Dian Sastro Cerita Perjalanannya Jadi Mualaf, Seperti Jodoh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Dian Sastrowardoyo saat ditemui di Jakarta Selatan, pada Kamis, 13 Juli 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Dian Sastrowardoyo saat ditemui di Jakarta Selatan, pada Kamis, 13 Juli 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro menceritakan perjalanannya menjadi mualaf. Dia mengaku memiliki keluarga yang berbeda keyakinan. Sang ibu beragama Katolik, sedangkan ayah memeluk Budha. 

"Jadi saya dibesarkan dengan agama Katolik, meski ayah juga dibesarkan secara Jawa Islam," tutur Dian Sastro dalam siaran Podcast Curhat Bang Denny Sumargo, Kamis, 14 Maret 2024.

Saat duduk di bangku SMP atau berusia 13 tahun, Dian mengaku mulai mencari tahu tentang keyakinan, seperti ayahnya dulu sebelum menemukan agama Budha. Dia pun membaca buku-buku filsafat yang mengarahkan pemikirannya kepada pencipta.

Ibunya mempersilakan Dian untuk mencari tahu sendiri agama yang benar menurut dia. "Oke aku pelajari semuanya (agama), juga Budha tapi pertanyaan-pertanyaan filsafat aku enggak terjawab," ucap perempuan 41 tahun ini.

Beberapa pertanyaannya seperti kenapa kita harus hidup dan untuk apa hidup. "Aku ingin pertanyaan-pertanyaan ini terjawab, kalau ada pemimpin (pemuka agama) yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan aku, aku mau ngejalanin agama itu," ujar Dian.

Menurut dia, menemukan keyakinan ibarat jodoh. Dia sudah mempelajari semua agama dan akhirnya bertemu dengan Islam. "Jadi kayak jodoh-jodohan gitu, lho!" Ucap ibu dari dua anak ini.

Dia berkisah, suatu hari tantenya mengajak Dian mengikuti kajian. Meski berangkat tanpa ekspektasi, ternyata dia tertarik dan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya selama ini.

Ustadz yang ditemuinya membukakan Al Qur'an dan menjelaskan ayat-ayat tentang tujuan hidup dengan sangat logis dan filosofis. "Dan aku juga enggak nyangka dijawabnya sama pemuka agama Islam. Dan mendengar penjelasannya enak banget, ngobrolnya nyambung."

Dian pun bergumam saat itu, "Ya Tuhan, mungkin ini kali ya." Karena pertanyaannya akhirnya terjawab, maka Dian pun merasa harus menjalani agama Islam. 

Menghafal Al-Fatihah di Usia 21 Tahun

Dian juga bercerita, setelah ingin masuk Islam, dia diminta untuk salat lima waktu oleh sang ustadz. Di umur 21 tahun, dia mulai menghafal surah Al-Fatihah.

Dian merasa beruntung karena sebagai aktor, dia biasa membaca script. "Karena seorang aktor agar bisa menjiwai, dia juga harus menghafal artinya," ucapnya. "Saat aku melafalkan Arab, aku akan menjiwai sekali. Akhirnya itu membantu aku untuk mendalami (ayat Al Qur'an)."

Dian mengaku penelusurannya tentang agama diawali dengan kegiatannya belajar filsafat, yang inti-intinya membawanya ke Tuhan. "Intinya kita harus punya faith dan faith adalah kebenaran, dan kebenaran tunggal itu adalah itu (pencipta). Jadi aku termasuk dikasih hidayah dan dikasih rezeki arahannya ke situ," tutur pemeran series Ratu Adil ini.

Pilihan Editor: Dian Sastro Bicara Soal Mental Block Perempuan dalam Mengembangkan Diri, Seperti Apa?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."