Sejarah Hermes: Tas Kelly Dirilis Tahun 1935, Birkin Bag di Era 80-an

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Model memperagakan kreasi rancangan Nadege Vanhee-Cybulski untuk rumah mode Hermes dalam Paris Fashion Week di Prancis, 2 Maret 2024. Desainer Nadege Vanhee-Cybulski memamerkan koleksi busana terbaru dalam rangkaian koleksi Musim Gugur / Musim Dingin 2024 / 2025 untuk rumah mode Hermes. REUTERS/Gonzalo Fuentes

Model memperagakan kreasi rancangan Nadege Vanhee-Cybulski untuk rumah mode Hermes dalam Paris Fashion Week di Prancis, 2 Maret 2024. Desainer Nadege Vanhee-Cybulski memamerkan koleksi busana terbaru dalam rangkaian koleksi Musim Gugur / Musim Dingin 2024 / 2025 untuk rumah mode Hermes. REUTERS/Gonzalo Fuentes

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hermes adalah rumah mode mewah yang kaya akan sejarah dan tradisi. Dimiliki keluarga selama lima generasi, label ini merupakan simbol kelas di seluruh dunia. Berawal dari pembuatan pelana dan barang-barang kulit berkuda yang bagus, Hermes saat ini terkenal dengan tas tangan mereka serta berbagai barang mewah lainnya. Mereka telah mengalami kemajuan pesat dalam dua abad terakhir dan hari ini, yuk kita kulik sejarah Hermes.

1801 - Thierry Hermes lahir di Krefeld, Jerman dari ayah imigran Perancis, Thierry Hermes, dan ibu Jerman, Agnese Kuhnen. Kota Krefeld dikenal sebagai 'Stadt wie Samt und Seide', atau 'Kota Beludru dan Sutra', karena sejarah tekstilnya yang kuat.

1828 - Keluarga Hermes pindah ke Pont Audemer, sebelah utara Paris, tempat Thierry Jr. mempelajari perdagangan pembuatan kulit dan mulai membuat tali kekang.

Thierry Jr

1831 - Thierry dan istrinya, Petronille Pierrtant, menyambut putra pertama mereka dan pewaris takhta Hermes, Charles-Emile Hermes ke dunia.

1837 - Thierry Hermes mendirikan rumah Hermes Prancis sebagai workshop di sepanjang kawasan Grands Boulevards di Paris. Workshop itu melayani para bangsawan Eropa, juga membuat tali kekang dan kekang besi tempa untuk perdagangan kereta.

1855 - Tali pengaman dan kekang tempa berkualitas tinggi yang dibuat oleh Hermes mendapat pengakuan, memenangkan beberapa penghargaan termasuk Medali Kelas Satu dari Pameran Paris.

1867 - Hermes memenangkan Medali Kelas Satu untuk kali kedua di Expositions Universelles di Paris.

1878 - Thierry Hermes meninggal dunia.

1880 - Putra Hermes, Charles-Emile Hermes, mengambil alih manajemen bengkel ayahnya dan memindahkan toko tersebut ke lokasi lain, di 24 Rue du Faubourg Saint-Honore, yang masih bertahan hingga hari ini.

Di sana, dia melanjutkan dengan pengrajin pelana dan berfokus pada penjualan retail internasional dengan lini yang melayani kaum elit Eropa, Rusia, Afrika Utara, Asia, dan Amerika.

1900 - Dengan bantuan putra-putranya, Adolphe dan Emile-Maurice, Charles-Emile merancang tas 'Haut a Courroies', yang dimaksudkan agar pengendara dapat membawa pelana bersama mereka.

1902 - Charles-Emile pensiun, menyerahkan bisnisnya kepada putranya, Adolphe dan Emile-Maurice, yang menamainya Hermes Freres, atau Hermes Brothers.

1914 - Emile-Maurice mulai melengkapi tsar Rusia dengan pelana dan hingga 80 pengrajin pelana dipekerjakan di bengkel tersebut. Oleh karena itu, Emile-Maurice memperoleh hak eksklusif atas penggunaan ritsleting pada barang-barang dan pakaian berbahan kulit, menjadi orang pertama di Prancis yang memperkenalkan perangkat tersebut.

