4 Kreasi Resep Sahur untuk Penderita Diabetes, Sehat dan Bisa Mengontrol Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Smoothies Buah dan Sayuran. Pixabay

Smoothies Buah dan Sayuran. Pixabay

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi penderita diabetes dan menjalankan puasa Ramahan, sangat penting untuk memilih menu sahur yang bisa membantu mengatur kadar gula darah sepanjang hari. Memantau ukuran porsi dan memperhatikan indeks glikemik makanan dapat membantu mengelola kadar gula darah secara efektif selama Ramadhan.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Subrata Das, HOD, Ilmu Penyakit Dalam dan Diabetologi di Sakra World Hospital, menyarankan beberapa pilihan menu bergizi yang disesuaikan untuk penderita diabetes agar bisa mengontrol gula darah.

Berikut kreasi resep menu sahur untuk penderita diabetes: 

1. Telur Dadar Sayur 

Telur Dadar Bayam/Foto: Instagram/Doc. Royco

Siapkan telur dadar sayur dengan cara mengocok telur utuh dan putih telur hingga tercampur rata. Masukkan sayuran potong dadu seperti bayam, paprika, bawang bombay, dan jamur ke dalam adonan telur. Masak telur dadar dalam wajan anti lengket yang dilumuri sedikit minyak zaitun atau semprotan masak hingga telur matang sepenuhnya dan matang.

2. Yogurt Kacang-kacangan

Campurkan yogurt tawar dengan irisan buah-buahan seperti pepaya, biji delima, atau apel potong dadu. Taburi dengan kacang tumbuk seperti almond atau pistachio, dan tambahkan biji panggang seperti biji labu atau bunga matahari. Opsional, taburi dengan satu sendok teh madu atau sejumput chaat masala untuk menambah rasa. Pilihan ini menyediakan protein dari yogurt, lemak sehat dari kacang-kacangan dan biji-bijian, serta serat dari buah-buahan.

3. Smoothies ramah diabetes 

Haluskan bayam, kangkung, mentimun, dan sedikit buah beri untuk menambah rasa manis. Tambahkan susu almond tanpa pemanis atau yogurt Yunani untuk rasa lembut, dan sedikit kayu manis atau jahe untuk menambah rasa. Opsional, sertakan satu sendok makan biji chia atau biji rami untuk menambah serat dan lemak sehat. Nikmati smoothie kaya nutrisi ini sebagai minuman menyegarkan dan ramah gula darah.

4. Puding Biji Chia

Smothies Pisang dengan biji Chia. Shutterstock.com

Campurkan biji chia dengan susu almond tanpa pemanis atau santan dalam wadah. Gabungkan sejumput ekstrak vanila dan taburan kayu manis. Dinginkan adonan semalaman hingga mengental hingga menyerupai puding, lalu hiasi dengan irisan buah dan kacang sebelum disajikan.

Dr Subrata Das menegaskan tetap terhidrasi dengan minum banyak air antara buka puasa dan sahur sangatlah penting. Selain itu, menyesuaikan waktu pengobatan agar selaras dengan waktu puasa dan makan mungkin diperlukan, namun obat harus diminum sesuai resep. 

"Pada akhirnya, penting untuk dicatat bahwa individu yang memiliki riwayat alergi terhadap salah satu bahan sebaiknya tidak mengonsumsi hidangan ini. Selain itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan dosis obat agar lebih sesuai selama Ramadan, memastikan kontrol gula darah sekaligus mencegah hipoglikemia.”

Pilihan Editor: 5 Pose Yoga Ini Bantu Kelola Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."