Sempat jadi Kontroversi, Kate Middleton Ungkap Mengedit Foto Keluarga Terbaru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Tengah) Potret Kate Middleton bersama ketiga buah hati yang diunggah dalam momen Hari Ibu di Inggris pada Minggu, 10 Maret 2024. Foto: Instagram/@princeandprincessofwales

(Tengah) Potret Kate Middleton bersama ketiga buah hati yang diunggah dalam momen Hari Ibu di Inggris pada Minggu, 10 Maret 2024. Foto: Instagram/@princeandprincessofwales

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhir pekan kemarin bertepatan dengan momen Hari Ibu di Inggris, Istana Kensington mengunggah foto Kate Middleton bersama ketiga buah hatinya; Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, di akun media sosial resmi mereka. Foto ini menjadi penampilan perdana Kate usai jalani operasi perut di awal tahun ini.

Ternyata foto tersebut tak hanya sebagai pengobat rindu bagi penggemar, tapi juga mengundang kontroversi di media sosial karena memicu dugaan dimanipulasi. Beberapa kantor berita seperti Reuters, Associated Press (AP) dan AFP menarik foto tersebut karena dianggap tidak memenuhi standar editorial mereka. Tim editor gambar di Reuters menyebut bagian lengan cardigan Putri Charlotte tidak sejajar dengan benar, sehingga memperlihatkan kalau foto itu sudah diedit.

Di sejumlah kantor berita terkemuka, ada aturan yang melarang foto berita diedit secara berlebihan. Sebagai contoh, pada Reuters Handbook of Journalism dinyatakan alat edit foto Photoshop hanya bisa digunakan secara terbatas.           

Sementara itu, seorang juru bicara AP mengeluarkan pernyataan kepada The Telegraph yang mengatakan, "Foto tersebut menunjukkan ketidakkonsistenan dalam posisi tangan kiri Putri Charlotte."

Akhirnya selang sehari, Kate Middleton meminta maaf atas situasi yang disebutnya “kebingungan” terkait foto keluarga terbaru, yang diambil oleh suaminya Pangeran William dan dirilis pada hari Minggu untuk memperingati Hari Ibu di Inggris.

Sekitar pukul 10.30 waktu Inggris pada hari Senin, Kate menulis di X (sebelumnya Twitter), "Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin. Saya semoga semua orang yang merayakannya mendapatkan Hari Ibu yang sangat bahagia."

Permintaan maafnya di media sosial, yang ditandatangani dengan huruf “C” untuk Catherine, menyusul agensi gambar terkemuka seperti AP dan Reuters yang menarik gambar tersebut dengan alasan klaim manipulasi.

Sebuah sumber memberi tahu People bahwa Kate membuat apa yang mereka sebut "penyesuaian kecil" pada "foto keluarga amatir yang diambil oleh Pangeran Wales".

Motivasi Kate dan William adalah untuk memberikan gambaran informal tentang keluarga bersama di Hari Ibu, menurut sumber tersebut. “Keluarga tersebut menghabiskan Hari Ibu bersama dan menjalani hari yang indah," katanya.

Foto Pertama Kate Middleton Usai Operasi Perut

Seperti yang disebutkan di atas, ini merupakan foto resmi pertama Kate, 42 tahun, sejak operasi perut pada 16 Januari 2024. Sang putri tidak terlihat secara resmi di depan umum sejak Hari Natal tetapi difoto secara tidak resmi di dalam mobil yang dikendarai oleh ibunya, Carole Middleton, minggu lalu.

Biasanya Kate Middleton yang mengambil foto keluarga, tetapi untuk pertama kalinya Pangeran William, 41, yang memotretnya. Foto tersebut diambil di Windsor, tempat tinggal mereka, minggu lalu.

Pilihan Editor: Cara Pangeran William Dukung Kate Middleton usai Operasi Perut

PEOPLE | TEMPO.CO | REUTERS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."