1918 - Hermes memperkenalkan jaket golf kulit pertama dengan ritsleting, dibuat untuk Edward, Prince of Wales. Karena perjanjian hak eksklusif mereka, ritsleting dikenal di seluruh Perancis sebagai 'fermeture Hermes', atau 'pengikat Hermes'.

1919 - Penurunan penjualan perlengkapan dan perlengkapan kuda menyebabkan Adolphe Hermes meninggalkan perusahaan dan Emile-Maurice membelinya.

1922 - Tas kulit pertama diperkenalkan setelah istri Emile-Maurice mengeluh karena tidak dapat menemukan tas yang sesuai dengan keinginannya. Tas ini adalah versi lebih kecil dari 'Haut a Courroies' dan dirancang oleh Emile-Maurice secara pribadi.

1924 - Hermes hadir di Amerika Serikat dan membuka dua toko baru di resor Prancis.

1929 - Hermes memperkenalkan koleksi pakaian couture wanita pertama yang mencakup pakaian mandi dan dipamerkan di Paris.

Hermes Kelly bag. dok.sothebys.com

1935 - Hermes meluncurkan salah satu produk orisinal mereka yang paling dikenal, tas Sac a depeches, yang kemudian dikenal sebagai tas Kelly.

1937 - Hermes memperkenalkan syal sutra yang langsung menjadi hit besar di kalangan selebriti seperti Jacqueline Kennedy.

1938 - Gelang Chaine d'ancre, jaket dan pakaian berkuda bergabung dengan koleksi klasik. Desainer perusahaan juga mulai mendapatkan inspirasi dari buku, lukisan, dan benda seni pada masanya.

1950 - Divisi parfum Hermes didirikan.

1951 - Emile-Maurice Hermes meninggal dunia dan Robert Dumas Hermes, suami Jacqueline Hermes, mengambil alih perusahaan dengan pembuat parfum Jean Rene Guerrand, suami Aline Hermes, keduanya merupakan cicit dari Thierry Hermes.

Awal 1950-an - Hermes mulai menggunakan logo caliche berdasarkan gambar pelukis Perancis Alfred de Dreux. Pada saat ini, Hermes juga mulai menggunakan kotak oranye ikonik mereka.

1956 - Foto aktris Hollywood yang kemudian menjadi Putri Monaco, Grace Kelly, membawa Hermes Sac a Depeches untuk menutupi perutnya yang sedang hamil dipublikasikan di sampul depan Majalah Life. Tiba-tiba para wanita membanjiri toko Hermes meminta 'Kelly Bag'. Hermes mengganti nama Sac a Depaches menjadi Kelly.

1978 - Cicit dari Thierry Hermes, Jean Louis Dumas, mengambil alih perusahaan dan pada tahun yang sama Hermes membeli gedung di sebelah 24 Rue Faubourg Saint-Honore, memperluas perusahaan andalan di Paris.

1981 - Tas Birkin atau birkin bag yang ikonik diperkenalkan, diambil dari nama aktris Inggris Jane Birkin setelah sebuah pertemuan kebetulan di tahun sebelumnya.

2003 - Setelah Jean Louis Dumas pensiun, Patrick Thomas menjadi kepala baru Hermes.

2007 - Setelah pembelian 28 Rue Faubourg Saint-Honore, Hermes sekali lagi memperluas toko andalannya di Paris.

2012 - Anggota keluarga Hermes generasi keenam, Axel Dumas, diangkat menjadi CEO perusahaan dan tetap menjabat hingga saat ini.

2016 - Studi yang dilakukan oleh Baghunter menunjukkan bahwa tas Birkin yang ikonik telah menjadi investasi yang lebih baik dibandingkan saham atau emas selama 35 tahun sebelumnya.

Fakta Menarik Hermes

- Saat ini, Hermes menjual satu syal sutra setiap 20 detik!

- Tas Birkin memiliki daftar tunggu aksesori terlama saat ini, dilaporkan sekitar enam tahun!

- Hermes memiliki 240 toko di seluruh dunia termasuk lokasi Wall Street dan toko utama di Madison Avenue.

- Klien terkenal Hermes termasuk Madonna, Elle MacPherson, Kim Kardashian, Victoria Beckham, Nicole Kidman, dan Julianne Moore.

Pilihan Editor: Deretan Tas Hermes Birkin yang Jadi Incaran, Paling Mahal 29 Miliar

BAG HUNTER | BRITANNICA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."