Mengenal Milk Bun, Roti Bubuk Susu asal Thailand

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Roti Thailand atau milk bun/Foto: Instagram/@eatme.imsweet

Roti Thailand atau milk bun/Foto: Instagram/@eatme.imsweet

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belakangan ini viral penganan milk bun Thailand yang diproduksi kafe dessert After You. Di Indonesia, banyak yang ingin mencobanya. Mereka pun menggunakan jasa titip atau jastip demi menikmati roti lembut bertabur bubuk susu itu.

Minat yang tinggi menyebabkan para penyedia jastip melanggar batas maksimum pengiriman. Dalam peraturan BPOM, olahan pangan tujuan konsumsi pribadi 5 kilogram setiap penumpang. Dalam kasus di Bandara Soekarno-Hatta, mereka melampaui batas pengiriman.

Terbaru, Bea Cukai Soekarno-Hatta bersama BPOM memusnahkan banyak roti milk bun asal Thailand itu, Jumat, 8 Maret 2024 . Milk bun sitaan yang dimusnahkan itu adalah hasil dari 33 penindakan sepanjang Februari 2024.

“Penindakan ini kami lakukan karena bawaannya lebih dari 5 kilogram. Ada yang 10 kilogram sampai ratusan kilogram. Setelah kami mendalami ternyata ini benar jasa titipan (jastip) mereka mendapat order untuk mendatangkan makanan ini dari Thailand,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo.

Apa itu Milk Bun?

Dikutip dari Cookpad, milk bun roti ini berisi krim yang ditaburi bubuk susu dan gula tabur. Sejak Februari 2024, milk bun viral, hingga banyak yang membagikan resepnya di Cookpad. Berbagai sumber memperkirakan milk bun Thailand ini mengadaptasi roti krim Jepang.

Roti bertekstur lembut dengan isian krim susu di dalamnya. Roti yang bentuknya agak kotak ini juga ditaburi banyak susu bubuk yang disebut snow bun. Kalau dibelah, krim dalam roti akan keluar. Pilihan rasanya pun beragam, mulai dari strawberry, butter, choco, dan cokelat nutella. Teksturnya lembut dan bisa disantap dengan suhu dingin setelah keluar dari kulkas.

Bagi Sahabat Cantika yang ingin mencobanya, tidak perlu jauh-jauh ke Thailand ataupun jastip. Roti viral satu ini bisa dibuat sendiri di rumah. Tentu tak kalah nikmat dan bisa dibuat dengan porsi lebih banyak. Penasaran ingin mencoba dan mencicipi roti Thailand?

Pilihan Editor: Resep Milk Bun yang Viral di Media Sosial, Tekstur Lembut dan Khas Aroma Susu

TEMPO.CO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."