinspirasi BDSM; dan satu lagi yang menyertakan dokumen mengenai undang-undang pornografi anak sebagai latar belakangnya.

Dan siapa yang bisa melupakan “rok handuk” Balenciaga yang terkenal dari koleksi Musim Semi 2024 – yang membuat Anda mengeluarkan Rp 14 juta agar Anda terlihat seperti baru saja selesai mandi?

Pilihan Editor: Gaya Glamor Michelle Yeoh di Oscar 2024 dengan Gaun Balenciaga

THE STRAITS TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."